November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Politisi Taiwan Tolak Komentar China yang ‘Tidak Diinformasikan dan Diremehkan’ Elon Musk | Elon Musk

Politisi Taiwan menolak pernyataan Elon Musk, orang terkaya di dunia, bahwa Mengizinkan China menguasai pulau itu akan menyelesaikan sengketa lintas selatDia mendesaknya untuk menghormati keinginan rekan senegaranya Taiwan.

Usulan Musk “untuk menentukan wilayah administratif khusus untuk Taiwan Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times pada hari Sabtu, ia menyambut duta besar China untuk Amerika Serikat.

Duta Besar Chen Gang mengatakan bahwa “penyatuan kembali secara damai dan ‘satu negara, dua sistem’ adalah prinsip dasar kami untuk menyelesaikan masalah Taiwan… dan pendekatan terbaik untuk mencapai penyatuan kembali nasional.”

Pemerintah China mengklaim bahwa Taiwan adalah sebuah provinsi, dan telah mengancam akan mencaploknya secara paksa jika tidak dapat “disatukan” dengan daratan secara damai. Taiwan menegaskan bahwa itu adalah negara merdeka dan telah bersumpah untuk menolak segala upaya invasi atau pencaplokan.

Komentar Musk, yang ditawarkan tanpa perincian lebih lanjut, menyatukan lingkungan politik yang kontroversial di Taiwan dengan penolakan mereka.

“Kebebasan dan demokrasi Taiwan tidak untuk dijual,” kata duta besar de facto Taiwan untuk Amerika Serikat, Hsiao Bi-Kim.

“Setiap proposal permanen untuk masa depan kita harus ditentukan secara damai, bebas dari paksaan, dan menghormati keinginan demokratis rakyat Taiwan.”

Taiwan menjual banyak produk, tetapi kebebasan dan demokrasi kita tidak untuk dijual. Setiap proposal permanen untuk masa depan kita harus ditentukan dengan cara yang damai, bebas dari paksaan, dan menghormati keinginan demokratis rakyat Taiwan.

– Bikhim Hsiao (bikhim) 8 Oktober 2022

Dewan Urusan Daratan mengatakan Taiwan, yang memiliki produsen semikonduktor terbesar di dunia, telah bekerja dengan Tesla untuk waktu yang lama. Dewan mengatakan kepada Bloomberg Musk bahwa proposal Bloomberg “didasarkan pada kepentingan investasi untuk mengubah negara demokratis menjadi pemerintahan swasta.” Dia mengundang Musk untuk melihat bagaimana pasar bebas berkembang secara berbeda dari China yang otoriter.

Musk membuat proposalnya, yang dia yakini akan mencakup pengaturan “lebih lunak” dari Hong Kong, sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang dampak perselisihan yang melibatkan China pada pabrik Tesla-nya di Shanghai, yang dikatakan telah menghasilkan sekitar setengah dari yang terakhir. pasokan global mobil Tesla tahun ini. Dia mengatakan konflik atas Taiwan “tak terhindarkan” dan ekonomi global akan terpengaruh hingga 30%.

Mantan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou mengatakan: “Pendapat Elon Musk berarti ‘satu negara, dua sistem.'” Saya tidak dapat menerimanya.”

Kandidat untuk pemilihan walikota Taipei yang akan datang, yang sering dilihat sebagai saluran untuk calon presiden masa depan, juga mengkritik Musk.

Chen Shih-chung, seorang kandidat dari Partai Progresif Demokratik yang berkuasa, mengatakan komentar Musk “tidak dipikirkan dengan matang dan diremehkan dan dapat mempengaruhi keamanan nasional kita.”

“Elon Musk membuat perubahan revolusioner melalui Tesla dan SpaceX, dia bahkan membantu Ukraina melawan kediktatoran Rusia melalui Starlink,” katanya, merujuk pada ketersediaan Internet satelit untuk Musk di Ukraina. “Saya meminta Elon untuk menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi yang sama terkait dengan Taiwan.”

Chiang Wan – Lawan Chen dari Partai Kuomintang yang nasionalis mengatakan Republik China (nama resmi Taiwan) adalah negara yang merdeka dan berdaulat.

Mantan menteri Lin Xia Long menuduh Musk “haus akan pasar China”.

“Musk berdagang dengan Setan dan kami tidak akan terpengaruh oleh kata-katanya.” Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa Musk tahu bahwa proposal semacam itu akan menempatkan Taiwan di posisi yang sama dengan Hong Kong atau Tibet.

Beijing telah menyarankan akan memerintah Taiwan di bawah rezim yang sama dengan Hong Kong, dan Taiwan telah berjanji untuk menjaga beberapa kebebasan, tetapi hanya sedikit di pulau itu yang berpikir demikian.

Sebagian besar warga Taiwan menolak gagasan persatuan dengan China, dan semakin banyak orang yang mendukung kemerdekaan penuh.

Politisi Taiwan menunjuk tindakan keras Beijing terhadap perbedaan pendapat dan perbedaan pendapat di Hong Kong, yang baru mencapai separuh jalan dari “otonomi tingkat tinggi” yang dijanjikan selama 50 tahun sebagai bukti bahwa mereka tidak akan tetap bebas.

Helikopter militer China terbang di atas Pulau Pingtan, salah satu titik terdekat ke Taiwan di daratan China
China meluncurkan latihan militer besar-besaran di lepas pantai Taiwan setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi pulau itu pada bulan Agustus Foto: Hector Retamal/AFP/Getty Images

Ancaman Beijing terhadap Taiwan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Agustus, tentara Partai Komunis Taiwan mengepung Taiwan dan melakukan latihan tembak-menembak sebagai tanggapan atas kunjungan Presiden Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan. Para pejabat China kemudian mengatakan bahwa latihan tersebut menunjukkan jenis blokade yang mungkin mereka gunakan suatu hari nanti terhadap Taiwan, bahwa orang-orang Taiwan akan menjalani “pendidikan ulang” setelah invasi, dan bahwa para pembela kemerdekaan akan dihukum berdasarkan hukum China.

Musk memicu kemarahan awal bulan ini dengan terjun lagi ke geopolitik, Ini menunjukkan bahwa Ukraina akan secara permanen menyerahkan Krimea ke Rusia Untuk membawa perdamaian ke konflik yang dipicu oleh invasi Rusia pada bulan Februari.

Tesla memiliki Sebelumnya dituduh mengabaikan pelanggaran hak asasi manusia di Tiongkoksetelah membuka showroom di Xinjiang pada bulan Januari.

Musk juga mengatakan dalam wawancara bahwa Beijing telah meminta jaminan darinya bahwa dia tidak akan menawarkan layanan Starlink di China. Beijing bersekutu erat dengan Rusia.

Pelaporan tambahan oleh Chi Hui Lin

READ  Menteri Pakistan: Negara-negara kaya berutang kompensasi kepada negara-negara yang menghadapi bencana iklim Pakistan