Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Prigozhin mengatakan bahwa faksi Kremlin sedang menghancurkan negara Rusia

Prigozhin mengatakan bahwa faksi Kremlin sedang menghancurkan negara Rusia

  • Prigozhin: penyelesaian konflik dengan Chechnya
  • Prigozhin: Faksi Kremlin membahayakan negara
  • Dikatakan Kementerian Pertahanan berantakan
  • Wagner mungkin pergi ke wilayah Belgorod-Prigozhin

MOSKOW (Reuters) – Pemimpin tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin mengatakan pada Sabtu bahwa faksi-faksi Kremlin sedang menghancurkan negara dengan mencoba menabur perselisihan antara dia dan para pejuang Chechnya.

Perselisihan itu sekarang telah diselesaikan, katanya, tetapi pertikaian di Kremlin telah membuka kotak perpecahan Pandora.

Prigozhin, 62, mantan pemilik restoran yang mendirikan kelompok tentara bayaran Wagner dan anggota lingkaran lebih luas Presiden Vladimir Putin, menjadi terkenal luas selama perang 15 bulan di Ukraina.

Pasukannya memimpin pertempuran di kota Bakhmut dan di tempat lain, tetapi dia juga berdebat dengan tentara Rusia mengenai taktik, dukungan logistik, dan masalah lainnya.

Prigozhin mengatakan perselisihan antara dia dan pasukan Chechnya, yang juga berperang bersama tentara Rusia di Ukraina, telah diselesaikan. Tapi dia menyalahkan keretakan pada faksi anonim di Kremlin – yang dia sebut “menara Kremlin”.

Rencana mereka menjadi sangat tidak terkendali, katanya, sehingga Putin terpaksa menegur mereka di pertemuan Dewan Keamanan.

“Kotak Pandora sudah terbuka – bukan kami yang membukanya,” kata Prigozhin dalam pesan yang diterbitkan oleh layanan persnya. “Beberapa menara Kremlin memutuskan untuk memainkan permainan berbahaya.”

“Permainan berisiko menjadi hal biasa di menara Kremlin… Mereka hanya menghancurkan negara Rusia.”

Dia tidak menyebutkan nama faksi Kremlin, tetapi mengatakan pihaknya terus berupaya menyebarkan perselisihan, dan “neraka harus membayar harganya.” Kremlin tidak mengomentari pernyataannya.

Putin mengadakan pertemuan Dewan Keamanan pada hari Jumat tentang apa yang dia gambarkan sebagai hubungan “etnis” di dalam negeri.

READ  Sunak dari Inggris memenangkan pemungutan suara Parlemen mengenai rencana migran Rwanda meskipun ada pemberontakan

Prigozhin mengatakan pernyataan Chechnya tentang dia tampaknya berasal dari awal 1990-an, ketika konflik melanda kota-kota Rusia setelah runtuhnya Uni Soviet.

“Jelas pernyataan yang dibuat agak provokatif, dimaksudkan untuk menyakiti dan menakuti saya,” kata Prigozhin.

Prigozhin juga mengatakan bahwa setiap pertempuran antara pasukan khusus pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov dan pasukan Wagner akan menyebabkan pertumpahan darah yang serius, tetapi tidak ada keraguan siapa yang akan menang.

Dia juga sekali lagi mengungkapkan kemarahannya tentang keadaan perang saat ini dan mengutuk Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Kepala Staf Umum Valery Gerasimov.

“Kementerian Pertahanan sama sekali tidak dalam posisi untuk melakukan apa pun karena itu tidak benar-benar ada – ini berantakan,” kata Prigozhin.

Kementerian Pertahanan tidak menanggapi permintaan komentar. Nether Shoigu dan Gerasimov telah mengomentari komentar Prigozhin secara terbuka.

(Laporan oleh Jay Faulconbridge). Diedit oleh Angus McSwan

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Jay Faulconbridge

Thomson Reuters

Sebagai kepala biro Moskow, Jay mengarahkan liputan Rusia dan CIS. Sebelum ke Moskow, Jay meliput Brexit sebagai Kepala Biro London (2012-2022). Pada malam Brexit, timnya mencetak salah satu kemenangan bersejarah Reuters – membawa berita tentang Brexit pertama kali ke dunia dan pasar keuangan. Jay lulus dari London School of Economics dan memulai karirnya sebagai magang di Bloomberg. Dia telah menghabiskan lebih dari 14 tahun meliput bekas Uni Soviet. Dia berbicara bahasa Rusia dengan lancar. Hubungi: +44 782 521 8698