September 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Polisi mengatakan jumlah korban tewas akibat gempa Papua Nugini meningkat menjadi tujuh orang

Polisi mengatakan jumlah korban tewas akibat gempa Papua Nugini meningkat menjadi tujuh orang

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

SYDNEY (Reuters) – Korban tewas akibat gempa “besar” yang melanda Papua Nugini pada Minggu telah meningkat menjadi tujuh, komisaris polisi Papua Nugini mengatakan pada Minggu, menambahkan bahwa gempa itu terjadi jauh di bawah tanah, membatasi kerusakan.

Komisaris Polisi David Manning mengatakan dalam sebuah pernyataan Senin bahwa gempa berkekuatan 7,6 melanda Markham Valley pada pukul 9:46 pagi hari Minggu, diikuti oleh gempa berkekuatan 5,0 skala Richter 70 kilometer utara satu jam kemudian. Baca lebih banyak

Ia mengatakan, dua gempa tersebut tercatat pada kedalaman 90 kilometer dan 101 kilometer di bawah tanah.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Dia mengatakan kerusakan parah pada bangunan, jalan dan tanah longsor dilaporkan terjadi di provinsi Morobi, Dataran Tinggi Timur dan Madang.

“Sayangnya, tujuh orang dipastikan tewas akibat longsor ini. Tiga di Kecamatan Kaboom, tiga di Kota Wau, Provinsi Morobi dan satu di Pantai Rai, Provinsi Madang,” katanya.

“Ini adalah gempa besar, tetapi terjadi jauh di bawah tanah, yang berarti kerusakannya lebih kecil daripada jika pusat gempa lebih dekat ke permukaan,” tambahnya.

Maskapai penerbangan, Manolos Aviation, telah mengorganisir evakuasi medis dari desa Kumpul di wilayah Kaboom.

“Setengah dari gunung hilang,” kata Iriberi-Zorinuk, petugas hubungan masyarakat Manulos Airlines, yang berada di lokasi kecelakaan di Kumpul.

Pusat komando nasional telah didirikan oleh pemerintah, dan hotline COVID-19 telah ditugaskan kembali kepada publik untuk memberikan informasi tentang kerusakan akibat gempa.

Manning mengatakan jaringan listrik regional, kabel internet, jalan dan jalan raya rusak.

READ  Kemarahan meningkat di antara penduduk Shanghai yang terkunci saat kota melaporkan lebih banyak kematian akibat COVID

Dia mengatakan bahwa di provinsi Dataran Tinggi Timur, Universitas Goroka telah rusak dan cedera dilaporkan kepada mahasiswa. Insinyur sedang menilai kerusakan Bendungan Yonki yang menyebabkan pemadaman listrik.

Dia mengatakan bahwa di provinsi Madang, ada banyak infeksi karena bangunan dan rumah rusak, dan satu kematian dilaporkan di Pantai Rai.

Dia memperingatkan bahaya gempa susulan.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Kirsty Needham dan Lewis Jackson di Sydney; Diedit oleh Ana Nicholas da Costa

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.