Oktober 4, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pembaruan langsung: Krisis Ukraina dan Rusia

Pembaruan langsung: Krisis Ukraina dan Rusia

Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan “keprihatinannya” tentang situasi di Ukraina dalam panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri China pada hari Selasa.

“China prihatin dengan (perkembangan) situasi di Ukraina,” kata Wang selama panggilan telepon, dan “masalah keamanan sah negara mana pun harus dihormati.”

“Tujuan dan prinsip Piagam PBB harus dipatuhi,” kata Wang, seraya menambahkan bahwa situasi di Ukraina “berkaitan erat dengan penundaan” dalam penerapannya. Perjanjian Minskmengacu pada seperangkat protokol 2015 untuk mengakhiri konflik di Ukraina timur yang belum sepenuhnya dilaksanakan.

Wang mengatakan, menurut pernyataan itu, China mendesak semua pihak untuk menahan diri, mengakui pentingnya menerapkan prinsip keamanan tak terpisahkan, memfasilitasi situasi dan menyelesaikan perbedaan melalui dialog dan negosiasi.

Dia menambahkan bahwa China akan melanjutkan kontaknya dengan “semua pihak berdasarkan manfaat dari masalah ini.”

Persahabatan Tiongkok-Rusia: Beijing menghadapi situasi yang kompleks ketika mencoba untuk menyeimbangkan hubungan mendalamnya dengan Moskow dengan kebijakan luar negerinya yang penuh semangat mempertahankan kedaulatan negara.

Meskipun tidak ada sekutu militer, China dan Rusia telah maju Front yang semakin bersatu Dalam menghadapi apa yang mereka lihat sebagai campur tangan Barat dalam urusan dan wilayah mereka.

Baca lebih banyak:

READ  Rudal Rusia menghantam pelabuhan Ukraina; Kyiv mengatakan masih bersiap untuk mengekspor gandum