Juni 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rusia mengintensifkan serangan di sekitar ibu kota Ukraina, memperingatkan AS agar tidak mempersenjatai Kyiv

Rusia mengintensifkan serangan di sekitar ibu kota Ukraina, memperingatkan AS agar tidak mempersenjatai Kyiv

Sebagian besar Makarev, sebuah desa 30 mil sebelah barat Kyiv, rusak parah tampaknya oleh serangan udara Rusia.

CNN geo-located dan foto terverifikasi diposting di media sosial pada hari Sabtu, yang menunjukkan kerusakan parah pada kompleks apartemen, sekolah dan fasilitas medis. Salah satu foto paling mencolok yang diambil oleh Makarev menunjukkan lubang besar di dinding utara sebuah gedung apartemen dari serangan militer. Banyak bangunan di foto mengalami kerusakan pada fasad utaranya, bukti bahwa serangan militer terhadap mereka dilakukan oleh Rusia.

Di Chernihiv, sekitar 100 kilometer utara Kyiv, Hotel Ukraina yang bersejarah dibom semalaman. “Saya di sini sekarang. Tidak ada lagi hotel,” kata Vyacheslav Chaus, kepala administrasi wilayah Chernihiv, Sabtu.

Kota utara, dekat perbatasan Belarusia, telah dikepung oleh pasukan Rusia selama lebih dari seminggu, dan sebuah video dari kota itu menunjukkan lantai hotel yang hancur serta kehancuran yang meluas dari rudal dan serangan udara.

Chaos mengatakan warga sipil sekarat akibat serangan yang meruntuhkan jaringan listrik kota. “Banyak orang terluka. Musuh mengebom infrastruktur sipil, di mana tidak ada militer,” katanya, menjelaskan bahwa kota itu “tidak memiliki listrik, air, gas, atau pemanas.”

Kementerian Pertahanan Rusia telah berulang kali mengklaim bahwa pasukan Rusia tidak menargetkan warga sipil.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan dalam pidatonya pada hari Sabtu bahwa seluruh negara sekarang berada di garis depan. “Tidak ada beberapa kota kecil yang tersisa. Dan itu adalah tragedi. Mereka baru saja pergi. Dan orang-orangnya juga pergi.”

Negosiasi untuk mengakhiri invasi Rusia ke Ukraina “harus dimulai dengan gencatan senjata,” kata Zelensky, menambahkan bahwa Ukraina telah kehilangan sekitar 1.300 tentara pada Sabtu. CNN belum dapat memverifikasi angka-angka ini secara independen.

Kemudian pada hari Sabtu, Zelensky mengatakan dia berterima kasih atas dukungan internasional tetapi mendesak sekutu untuk memberikan lebih banyak bantuan.

“Saya terus mengulangi kepada sekutu dan teman-teman kita di luar negeri; mereka harus terus berbuat lebih banyak untuk negara kita, demi Ukraina dan untuk Ukraina. Karena itu bukan hanya untuk Ukraina, tetapi untuk seluruh Eropa,” katanya. “Kejahatan yang dengan sengaja menargetkan kota-kota damai dan ambulans dan meledakkan rumah sakit tidak akan berhenti hanya dengan satu negara jika ia memiliki kekuatan untuk melanjutkan.”

Amerika Serikat dan NATO mengatakan mereka mengambil langkah-langkah untuk membantu Ukraina mempertahankan diri melawan pasukan Rusia, dan terus memberikan bantuan keamanan ke Ukraina, termasuk senjata anti-tank dan anti-pesawat. Tetapi Amerika Serikat dan NATO juga berusaha menghindari terseret ke dalam konflik langsung dengan Rusia. Presiden AS Joe Biden mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa Amerika Serikat tidak akan mengirim mereka Pasukan darat di UkrainaItu bukan anggota NATO.

“Kami tidak akan berperang dalam Perang Dunia III di Ukraina,” kata Biden setelah dia menegaskan kembali dukungan penuh Amerika Serikat untuk sekutu NATO-nya dan berjanji bahwa Amerika Serikat akan mempertahankan “setiap inci” wilayah NATO.

READ  Pesawat Tara Air Nepal hilang dengan 22 orang di dalamnya

“Namun saya ingin memperjelas, kami akan memastikan bahwa Ukraina memiliki senjata untuk mempertahankan diri dari invasi pasukan Rusia. Kami akan mengirim uang dan bantuan makanan untuk menyelamatkan nyawa Ukraina,” tambahnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov memperingatkan Amerika Serikat pada hari Sabtu agar tidak mentransfer senjata ke Ukraina, dengan mengatakan bahwa konvoi yang membawa senjata asing akan dianggap sebagai “target yang sah”.

“Kami telah memperingatkan Amerika Serikat bahwa masuknya Ukraina dengan senjata dari sejumlah negara yang mengaturnya bukan hanya langkah berbahaya, tetapi langkah-langkah yang mengubah konvoi yang sesuai menjadi target yang sah,” kata Ryabkov pada hari Sabtu di saluran negara Rusia. . Satu, menurut kantor berita milik negara RIA Novosti.

resistensi spesifik

Di Ukraina, Rusia telah menghadapi tantangan dari publik dalam dua minggu terakhir. Pada hari Sabtu, beberapa ratus orang berkumpul di balai kota di kota Melitopol, Ukraina selatan, setelah orang-orang bersenjata menangkap walikota Ivan Fedorov sehari sebelumnya.

Tak lama setelah penangkapan Fedorov, jaksa regional Luhansk yang didukung Rusia mengklaim Fedorov telah melakukan kejahatan teroris, tuduhan yang disebut Zelensky sebagai “kejahatan terhadap demokrasi” pada hari Sabtu.

Pada hari Sabtu, pemerintah daerah di Zaporozhye mengatakan seorang walikota baru telah dilantik. Galina Danilchenko, mantan anggota dewan kota Melitopol, diperkenalkan sebagai penjabat walikota di televisi lokal, menurut pernyataan dari pemerintah daerah yang diposting di Telegram. “Tugas utamanya adalah mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mengembalikan kota menjadi normal,” kata Danilchenko dalam pernyataannya yang disiarkan televisi.

Dia mengklaim bahwa masih ada orang di Melitopol yang akan mencoba mengacaukan “situasi dan memicu reaksi perilaku buruk”.

“Saya meminta Anda untuk menjaga kecerdasan Anda dan tidak menyerah pada provokasi ini,” katanya. “Saya mengimbau perwakilan yang dipilih oleh rakyat di semua tingkatan. Karena Anda dipilih oleh rakyat, adalah tugas Anda untuk menjaga kesejahteraan warga negara Anda.”

Di Kyiv, kemajuan Rusia mendapat perlawanan keras dari pasukan Ukraina. Pada hari Sabtu, penilaian intelijen terbaru Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan sebagian besar pasukan darat Rusia berada sekitar 25 kilometer (15,5 mil) dari pusat ibukota Ukraina.

Di Berestyanka - 10 mil sebelah barat pangkalan udara - sejumlah truk bahan bakar terlihat dan apa yang dikatakan Maxar adalah beberapa peluncur roket yang ditempatkan di lapangan dekat pepohonan.

Citra satelit Maksar yang diambil pada hari Kamis menunjukkan bahwa kolom Rusia sepanjang 40 mil di barat laut Kyiv sebagian besar telah tersebar dan berkumpul kembali. Tetapi penilaian intelijen memperingatkan bahwa “ini kemungkinan mendukung upaya Rusia untuk mengepung kota. Ini juga bisa menjadi upaya Rusia untuk mengurangi paparannya terhadap serangan balik Ukraina yang menimbulkan kerugian besar pada pasukan Rusia.”

READ  Putin memberikan gelar kehormatan kepada jenderal Rusia yang dituduh melakukan kejahatan perang di Bucha

Kementerian menambahkan bahwa kota Chernihiv dan Sumy di utara dan timur laut, kota timur Kharkiv dan Mariupol di selatan masih dikepung oleh pasukan Rusia.

Seorang pejabat senior Ukraina di wilayah Kherson selatan, yang sekarang dikendalikan oleh Rusia, mengatakan “penjajah” mendesak dewan regional untuk menyetujui referendum tentang “kemerdekaan” wilayah itu dari Ukraina. Tidak ada berita dari pihak Rusia tentang rencana referendum.

Referendum serupa diadakan setelah separatis yang didukung Rusia menguasai sebagian wilayah Luhansk dan Donetsk pada tahun 2014. Republik rakyat kemudian diproklamasikan di kedua wilayah.

Perusahaan tenaga nuklir milik negara Ukraina mengatakan pada hari Sabtu bahwa pejabat Rusia telah tiba di pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar Ukraina, Zaporizhzhya, menuntut kendali atas fasilitas tersebut.

Intelijen: Rusia mencoba membobol radar pesawat NATO

Pasukan Rusia telah menduduki Zaporizhia selama lebih dari seminggu sekarang, dengan Energoatom sebelumnya menuduh bahwa karyawannya dipaksa untuk bekerja dengan “todongan senjata”. Pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl juga berada di bawah kendali pasukan Rusia.

Terlepas dari serangan itu, Zelensky pada hari Sabtu mengklaim bahwa pasukan Ukraina menghadapi “pukulan terbesar bagi tentara Rusia dalam beberapa dekade,” mengatakan bahwa 31 kelompok batalyon taktis Rusia telah kehilangan wilayah, kehilangan lebih dari 360 tank Rusia.

Zelensky menambahkan bahwa kelompok pasukan Rusia telah menyerah kepada pasukan Ukraina, tetapi Rusia sekarang merekrut pejuang, cadangan, wajib militer, dan tentara bayaran yang “melebihi jumlah” pasukan Ukraina.

Seorang pejabat pertahanan Barat mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa kerugian Rusia termasuk Mayor Jenderal Andrei Kolesnikov, jenderal Rusia ketiga yang dibunuh oleh pasukan Ukraina. Dia adalah komandan Distrik Militer Timur, menurut situs web Kementerian Pertahanan Rusia, dan pejabat Barat merujuk dalam konteks pembunuhan tiga perwira Staf Umum Rusia selama seluruh konflik Suriah.

situasi yang memburuk

Dengan kerugian yang dialami Rusia, pengebomannya terhadap negara itu terus memperburuk kondisi kehidupan di beberapa wilayah. Para pejabat sekarang berlomba untuk mengirim bantuan dan mengevakuasi warga dari kota-kota yang terkepung.

Pejabat Ukraina mengumumkan upaya baru untuk mengamankan setidaknya 13 koridor evakuasi dari kota yang berbeda, meskipun dilaporkan bahwa hanya beberapa warga sipil yang bisa meninggalkan hari sebelumnya.

READ  AS mengakhiri kebijakan era Trump yang melarang pencari suaka dengan alasan COVID | berita AS

Berbicara di kota Mariupol yang terkepung, Zelensky mengatakan pada hari Sabtu bahwa pasukan Ukraina akan memastikan gencatan senjata di sepanjang koridor evakuasi sehingga pasokan bisa masuk, dan warga sipil bisa pergi.

Staf darurat dan sukarelawan Ukraina membawa seorang wanita hamil yang terluka dari rumah sakit bersalin yang rusak akibat pemboman di Mariupol, Ukraina, Rabu, 9 Maret 2022.

Dengan langit yang relatif cerah di atas Mariupol, citra satelit baru yang diambil Sabtu pagi dari Maksar menunjukkan tingkat kerusakan di sana, termasuk beberapa dari serangan militer yang dilaporkan awal pekan ini.

Di distrik Zhovteneyvi di Mariupol barat, sebuah kawah besar terlihat – masih menyala – di dekat pom bensin Okko. Asap tampak mengepul dari kompleks apartemen di seberang jalan. Atap gudang di ujung jalan juga tampak berlubang besar akibat serangan militer.

Di dalam kompleks apartemen, beberapa bangunan tampak mengalami kerusakan parah. Sebuah puing-puing terlihat mengelilingi beberapa bangunan dengan kepulan asap yang besar.

Tepat di barat laut pompa bensin, gambar satelit tambahan menunjukkan kawah tersebar di lapangan yang tertutup salju. Bekas tapak mobil juga terlihat. Lebih dari satu mil ke selatan, di kawasan industri di distrik Primorsky, api besar terlihat berkobar.

Ada kabar baik di tengah kehancuran. Keluarganya mengatakan kepada CNN bahwa seorang wanita hamil, yang diselamatkan dari rumah sakit bersalin Mariupol ditangkap minggu ini dalam foto viral Associated Press, telah melahirkan seorang bayi perempuan.

Mariana Fishgerskaya Dia termasuk di antara sejumlah wanita di rumah sakit bersalin di Mariupol yang selamat dari pengeboman.

Bibinya Tatiana Lyubchenko mengatakan nama bayi itu adalah Veronica tetapi dia khawatir dengan situasi di kota. “Kami mendapat informasi bahwa orang-orang di sana kehabisan air dan makanan dan kami sangat khawatir, karena koridor hijau tidak terbuka dan Rusia tidak mengizinkannya, dan makanan tidak datang. Di sana sangat dingin sekarang jadi mereka tidak merasa hangat,” kata Lyubchenko.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada hari Jumat bahwa pertempuran telah membuat hampir 2 juta warga Ukraina mengungsi di negara itu, dan 2,5 juta orang telah meninggalkan perbatasannya.

Tara John dari CNN menulis dari London. Maya Ellinger melaporkan dari Atlanta. Tim Lister melaporkan dari Kyiv. Max Foster dan Eleanor Pixton melaporkan dari London. Yulia Kisaeva dan Ivana Kutsova dari CNN melaporkan dari Lviv. Paul B. Murphy melaporkan dari New York. Josh Pennington melaporkan dari Columbus, Ohio.