Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

RCEP mulai berlaku di Indonesia dan syarat-syarat perdagangan baru telah diberlakukan

Jakarta: Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) telah mulai berlaku untuk Indonesia, membawa negara ini persyaratan baru untuk perdagangannya dengan anggota lain dari perjanjian perdagangan bebas terbesar di dunia berdasarkan populasi dan ekonomi dan volume perdagangan.

Sejauh ini, perjanjian perdagangan bebas telah berlaku untuk 14 dari 15 anggota RCEP, termasuk 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan lima mitra dagang mereka—Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan Australia. , dan Selandia Baru, lapor Kantor Berita Xinhua.

RCEP mulai berlaku pada 1 Januari 2022.

Kelompok ASEAN adalah Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Sebagai bagian dari implementasi perjanjian RCEP, peraturan baru untuk ketentuan dokumen asal produk Indonesia dan ekspor dari Indonesia mulai berlaku pada hari Senin.

Menteri Perdagangan Zulqibli Hasan mengatakan peraturan baru itu akan mengatur prosedur untuk mendapatkan surat keterangan asal barang yang diekspor dari negara Asia Tenggara itu.

Sektor bisnis di Indonesia dapat memilih antara dua jenis dokumen untuk mengklaim “tarif preferensial”, Surat Keterangan Asal dan Deklarasi Asal. Kedua dokumen dapat diterbitkan secara independen.

“Aturan baru ini sejalan dengan komitmen perdagangan melalui RCEP,” kata Hassan. “Sektor komersial akan mendapat manfaat dari langkah ini karena program RCEP akan memperlancar arus barang ekspor di wilayah tersebut.”

Selama setahun terakhir, perjanjian perdagangan bebas telah membantu mengurangi biaya perdagangan, memfasilitasi integrasi rantai industri, dan menguntungkan konsumen di wilayah tersebut.

“Kesepakatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan jaringan produksi global, meningkatkan rantai pasokan regional dengan meningkatkan akses pasar ekspor barang dan jasa, mengurangi atau menghilangkan hambatan perdagangan dan meningkatkan transfer teknologi di kawasan,” ujar Hassan.

READ  Rashid Khan Pimpin di Indonesia, Gaganjeet Fuller Terbelakang | Berita Golf