November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rusia menerima orang-orang yang melarikan diri dari wilayah yang dikuasai Rusia di Kherson, Ukraina

Rusia menerima orang-orang yang melarikan diri dari wilayah yang dikuasai Rusia di Kherson, Ukraina

LONDON (Reuters) – Sebuah wilayah Rusia yang berbatasan dengan Ukraina mengatakan sedang bersiap untuk menerima pengungsi dari bagian wilayah Kherson Ukraina yang dikuasai Rusia, setelah pemimpinnya yang ditunjuk Rusia pada Kamis menyarankan agar penduduk pergi ke tempat yang aman saat pasukan Ukraina maju. .

Sebagian besar wilayah Kherson ditangkap pada hari-hari awal penaklukan Rusia karena pasukan dikirim dari negara tetangga Krimea. Ini adalah salah satu dari empat wilayah Ukraina yang diduduki sebagian yang dideklarasikan oleh Rusia bulan lalu dalam sebuah langkah yang sangat dikutuk pada hari Rabu oleh Majelis Umum PBB.

Namun, sejak Agustus telah menjadi tempat kemajuan yang signifikan oleh pasukan Ukraina.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Dalam sebuah pernyataan video di Telegram, Vladimir Saldo secara terbuka meminta bantuan pemerintah dalam memindahkan warga sipil ke daerah yang lebih aman di Rusia.

“Setiap hari, kota-kota di wilayah Kherson menjadi sasaran serangan rudal,” kata Saldo.

“Dengan demikian, kepemimpinan Kherson memutuskan untuk memberi keluarga Kherson pilihan untuk bepergian ke wilayah lain di Federasi Rusia untuk beristirahat dan belajar,” katanya, seraya menambahkan bahwa orang harus “pergi bersama anak-anak mereka.”

Dia mengatakan bahwa proposal tersebut berlaku terutama untuk penduduk di tepi barat Sungai Dnipro – daerah yang mencakup ibu kota regional Kherson.

Penduduk setempat mengunjungi pasar jalanan selama konflik antara Ukraina dan Rusia di kota Kherson yang dikuasai Rusia, Ukraina pada 26 Juli 2022. REUTERS/Alexander Ermoshenko

“Tetapi pada saat yang sama, kami menyarankan agar semua penduduk wilayah Kherson, jika ada keinginan seperti itu, untuk melindungi diri dari konsekuensi serangan rudal, pergi ke wilayah lain,” tambahnya.

Kantor berita TASS mengutip gubernur wilayah Rostov Rusia, Vasily Golubev, yang mengatakan bahwa kelompok pertama orang dari Kherson akan tiba di sana pada hari Jumat.

READ  Berita terbaru tentang krisis perbatasan antara Ukraina dan Rusia: pembaruan langsung

“Wilayah Rostov akan menerima dan menampung semua orang yang ingin datang kepada kami dari wilayah Kherson,” katanya.

Wakil Perdana Menteri Rusia Marat Khosnolin mengatakan bahwa mereka yang meninggalkan Kherson akan diberikan perumahan dan kebutuhan secara gratis – dan jika mereka memutuskan untuk tinggal di luar Kherson secara permanen, perumahan akan disediakan.

Kyiv dan Barat telah mengecam pencaplokan Rusia atas empat wilayah sebagai ilegal seperti pencaplokan Krimea, yang direbut Rusia pada tahun 2014. Di Majelis Umum PBB, 143 dari 193 negara mengutuknya dalam pemungutan suara pada hari Rabu.

Pihak berwenang Ukraina mengatakan ratusan ribu penduduk Kherson telah melarikan diri, sebagian besar ke daerah tak berpenghuni di Ukraina, termasuk setengah dari populasi ibu kota sebelum perang.

Setiap kerugian teritorial besar di Kherson akan membatasi akses Rusia ke Krimea lebih jauh ke selatan, yang telah dicita-citakan Kyiv untuk kembali sejak 2014.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Dilaporkan oleh Reuters. Diedit oleh Kevin Levy, Mark Trevelyan dan Sandra Mahler

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.