September 23, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rara Delivery menerima $3,25 juta untuk rencana distribusi on-demand yang ambisius di Indonesia-TechCrunch

Pengiriman Mentah MentahTujuan ambisius ‘S adalah untuk memberikan pada hari yang sama di Indonesia tanpa menghabiskan uang tunai seperti banyak penyedia logistik lainnya. Perusahaan mengumumkan hari ini bahwa mereka telah mengumpulkan $ 3,25 juta dana awal di bawah kepemimpinan Proyek Surge Sequoia Capital India dan East Ventures. Peserta lainnya termasuk 500 startup, Angel Central, G.K. Investor Plug and Play dan Angel termasuk Royston Day dan Yang Bin Kwok.

Diluncurkan pada 2019, Rara Delivery mengandalkan mesin eksklusif yang meningkatkan rute pemesanan dan pengiriman berdasarkan data seperti informasi lalu lintas waktu nyata. Saat ini beroperasi di Jabodetabek dan akan diperluas ke lima kota lain di Indonesia tahun ini.

Rara Delivery bertujuan untuk berintegrasi dengan semua pasar utama di Indonesia sehingga penjual dapat menawarkannya sebagai opsi pengiriman kepada pelanggan. Ini bermitra dengan merek, bisnis e-commerce kecil, dan pengecer. Beberapa klien terkenal termasuk e-commerce Flatfly, startup pengiriman kopi Kobe Kenangan, Grab Merchant, Healthcare Platform Allotoctor dan toko grosir Searbox. Rara Delivery mengatakan volume pesanan hariannya telah meningkat 15 kali lipat pada tahun lalu karena meningkatnya permintaan bahan makanan dan pasokan medis selama epidemi.

Sebelum meluncurkan Rara Delivery, salah satu pendiri dan CEO Karan Bhardwaj bekerja di Unilever, mengelola rantai distribusi e-commerce di Asia Tenggara dan Australia. Selama waktu itu, ia menangani berbagai saluran distribusi, termasuk pasar, agregator e-niaga, dan penyedia distribusi jarak jauh.

Selama beberapa tahun terakhir, Bhardwaj telah melihat harapan pelanggan untuk beralih pengiriman. Bahkan dengan pengiriman keesokan harinya banyak yang tidak puas lagi. Mereka ingin pesanan mereka dikirim pada hari yang sama, dalam beberapa jam.

READ  Membuat peti mati, menyediakan tempat berlindung: Relawan menginjakkan kaki saat Pemerintah menenggelamkan Indonesia | Kesehatan global

“Seiring waktu, pengalaman yang baik menjadi kebutuhan daripada kemewahan,” kata Bhardwaj. Amerika Serikat memiliki Amazon Prime, China memiliki layanan kurir SF Express dan Korea Selatan memiliki kupon, tetapi “adopsi pengiriman satu hari di Indonesia belum mencapai potensi sebenarnya karena kurangnya solusi pengiriman yang tepat, itulah yang kami coba lakukan. membongkar. “

Bhardwaj mengatakan dia bersedia membayar dua hingga tiga kali lebih banyak untuk pengiriman satu hari dibandingkan dengan pengiriman hari berikutnya dan akan mengenakan biaya lebih untuk pengiriman dalam waktu satu jam.

Tetapi banyak pemain logistik tradisional, dengan model pengiriman hub dan berbicara, tidak dirancang untuk pengiriman sesuai permintaan, sementara penyedia berdasarkan permintaan memiliki biaya operasi yang lebih tinggi karena pengemudi mereka memenuhi pesanan per perjalanan.

“Jika sebuah bisnis memiliki 10 pesanan, mereka akan mengirim 10 pengemudi dan semua orang akan menerima satu pesanan,” kata Bhardwaj. “Mereka bisa melakukan tiga jam layanan pengiriman, tetapi tidak ada koordinasi, tidak ada optimalisasi, biaya per pesanan sangat tinggi, ada batasan jarak, batasan berat dan mereka tidak membayar pengiriman.”

Mesin paket real-time Pengiriman Rara dikembangkan sebagai alternatif yang sangat skalabel dan standar. Armada pengemudi perusahaan melakukan pesanan untuk berbagai bisnis — makanan dan minuman, bahan makanan, kebersihan, dan e-commerce — yang semuanya memiliki persyaratan waktu yang berbeda untuk pengirimannya. Misalnya, restoran harus mengirimkan dalam waktu satu jam, tetapi untuk toko kelontong, batas waktu tersebut mungkin tiga jam dan untuk toko e-niaga mungkin delapan jam.

Setelah pesanan dilakukan, sistem Rara Delivery mengkompilasinya ke dalam modul dan mengintegrasikan kapasitas, jarak, interval waktu, dan rute mengemudi berdasarkan data lalu lintas waktu nyata. Sebuah modul dapat memiliki dua hingga 15 pesanan, dan komposisinya fleksibel. Misalnya, beberapa modul mungkin mengalami pengiriman pengambilan terus menerus, sementara yang lain dapat mengganggu pengiriman pengambilan, tergantung pada rute mana yang paling efisien.

READ  Pelacakan Pemroses Pemerintah Indonesia-19 Diduga Dilanggar, Pemerintah Selidiki

Bhardwaj Ini meningkatkan penghasilan pengemudi Rara Delivery karena mereka melakukan banyak pengiriman dalam satu perjalanan dan mengurangi waktu menganggur mereka. Setiap modul pengiriman Rara membutuhkan waktu dua hingga enam jam untuk diselesaikan.

“Dalam keadaan normal, pengemudi menerima pesanan, menyelesaikan pesanan dan menunggu pesanan lain. Waktu tunggu itu mengurangi potensi pendapatan pengemudi,” katanya.

Rara Delivery memfasilitasi cash on delivery. Umumnya, ketika layanan pengiriman menawarkan COD, itu berarti pengemudi harus kembali ke pusat untuk menitipkan uang. Produk Rekonsiliasi Rara Delivery menunjukkan kepada pengemudi berapa banyak uang yang harus dikumpulkan untuk setiap pesanan. Setelah selesai, pengemudi membuat kode yang dapat digunakan di toko serba ada untuk menyetor uang alih-alih hub.

Rencana awal untuk dana awal termasuk memperluas ekosistem produknya, yang saat ini mencakup mesin paket, portal vendor, pelacakan pesanan waktu nyata, obrolan pelanggan, dan kompromi COD.

Tingkat 1 di Indonesia berfokus pada peluncuran awalnya di kota-kota, sebelum berkembang ke kota-kota kecil dan mencakup seluruh Indonesia dalam beberapa tahun. Rara Delivery kemudian berencana melakukan ekspansi ke negara lain. Bhardwaj adalah geo-agnostik dari mesin bicaranya, sehingga membutuhkan lokalisasi minimal ke pasar baru.