Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Qatar menawarkan perjalanan Piala Dunia gratis kepada penggemar.  Tapi ada tangkapan.

Qatar menawarkan perjalanan Piala Dunia gratis kepada penggemar. Tapi ada tangkapan.

Ini adalah pertunjukan yang cukup bagus untuk membuat penggemar sepak bola berhenti dan mendengarkan. Perjalanan gratis ke Piala Dunia. Tiket pertandingan gratis. Perumahan gratis selama turnamen dan bahkan sedikit uang yang dihabiskan.

Tapi pertunjukan itu datang dengan pegangan.

Penggemar yang dipilih dengan cermat yang menerima perjalanan seumur hidup ini – didanai oleh Qatar, negara tuan rumah Piala Dunia tahun ini – akan diminta untuk mematuhi kontrak yang mengharuskan mereka menyanyikan apa yang diminta untuk dinyanyikan, untuk menonton apa yang mereka katakan. Yang paling kontroversial, melaporkan posting media sosial oleh penggemar lain yang mengkritik Qatar.

Namun terlepas dari aturan ini, ia telah mendaftarkan ratusan pendukung.

Undangan dikirim pada akhir September, menargetkan beberapa pemimpin penggemar yang paling terkait dan terkenal yang mendukung 32 tim menuju Piala Dunia. penggemar belanda Dia mengatakan kepada penyiar NOS Dia setuju untuk menyaring pendukung lain dari Belanda. Seorang anggota dewan dari American Outlaws, kelompok pendukung terbesar AS, setuju untuk berpartisipasi, kemudian membantu mendaftarkan sesama anggota dan lainnya.

Fans dari semua asosiasi FIFA menerima tawaran itu; Lusinan orang telah melakukan perjalanan ke Qatar setidaknya sekali untuk kunjungan mewah sebelum Piala Dunia. Ini juga dibayar oleh penyelenggara turnamen.

Namun, penggemar lainnya menolak. Seorang penggemar Prancis mengatakan kepada Le Parisien bahwa persyaratan yang dilampirkan pada tawaran itu tampak seperti langkah yang terlalu jauh. “Terlepas dari aspek selera hidangan, saya lebih suka mempertahankan nilai-nilai saya,” kata Joseph Delage, anggota kelompok Advokat Prancis terkemuka.

Tawaran Qatar, yang berasal dari program keterlibatan penggemar yang dimulai pada tahun 2020, adalah pertama kalinya negara tuan rumah membayar kelompok penggemar dari semua negara yang bersaing untuk menghadiri Piala Dunia. dan dia Bukan pertama kali Qatar bekerja untuk mengisi stadion dengan suara ramah; Pada 2019, pekerja migran dan anak sekolah direkrut untuk mengisi kursi kosong di Kejuaraan Dunia Atletik di Doha.

Sebagai imbalan atas manfaat Piala Dunia, penggemar tahun ini – hingga 50 dari masing-masing negara – akan diminta untuk melakukan gala sebelum Qatar membuka turnamen melawan Ekuador pada 20 November. Porsi bertema penggemar mengharuskan penerima kemurahan hati Qatar untuk membawakan himne atau lagu khusus untuk negara mereka, tidak dipilih oleh penyelenggara turnamen melainkan oleh mereka.

READ  Yankees vs. Penjaga: Buka kotak penawaran setiap tim untuk mendapatkan game ALDS 5 yang penting setelah hujan

Perwakilan dari Komite Penyelenggara Piala Dunia, Komite Tertinggi Qatar untuk Pengiriman dan Warisan, mencoba minggu ini untuk mengecilkan persyaratan eksplisit dan implisit dari pertunjukan. “Tidak ada kewajiban untuk mempromosikan atau melakukan apapun,” kata Ahsan Mansour, Direktur Partisipasi Penggemar untuk Piala Dunia 2022, dalam sebuah wawancara.

Tetapi melihat lebih dekat pada persyaratan hubungan mengungkapkan bahwa pendukung terpilih didorong untuk melakukan hal itu, dan juga untuk memperkuat pesan dari penyelenggara untuk mendukung Piala Dunia “dengan ‘menyukai’ dan membagikan kembali posting pihak ketiga.” Pada saat yang sama, menurut dokumen dan kontrak yang ditinjau oleh The New York Times dan didukung oleh banyak penggemar, para peserta diperingatkan bahwa meskipun mereka tidak diharuskan menjadi “corong” untuk Qatar, “jelas bahwa itu tidak akan terjadi. cocok bagi Anda untuk meremehkan negara atau kejuaraan. ”

Para pemimpin penggemar juga mendaftar untuk mengetahui hal-hal negatif seperti itu dalam komentar di pos mereka; Ada klausul dalam Kode Etik yang meminta mereka untuk “melaporkan komentar yang menyinggung, merendahkan, atau menyinggung” kepada regulator. Kode mengatakan jika memungkinkan, mereka harus memberikan tangkapan layar dari setiap posting yang menyinggung.

Mereka yang melanggar peraturan diperingatkan bahwa mereka dapat dipecat dari program.

Ronan Evin, CEO Football Supporters Europe, sebuah organisasi payung kelompok penggemar yang diakui oleh European Football Administration, mengatakan: “Paling-paling mereka adalah sukarelawan Piala Dunia dan paling buruk mereka adalah corong Komite Tertinggi badan, UEFA. Dalam dua belas Setahun sejak Qatar memenangkan Piala Dunia, Qatar telah melakukan upaya besar untuk membentuk dan mempertahankan citra nasionalnya Tuntutan KorupsiDan masalah lingkungan Dan masalah hak asasi manusia.

Program untuk mendaftarkan penggemar sebagai duta sebenarnya tampaknya telah dimulai pada tahun 2020, ketika SC menjangkau federasi nasional di seluruh dunia dan meminta untuk dihubungi oleh kelompok penggemar terkemuka untuk lebih memahami kebutuhan pengunjung. Qatar, yang hampir tidak memiliki tradisi menjadi tuan rumah acara olahraga besar dan sedikit budaya lokal untuk para penggemar, telah berjuang dengan tugas yang rumit: bagaimana menciptakan pengalaman kejuaraan yang terasa otentik. kunjungi pendukungtetapi juga standar yang sesuai dengan norma budaya negara Islam konservatif Qatar.

READ  White Sox untuk menandatangani Mike Clevinger

Sebagian besar federasi mematuhi pemahaman ini. Seorang juru bicara American Football mengatakan telah menerima permintaan dari pejabat Piala Dunia yang ingin menjangkau penggemar, dan menggunakannya untuk membuka dialog dengan kelompok penggemarnya, tetapi asosiasi tersebut tidak memainkan peran dalam memilih penggemar individu untuk dunia. Penerbangan piala. Asosiasi lain telah memberikan kontak kepada kelompok penggemar terkemuka atau, dalam kasus Inggris, dengan menempatkan formulir pendaftaran atas nama Komite Piala Dunia Qatar di situs resmi klub penggemar.

FA mengatakan menemukan program yang menawarkan perjalanan berbayar kepada para penggemar ke turnamen dari laporan media berita.

FA mengatakan: “Kami telah diberitahu bahwa ini adalah kesempatan untuk terlibat dengan penggemar dari semua negara yang bersaing untuk memastikan bahwa suara penggemar terdengar jelas dalam perencanaan Piala Dunia, dan bahwa banyak asosiasi sepak bola internasional sedang dihubungi.” sebuah izin. Asosiasi Sepak Bola mengatakan bahwa sejak menerbitkan tautan yang menghubungkan penggemar dengan penyelenggara Qatar, “kami tidak lagi berpartisipasi dalam skema tersebut, dan tidak melihat ‘Kode Etik’ atau syarat dan ketentuan partisipasi apa pun.”

Namun selama dua tahun terakhir, program ini diam-diam berkembang. Para pemimpin penggemar diterbangkan ke Qatar untuk bertemu dengan penyelenggara Piala Dunia yang ingin mendengar apa yang diharapkan para penggemar di negara asal mereka dari turnamen tersebut, kemudian dipulangkan dengan membawa informasi tentang apa yang diharapkan di Qatar. Mereka diperlakukan dengan keramahan kelas satu, menurut anggota yang berpartisipasi dalam perjalanan, banyak di antaranya Posting konten di media sosial Dan Saya berpose untuk foto Promosi program.

Perjalanan pra-Piala Dunia, masing-masing berlangsung sekitar satu minggu, berpusat di sekitar tiga tonggak utama: Piala Arab, semacam ujian Piala Dunia; Pengundian resmi untuk turnamen tersebut adalah pada bulan April. Yang terbaru adalah pembukaan Stadion Lusail, stadion terbesar di Qatar dan tempat final Piala Dunia pada bulan Desember. Selama kunjungan mereka, para pemimpin penggemar disuguhi pengalaman seperti kayak di perairan hangat Laut Arab dan dune bashing, hiburan populer di teluk tempat SUV bekerja di atas dan di bawah bukit pasir.

READ  Pemain Arizona State mencabik-cabik Jaden Daniels saat dia dilaporkan akan memasuki gerbang transfer

Di salah satu perjalanan, para pemimpin penggemar diundang ke rumah mewah seorang aktor penggemar Qatar. Di dalam, mereka disuguhi tur armada mobil performa tinggi Qatar yang mengesankan dan koleksi kaus bertanda tangan, termasuk kaus Diego Maradona, Pele dan Lionel Messi.

Bahkan beberapa penggemar melakukannya Temui David Beckham, Salah satu dari banyak stadion yang telah ditandatangani Qatar untuk mempromosikan Piala Dunia tahun ini. (Sebuah firma hubungan masyarakat, Portland Communications, pada awalnya terlibat dalam mengidentifikasi dan menangani kelompok penggemar di Eropa.) Beberapa pemimpin penggemar – dan beberapa jurnalis yang menerima perjalanan serupa – kemudian menceritakan pengalaman mereka di Qatar pada tahun Media sosial.

“Jika Anda seorang influencer yang menerima subsidi atau dibayar oleh merek, Anda harus mengungkapkannya,” kata Evin, perwakilan dari kelompok Pendukung Eropa. “Apa yang kami lihat tentang Piala Arab tahun lalu adalah para pemimpin penggemar Eropa yang tidak mengungkapkan hubungan ini dengan Komite Tertinggi.”

Penyelenggara Piala Dunia membela presentasi kepada para penggemar sebagai tidak lebih dari penghargaan atas waktu yang mereka ambil untuk membantu Qatar memahami dan mempersiapkan masuknya orang asing yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarahnya.

“Mereka tidak memiliki hubungan resmi atau kontrak dengan Piala Dunia, dan mereka bukan duta untuk itu,” kata Mansour, kepala program penggemar. Yang harus mereka lakukan, katanya, adalah mengambil tempat mereka pada upacara pembukaan.