September 23, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ribuan meninggalkan Indonesia di tengah krisis Pemerintah-19 Go Berita Dunia

Ribuan orang asing telah meninggalkan Indonesia dalam beberapa pekan terakhir, dengan catatan bandara yang dirilis pada hari Selasa tampaknya dipicu oleh epidemi brutal dan kekurangan vaksin secara umum, yang pertama kali diberikan kepada kelompok prioritas tinggi.

Infeksi dan kematian telah meningkat dalam satu bulan terakhir dan karena wabah besar-besaran di India telah menurun, kasus harian di Indonesia kini menjadi lebih terkonfirmasi di Asia. Infeksi memuncak pada pertengahan Juli, dengan rata-rata harian lebih dari 50.000 kasus baru dilaporkan setiap hari. Pada pertengahan Juni, ada sekitar 8.000 kasus harian berjalan.

Sejak awal bulan ini, hampir 19.000 orang asing telah berangkat melalui Bandara Internasional Sokarno-Hatta di ibu kota Jakarta.

Keberangkatan telah meningkat secara signifikan dalam tiga hari terakhir saja, terhitung hampir setengah dari semua keberangkatan pribadi bulan ini, kata Sam Fernando, yang mengepalai otoritas imigrasi di bandara.

Kenji Kanasuki, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, mengatakan sulitnya mendapatkan vaksin bagi orang asing telah mendorong beberapa warga negara Jepang untuk mendapatkan vaksinasi di negara asalnya.

“Di tengah wabah yang sangat menyulitkan kita semua, beberapa warga negara Jepang di Indonesia untuk sementara akan kembali ke Jepang,” kata Kanasuki di Instagram awal bulan ini.

Jepang dan Cina menyumbang bagian terbesar dari keberangkatan, dengan 2.962 dan 2.219 orang, masing-masing, dan 1.616 warga negara Korea Selatan. Angka bandara menunjukkan bahwa 1.425 orang Amerika, 842 Prancis, 705 Rusia, 700 Inggris, 615 Jerman, dan 546 warga negara Arab Saudi berangkat.

Awalnya, hanya perwakilan negara asing dan organisasi nirlaba internasional yang memenuhi syarat untuk program vaksinasi gratis pemerintah. Program ini diperluas bulan lalu untuk memasukkan orang-orang berusia 60 tahun ke atas dan guru dan staf akademik.

READ  Perusahaan e-commerce Buccaneer menduduki puncak harga IPO terbesar di Indonesia - Sumber

Namun, laporan televisi menunjukkan bahwa orang asing mengeluh tentang kesulitan yang mereka hadapi dalam mendapatkan vaksinasi.

Keterbatasan pasokan vaksin menjadi tantangan tersendiri, kata Vick Adisasmito, Juru Bicara Gugus Tugas 19 Pemerintah Nasional, Selasa. Dia menyatakan harapan bahwa dosis 45 juta yang akan datang pada bulan Agustus akan memperbaiki situasi.

Indonesia yang berpenduduk 270 juta jiwa, menerima setidaknya 151,8 juta vaksin pada akhir Juli lalu. Sebagian besar obat – 126,5 juta – dimiliki oleh perusahaan farmasi Cina Sinovac.

Jumlah kematian harian yang dikonfirmasi di Indonesia melampaui 2.069 pada hari Selasa untuk pertama kalinya, melampaui 2.000. Kementerian kesehatan mengatakan 45.203 kasus baru yang dikonfirmasi disebabkan oleh sistem kesehatan yang berjuang untuk mengatasinya, dan bahkan pasien yang cukup beruntung untuk menerima tempat tidur rumah sakit tidak dijamin oksigen.

Banyak negara telah mengumumkan pembatasan atau pembatasan baru pada pelancong dari Indonesia, termasuk negara tetangga Singapura dan Filipina.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Taiwan, dan Hong Kong termasuk di antara negara dan wilayah yang telah menempatkan Indonesia dalam daftar larangan perjalanan mereka.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 3,2 juta kasus dan 86.835 kematian di Indonesia. Angka-angka itu secara luas diyakini sebagai angka yang luas karena statistik yang rendah dan aktivitas pelacakan yang buruk.