Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pria Indonesia menemukan bunga terbesar di dunia ‘Rafflesia arnoldi’ di hutan

Terakhir Diperbarui: 29 September 2022, 14:48 IST

Ia dikenal luar biasa karena ukurannya yang tidak biasa dan semakin langka. Banyak spesies tanaman dengan organ berbunga besar, seperti Amorphophallus titanum atau Titan Arum, memiliki kelompok kecil dari banyak bunga. (Kredit: Twitter)

Nama asli bunga itu adalah Rafflesia arnoldii – spesies tumbuhan berbunga dalam genus parasit Rafflesia. Ini adalah bunga individu terbesar di Bumi dan asli dari hutan hujan Sumatera dan Kalimantan.

Dalam sebuah kejadian langka, seorang pria Indonesia menemukan bunga terbesar di dunia saat trekking melalui hutan. Bunga karnivora juga disebut ‘bunga bangkai’ karena kemampuannya mencium bau seperti daging busuk untuk menarik serangga. Nama asli bunga itu adalah Rafflesia arnoldii – spesies tumbuhan berbunga dalam genus parasit Rafflesia. Ini adalah bunga individu terbesar di Bumi dan asli dari hutan hujan Sumatera dan Kalimantan. Di situs micro-blogging Twitter, ‘Now This’ membagikan klip pendek dari penemuan tersebut. Lihatlah bunga cantik yang “mekar hanya dalam dua hari”.

Bunga Rafflesia juga dikenal sebagai salah satu dari tiga bunga nasional Indonesia. Ia dikenal luar biasa karena ukurannya yang tidak biasa dan semakin langka. Banyak spesies tanaman dengan organ berbunga besar, seperti Amorphophallus titanum atau Titan Arum, memiliki kelompok kecil dari banyak bunga.

Keterangan dari klip tersebut mengungkapkan bahwa bunga Rafflesia hanya berbau seperti mayat yang membusuk ketika sedang mekar penuh. Judulnya juga berbunyi:

READ  Elon Musk mungkin memilih Indonesia sebagai pusat manufaktur Tesla di Asia, bukan India

“Seorang pria menemukan bunga langka ini saat berjalan melalui hutan Indonesia. Rafflesia Arnoldi adalah bunga terbesar di dunia dan hanya mekar selama satu atau dua hari. Ini bahasa sehari-hari dikenal sebagai bunga bangkai karena baunya yang menyengat selama pertengahan mekar.

Tumbuhan parasit langka ini kebanyakan hidup di bawah tanah dan dikatakan mekar hanya untuk satu hari. Keesokan harinya, bunga merah cerah jatuh dan mengeluarkan bau yang kuat mirip dengan daging yang membusuk, yang membantu tanaman menarik serangga. Tanaman menangkap serangga dan menyerap berbagai nutrisi yang ada. Bunga Rafflesia dapat tumbuh hingga diameter maksimum tiga kaki dan berat tujuh kilogram. Ada total 20 spesies bunga langka ini di dunia, banyak ditemukan di negara-negara dengan iklim tropis lembab seperti Malaysia dan Indonesia.

Baca semua Berita Buzz Terbaru Dan berita terbaru Di Sini