Oktober 5, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Saham AS dan global jatuh dan harga minyak naik karena Putin memerintahkan pasukan ke Ukraina

Saham AS dan global jatuh dan harga minyak naik karena Putin memerintahkan pasukan ke Ukraina

Wall Street juga menuju lebih rendah karena para pedagang kembali dari akhir pekan. Itu daw (INDU) Itu turun hampir 300 poin atau 0,8%. Itu Standar & Miskin 500 (SPX) turun 0,6%, sedangkan Nasdaq (COMP) Menumpahkan 0,7%.
Pasar Eropa juga jatuh. Itu FTSE 100 (UKX) Itu turun 0,4% di London, sementara itu jatuh di Prancis CAC 40 (CAC 40) turun 0,8%. Jerman dax (dax) Itu turun 1,4%. Saham Rusia turun 6,9%, setelah jatuh lebih dari 10% pada hari Senin, dan rubel jatuh terhadap dolar untuk sesi perdagangan keempat berturut-turut.
Jepang Nikkei 225 (N225) Itu turun 1,7% sementara China perahu shanghai (schcombe) Itu berkurang 1%. Hongkong Indeks Hang Seng (HSI) Itu turun 2,7 persen, kerugian harian terbesar dalam lima bulan.

“Sepertinya situasinya dapat meningkat secara signifikan setiap saat dan ini akan membuat investor tetap waspada untuk saat ini,” Craig Erlam, kepala analis pasar di Oanda, menulis dalam sebuah catatan penelitian pada hari Selasa. “Kita mungkin berada di ambang sesuatu yang mengerikan terjadi dan ini terus memberi hal negatif di pasar,” tambahnya.

minyak tinggi

Meningkatnya ketidakpastian di Ukraina tercermin dari kenaikan tajam harga energi. Minyak mentah berjangka AS melonjak 5,4 persen menjadi diperdagangkan pada $95,65 per barel. Minyak mentah Brent, patokan global, naik 3,8 persen menjadi $99,17 per barel.

Rusia adalah salah satu produsen minyak terbesar di dunia. Ini juga merupakan sumber utama gas alam.

Investor khawatir bahwa konflik di Ukraina dapat membatasi atau menghentikan aliran gas Rusia ke Eropa, membuat pemanas dan penerangan rumah mereka jauh lebih mahal. Pada tahun 2020, Rusia menyumbang sekitar 38% dari impor gas alam UE, menurut badan data Eurostat.

READ  Minyak turun karena penutupan Shanghai meningkatkan kekhawatiran tentang permintaan yang lebih rendah

Jerman, ekonomi terbesar di kawasan itu, sangat berisiko karena menjauh dari batu bara dan tenaga nuklir. Begitu juga Italia dan Austria, yang menerima gas melalui pipa yang melewati Ukraina.

Negara-negara Barat kemungkinan akan menanggapi invasi Rusia ke Ukraina dengan sanksi hukuman yang dapat memutus bank-bank Rusia dari sistem keuangan global dan mempersulit negara itu untuk mengekspor minyak dan gas.

Saham teknologi China terpukul

Kekhawatiran tentang tindakan keras teknologi baru oleh Beijing juga memberikan pukulan bagi beberapa perusahaan China terbesar di sektor ini pada hari Selasa.

Indeks Hang Seng Tech, yang melacak 30 perusahaan teknologi terbesar di kota itu, turun 1,9%, turun untuk hari ketiga berturut-turut.

Pada hari Jumat, otoritas China Merilis aturan baru Minta platform pengiriman makanan untuk menurunkan biaya layanan yang mereka kenakan untuk bisnis. Platform pengiriman makanan online Meituan turun 5% pada hari Selasa. Saham telah jatuh 23 persen sejak Jumat.
Grup Alibaba (baba), yang memiliki platform pengiriman makanan Ele.me, turun 3%. Media sosial dan raksasa game Tencent (TCEHY) menurun sebanyak 3%. Itu ditutup turun 0,1%. Perusahaan juga memiliki saham besar di Meituan.