Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rishi Sunak menyelidiki pernyataan minat tersebut

Rishi Sunak menyelidiki pernyataan minat tersebut

  • Oleh Joshua Nevitt
  • Politik BBC

keterangan foto,

Seorang juru bicara Rishi Sunak mengatakan dia akan membantu komisaris dalam menyelidiki keuntungan tersebut

Perdana Menteri Rishi Sunak sedang diselidiki oleh pengawas standar Parlemen atas kemungkinan kegagalan untuk menyatakan minat.

Sunak sedang diselidiki apakah deklarasi kepentingan itu “terbuka dan jujur”, di bawah aturan yang ditetapkan oleh Komisaris Standar.

BBC memahami bahwa penyelidikan menyangkut perusahaan pengasuhan anak yang melibatkan istrinya.

Komisaris memutuskan apakah Anggota Parlemen telah melanggar aturan setelah penyelidikan.

Seorang juru bicara Downing Street berkata: “Kami dengan senang hati membantu Komisaris untuk menjelaskan betapa transparannya hal ini dinyatakan sebagai kepentingan menteri.”

Bulan lalu, Sunak menghadapi pertanyaan tentang saham yang dimiliki istrinya, Akshata Murti, di Koru Kids, sebuah agen pengasuhan anak yang bisa mendapatkan keuntungan dari kebijakan baru yang diungkapkan dalam anggaran musim semi.

Kanselir Jeremy Hunt telah mengumumkan program percontohan pembayaran untuk babysitter baru, dengan lebih banyak untuk mereka yang mendaftar melalui agensi.

Ibu Morty tercatat sebagai kontributor salah satu agensi tersebut, Koro Kids, baru-baru ini pada 6 Maret.

Mr Sunak tidak menyebutkan hubungan Murthy dengan Kuro Kids ketika dia ditanyai oleh anggota parlemen tentang kebijakan kesejahteraan anak pada sidang komite parlemen pada 28 Maret.

Anggota parlemen dari Partai Buruh Katherine McKinnell bertanya kepada Sunak apakah dia tertarik dengan pernyataan tersebut, dan dia menjawab: “Tidak, semua pengungkapan saya dilakukan dengan cara biasa”.

Sunak mengatakan dalam suratnya bahwa daftar kepentingan menteri “memastikan langkah-langkah diambil untuk menghindari atau mengurangi potensi konflik kepentingan”.

Daftar kepentingan menteri terpisah dari daftar kepentingan anggota parlemen, yang menyatakan bahwa anggota “harus selalu mempertimbangkan apakah mereka memiliki konflik kepentingan”.

Daftar tersebut belum diperbarui selama hampir satu tahun dan terakhir disusun oleh Lord Geddet, yang telah mengundurkan diri sebagai penasihat etika Boris Johnson.

Wakil pemimpin Partai Buruh Angela Rayner mengatakan kegagalan memperbarui aturan atau menerbitkan daftar kepentingan menteri “telah meninggalkan lubang hitam dalam transparansi yang memungkinkan perdana menteri dan orang-orang yang dia tunjuk menghindari pengawasan yang tepat atas urusan mereka”.

Dia menambahkan, “Jika Rishi Sunak tidak menyembunyikan apa pun, dia harus berkomitmen untuk menerbitkan catatan tersebut sebelum pemilihan Mei sehingga publik dapat melihatnya sendiri.”

Demokrat Liberal mengatakan penyelidikan itu adalah contoh lain dari perdana menteri Konservatif yang diduga “melanggar aturan”.

Wendy Chamberlain, pemimpin Demokrat Liberal, berkata, “Setelah berbulan-bulan skandal Tory dan korupsi, publik hanya ingin pemerintah berfokus pada negara, daripada menyelamatkan kulit mereka sendiri.”

Paragraf itu berbunyi: “Anggota harus selalu terbuka dan jujur ​​dalam menyatakan setiap kepentingan yang relevan dalam setiap proses Dewan atau komitenya, dan dalam setiap komunikasi dengan Menteri, anggota, pejabat publik atau pemegang jabatan publik.”

Komisaris Standar adalah petugas independen yang menyelidiki tuduhan anggota parlemen melanggar Kode Etik Parlemen.

Setelah penyelidikan, jika badan pengawas percaya bahwa dugaan tersebut merupakan pelanggaran Kode Etik, badan tersebut dapat membawa kasus tersebut ke anggota Komite Standar, yang dapat memutuskan hukuman apa pun.

Insentif baru

Mr Hunt mengatakan pemerintah akan “melakukan uji coba pembayaran insentif sebesar £600 untuk babysitter yang mendaftar dengan profesi tersebut, meningkat menjadi £1.200 bagi mereka yang bergabung melalui agen”.

Proyek percontohan ini dapat mendorong lebih banyak babysitter memasuki profesinya dan menghasilkan lebih banyak bisnis untuk perusahaan seperti Koru Kids.

Koru Kids terdaftar sebagai salah satu dari enam lembaga pengasuhan anak di situs web pemerintah.

Di situsnya, Koru Kids menyambut reformasi pemerintah dan mengatakan “insentif baru untuk babysitter sangat bagus”.

Situs itu mengatakan babysitter baru akan diberi bonus £1.200 jika mereka “datang melalui agensi seperti Koro Kids yang menawarkan komunitas, pelatihan, dan dukungan berkelanjutan”.