September 25, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Roadmap Sektor Energi Menuju Net Zero Emissions di Indonesia – Analisis

Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dan siap menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia pada pertengahan abad ini. Pilihan yang dibuat Indonesia sekarang dan dalam beberapa dekade mendatang akan berdampak signifikan pada pasar energi dunia dan upaya internasional untuk mencapai tujuan iklim kolektif.

Sebagai anggota keluarga IEA sejak tahun 2015, Indonesia berkomitmen untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060 atau lebih awal – tugas yang ambisius mengingat tujuan pembangunan negara dan statusnya sebagai konsumen dan produsen batubara yang penting secara global. Namun, Indonesia telah mulai menerapkan kebijakan dan kerangka kerja untuk membantu mencapai tujuan ini sambil bergerak menuju status ekonomi yang lebih baik, dengan transisi ke nol bersih memberikan peluang ekonomi yang lebih luas dan lebih beragam.

Untuk membantu tugas penting ini, IEA – atas permintaan pemerintah Indonesia dan sejalan dengan kepemimpinan Indonesia di G20 – telah mengembangkan peta jalan yang komprehensif bagi negara untuk mencapai titik nol pada tahun 2060. Perubahan dalam beberapa dekade mendatang. Analisis dalam Peta Jalan Sektor Energi Indonesia menuju Net Zero Emissions mencakup bidang-bidang utama seperti transisi yang berpusat pada populasi, penghentian penggunaan batubara secara bertahap, kebutuhan investasi dan pembiayaan, dan mineral penting. Ini juga menetapkan jalur yang sangat ambisius bagi Indonesia untuk mencapai nol bersih pada tahun 2050. Proyek ini dilakukan bekerja sama erat dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

READ  Indonesia memudahkan aturan visa untuk menarik lebih banyak nomaden digital