Maret 4, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rekor dunia fusi nuklir dipecahkan dalam pencapaian besar: ScienceAlert

Rekor dunia fusi nuklir dipecahkan dalam pencapaian besar: ScienceAlert

Para ilmuwan di Inggris mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka telah memecahkan rekor dalam menghasilkan energi fusi nuklir dalam percobaan terakhir menggunakan mesin Joint European Taurus (JET).

Fusi nuklir adalah proses yang sama yang digunakan matahari untuk menghasilkan panas. Para pendukungnya percaya bahwa suatu hari nanti hal ini dapat membantu mengatasi perubahan iklim dengan menyediakan sumber energi yang berlimpah, aman, dan bersih.

Sebuah tim di fasilitas JET dekat Oxford di Inggris tengah Ini menghasilkan 69 megajoule Otoritas Energi Atom Inggris (UKAEA) mengatakan jumlah bahan bakar ini bertahan selama lima detik dengan menggunakan 0,2 miligram bahan bakar, melebihi rekor sebelumnya yang dibuat pada tahun 2022 sebesar 10 megajoule.

Ini cukup untuk memberi daya pada sekitar 41.000 rumah selama lima detik.

Ini adalah percobaan terakhir yang akan dilakukan di lokasi JET dengan menggunakan mesin berbentuk donat yang disebut tokamak.

Ian Chapman, CEO UKAEA, mengatakan: “JET telah beroperasi dalam kondisi yang sedekat mungkin dengan kondisi pembangkit listrik saat ini, dan warisannya akan terasa di seluruh pembangkit listrik di masa depan.”

“Hasil penelitian JET memiliki implikasi penting tidak hanya bagi ITER – sebuah proyek penelitian fusi besar-besaran yang sedang dibangun di Perancis selatan – namun juga bagi… proyek fusi global lainnya, yang mengupayakan masa depan energi yang aman, rendah karbon, dan berkelanjutan.” dia menambahkan.

Lebih dari 300 ilmuwan dan insinyur dari EUROfusion, sebuah konsorsium peneliti di seluruh Eropa, telah berkontribusi pada eksperimen JET yang penting selama 40 tahun.

Di dalam tokamak JET, masing-masing 0,1 miligram deuterium dan tritium – keduanya merupakan isotop hidrogen – dipanaskan hingga suhu sepuluh kali lebih tinggi dari pusat matahari untuk membentuk plasma.

READ  Tesla merayakan pembukaan pabrik Texas Giga barunya dengan Cyber ​​​​Rodeo

Campuran ini ditahan oleh magnet saat diputar, meleburkannya dan melepaskan energi yang sangat besar dalam bentuk panas.

Fusion pada dasarnya aman karena tidak dapat memulai proses escape.

Deuterium tersedia secara bebas di air laut, sedangkan tritium dapat dipanen sebagai produk sampingan dari fisi nuklir.

Dengan menggunakan bobot yang setara, pembakaran tersebut melepaskan energi sekitar empat juta kali lebih banyak dibandingkan pembakaran batu bara, minyak, atau gas, dan satu-satunya limbah yang dihasilkan adalah helium.

Meskipun ada rekor baru, JET tidak menghasilkan lebih banyak energi daripada yang digunakan dalam produksinya.

Laboratorium Nasional Lawrence Livermore di Amerika Serikat menjadi satu-satunya fasilitas yang mencapai prestasi ini – cawan suci fusi nuklir – pada akhir tahun 2022, menggunakan proses berbeda yang melibatkan laser.

JET melakukan eksperimen pertamanya dengan deuterium dan tritium pada tahun 1997.

Hasil yang diumumkan pada hari Kamis menunjukkan kemampuan untuk menciptakan fusi selama lima detik, karena lebih lama dari itu akan membuat magnet kawat tembaga JET menjadi terlalu panas.

ITER akan dilengkapi dengan elektromagnet superkonduktor yang memungkinkan proses berlanjut dalam jangka waktu lebih lama, diharapkan lebih dari 300 detik.

Jika semuanya berjalan baik di ITER, prototipe pembangkit listrik fusi dapat siap pada tahun 2050.

Kerja sama internasional di bidang energi fusi secara historis erat karena tidak seperti fisi nuklir yang digunakan di pembangkit listrik tenaga atom, teknologi ini tidak dapat digunakan sebagai senjata.

Proyek besar yang berbasis di Perancis ini mencakup Tiongkok, Uni Eropa, India, Jepang, Korea Selatan, Rusia, dan Amerika Serikat.

© Agence France-Presse