Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Defisit anggaran Indonesia 2022 yang tidak diaudit sebesar 2,38% dari PDB – Menteri Keuangan via Reuters

© Reuters. FOTO FILE: Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indravati berbicara dalam acara sampingan pada pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, 14 Juli 2022. Nagy/Pool melalui REUTERS

JAKARTA (Reuters) – Indonesia telah membukukan defisit fiskal sebesar 464,3 triliun rupiah pada tahun 2022, atau 2,38% dari produk domestik bruto, berdasarkan data yang tidak diaudit, kata Menteri Keuangan Sri Muliani Indravati pada hari Selasa, jauh lebih kecil dari proyeksi semula.

Pemerintah awalnya menargetkan defisit anggaran sebesar 4,85% dari PDB. Namun, pengumpulan pendapatan mendapat dorongan dari harga komoditas yang lebih tinggi dan pelonggaran pembatasan Covid tahun lalu, yang mendorong pemerintah untuk merevisi perkiraan defisit beberapa kali.

Angka terbaru di bawah perkiraan pada 21 Desember, ketika Presiden Joko Widodo mengatakan dia mengharapkan defisit 2,49%.

Negara kaya sumber daya itu membukukan pendapatan 2.626,4 triliun rupee tahun lalu, naik 30,6% dari 2021 dan 16% lebih besar dari target, kata menteri dalam konferensi pers online.

Pemerintah membelanjakan Rs 3.090,8 triliun, yang sedikit lebih rendah dari jumlah yang direncanakan dan mewakili pertumbuhan 11% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sri Mulyani mengatakan ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu bisa tumbuh sebesar 5,2% tahun lalu. Pertumbuhan ekonomi diproyeksikan sebesar 3,7% pada tahun 2021 dan pemerintah menargetkan ekspansi PDB sebesar 5,3% tahun ini.

READ  Indonesia dan Amerika Serikat akan mengadakan latihan militer gabungan terbesar dalam dua minggu