Mei 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Saham Chipotle meraung setelah laba, dan pendapatan mengalahkan

Saham Chipotle meraung setelah laba, dan pendapatan mengalahkan

Chipotle Mexican Grill tampil gemilang di kuarter pertama. Perusahaan mengalahkan perkiraan pendapatan dan pendapatan, mengirim saham lebih tinggi dalam perdagangan setelah jam kerja pada hari Selasa.

Perusahaan melaporkan laba yang disesuaikan sebesar $10,50 per saham, mengalahkan estimasi sebesar $8,95 per saham. Penjualan sebesar $2,4 miliar melonjak 17,2% dari tahun ke tahun, di atas ekspektasi sebesar $2,3 miliar, menurut analis yang dilacak oleh FactSet.
.

Penjualan restoran yang sebanding meningkat 10,9% selama kuartal tersebut, lebih baik dari ekspektasi untuk peningkatan 8,6%.. Margin tingkat restoran adalah 25,6%, naik 4,9 poin persentase dari tahun ke tahun.

Chipotle (kode saham: CMG) memperkirakan penjualan komparatif untuk kuartal kedua dan setahun penuh akan tumbuh dalam kisaran persentase satu digit menengah ke atas. Ini sebagian besar sejalan dengan ekspektasi – analis memperkirakan penjualan yang sebanding akan naik 5,8% pada kuartal kedua dan 6,1% untuk tahun fiskal 2023.

Perusahaan juga berencana untuk membuka antara 255 dan 285 restoran baru pada tahun 2023. Perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pembukaan baru tersebut membantu mendorong pertumbuhan pendapatan sebesar 17,2% pada kuartal ini.

Pengumuman – gulir untuk melanjutkan

Kuartal pertama Chipotle yang kuat merupakan berita baik bagi investor, karena saham naik 7,7% menjadi $1.916,50 dalam perdagangan setelah jam kerja Selasa.

Sebagian alasan reli saham adalah karena kuartal saat ini merupakan fokus besar bagi pendapatan kuartal keempat perusahaan, yang berada di bawah ekspektasi. CEO Brian Niccol menghubungkan perubahan kinerja dengan rencana strategis perusahaan, yang disebut Project Square One, yang bertujuan mengembalikan perusahaan ke dasar dan meningkatkan fundamental bisnis pasca pandemi.

Nicole mengatakan dalam panggilan dengan Baron.

“Butuh beberapa saat untuk mengatur ulang ke parameter itu, tetapi, Anda tahu, saya benar-benar melihat peningkatan yang sangat bagus di dasar-dasarnya,” tambahnya.

Hasil perusahaan juga mendapat dorongan dari harga yang lebih tinggi. Chipotle telah menaikkan harga sekitar 4% sepanjang tahun ini, angka yang bisa naik menjadi sekitar 5% pada akhir tahun, Nicol menghitung. Peningkatan menu ini membantu perusahaan mengimbangi harga tenaga kerja dan makanan yang lebih tinggi.

“Merek kami sangat kuat, dan kami memiliki kemampuan penetapan harga untuk menerima harga tambahan,” kata Nicol. “Tapi tahukah Anda, ini adalah salah satu hal yang ingin kami ambil sebagai upaya terakhir.”

Kuartal pertama menetapkan panggung untuk tahun yang kuat bagi Chipotle, bahkan ketika rantai restoran dan pengecer lainnya memperingatkan bahwa permintaan konsumen mungkin akan melemah.

Kekhawatiran itu tampaknya tidak berlaku untuk Chipotle. Perusahaan melihat permintaan yang kuat di antara semua kelompok pendapatan, termasuk peningkatan pembelian dari konsumen berpenghasilan rendah yang keluar tahun lalu. Pembeli berpenghasilan rendah menghasilkan antara 35% dan 40% dari penjualan Chipotle, jadi peningkatan itu pasti disambut baik. Nichol menambahkan bahwa permintaan dari demografi utama Chipotle — konsumen berpendapatan tinggi — tetap sehat.

Pengumuman – gulir untuk melanjutkan

Menuju pendapatan, analis mengharapkan kuartal yang kuat, dengan lalu lintas meningkat sebagian karena pengenalan item menu baru dan kemampuan penjualan digital. Rantai telah mengungguli pesaing makanan cepat saji dalam hal jumlah orang yang mengunjungi tokonya, menurut data Dari Placer.ai, sebuah perusahaan yang melacak lalu lintas pejalan kaki. Pada minggu tanggal 27 Maret, misalnya, lalu lintas Chipotle naik 9,7% dari tahun sebelumnya, sedangkan kategori kasual turun 1,5%.

READ  Layanan Pos AS mengusulkan tarif baru untuk "mengkompensasi" inflasi

Banyak analis menganggap Chipotle sebagai investasi jangka panjang yang cerdas. Analis Baird David Tarantino memperkirakan Chipotle dapat meningkatkan laba per saham hingga 20% selama tiga hingga lima tahun ke depan, sambil terus meningkatkan margin karena tantangan inflasi mulai mereda. Prospek pertumbuhan itu, dikombinasikan dengan neraca perusahaan yang sehat, berarti masuk akal bagi saham untuk diperdagangkan dengan harga premium, tulisnya.

Saat ini, saham dijual dengan 40 kali laba per saham yang diharapkan untuk 12 bulan ke depan, menurut FactSet. Rasio harga-pendapatan Starbucks adalah 28,9, angka untuk McDonald’s

Pengumuman – gulir untuk melanjutkan

(MCD) adalah 26,6.

“CMG dapat menunjukkan momentum penjualan yang kuat dan pertumbuhan laba yang sehat di tahun-tahun mendatang, dan kami yakin profil ini akan membantu mendukung sentimen positif investor terhadap saham tersebut,” tulis Tarantino sebelum pengumuman laba.

Tulis ke Sabrina Escobar di [email protected]