Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Petualangan Stockhausen dalam Ruang dan Waktu di Gudang Senjata

Petualangan Stockhausen dalam Ruang dan Waktu di Gudang Senjata

Lingkaran cahaya elips yang lembut dan terfokus melayang melalui ruang latihan Park Avenue Armory yang luas pada suatu pagi baru-baru ini, di atas ruang melingkar yang dirancang untuk menghilangkan rasa tempat dan waktu.

Di tengahnya adalah Kathinka Basvier, janda komposer Karlheinz Stockhausen, yang menampilkan musik elektroniknya di konsol. Pierre Audi, direktur teknis Gudang Senjata, duduk di dekatnya, jelas senang dengan pemandangan di sekitarnya. Di kanan dan kirinya, layar video berbentuk unik saling berhadapan melintasi ruang melingkar yang dipenuhi lampu yang bergerak dan berubah warna saat sutradara Urs Schonebaum berbicara melalui headset sambil mengendarai sepeda motor.

Setelah jeda singkat, Schoenebaum menunjukkan berbagai elemen: dari kegelapan dan keheningan muncul suara-suara menakutkan yang bergerak bebas melintasi ruang dari pengeras suara yang tak terlihat; Video-video tersebut dipenuhi dengan musik, kecerahan, dan perubahan lampu, menciptakan ilusi kekosongan di luar lingkaran. Menjadi sulit untuk melacak menit-menit yang berlalu. Mungkin pagi musim semi yang indah di luar adalah dunia lain.

Inilah efeknya “Cahaya batin.” Pementasan musik “Licht” milik The Armory, siklus tujuh opera Stockhausen yang besar dan berat yang ditulis dari akhir 1970-an hingga awal 2000-an. Karya-karya ini menantang penafsiran sederhana dan bentuk konvensional, dan pada gilirannya membahas, dengan cara yang sangat komikal dan luhur, pertentangan kosmis antara yang baik dan yang jahat, dengan drama yang intim dan politik global, dengan hakikat musik itu sendiri.

Di Armory, pendengar akan mendengarkan lima lagu elektronik yang merupakan sebagian kecil dari siklus 29 jam, namun itu pun akan menjadi signifikan. Pertunjukan tersebut akan dilakukan selama dua malam, dimulai pada hari Rabu, atau sebagai maraton satu hari bagi mereka yang ingin tenggelam dalam suara Stockhausen, yang meninggal pada tahun 2007 dan memberikan pengaruh pada orang-orang seperti Kraftwerk dan Björk.

READ  Dengan konfirmasi Fallout Season 2, kita tahu bahwa setidaknya satu monster akan melakukan debutnya

Dalam konteks ini, kata Basvier, orang dapat “benar-benar menyelami musik, bersantai, dan menemukannya di ruang angkasa.”

“Inside Light” adalah adaptasi dari produksi yang jauh lebih besar “Aus Licht” atau “From Light,” rekap “Licht” berdurasi tiga hari 15 jam yang diputar di Holland Festival di Amsterdam lima tahun lalu. (Naxos akan merilis rekaman video pada musim semi 2025.)

Produksi ini merupakan pengalaman transformatif bagi semua yang terlibat. Dan itu dia banyak Orang-orang yang terlibat: Pertunjukan tersebut melibatkan ratusan musisi, kebanyakan dari mereka adalah pelajar yang belajar “Licht” dengan Pasveer sebagai program gelar master. Pada satu titik, permainan “Helicopter String Quartet” melibatkan pemain yang bekerja sama dari empat helikopter yang terbang di atas kota.

Basvier mengatakan dia telah mendengar dari orang-orang yang hidupnya telah diubah oleh Aus Licht, termasuk, katanya, sebuah keluarga yang akan melakukan perjalanan ke Gudang Senjata dari Jerman. Bagi Audi, yang mengarahkan produksi Amsterdam dan membuat koreografi versi New York, tanggapan tersebut tidak mengejutkan.

“Apakah Anda tua, muda atau berapa pun usianya, ini untuk Anda,” katanya. “Ini menentang tren dan mode, dan, seperti Wagner, memiliki otoritas karena berasal dari jiwa mendalam komposer dan dengan demikian terhubung dengan jiwa pendengar.”

Di Amsterdam, bagian musik elektronik dari “Licht”, termasuk delapan saluran yang besar “Paduan Suara Tak Terlihat” Itu disajikan sebelum dan sesudah pertunjukan live untuk “pendengar setia”. Penonton diizinkan untuk berjalan-jalan dan mengeksplorasi bagaimana skor yang dirancang secara spasial berubah tergantung di mana mereka berdiri. “Pergerakan suara bagi Stockhausen sama pentingnya dengan ritme dan timbre,” kata Basvier. “Dia mempunyai kutipan yang sangat indah, yaitu: ‘Setiap kali kita mendengar suara, kita berubah.’”

READ  Peringkat TV Kamis, 28 September 2023 - The Hollywood Reporter

Bagi Schönebohm, pertunjukan di Amsterdam sangat istimewa karena tidak mungkin ditiru secara finansial dan logistik. “Sungguh luar biasa bisa membawa kenangan sekali seumur hidup ini bersama saya,” katanya.

Namun, tim Aus Licht, yang juga mencakup desain video dasar oleh Robbie Voigt, ingin proyek tersebut berlanjut dalam beberapa bentuk. Oleh karena itu, Audi hanya memprogram musik elektronik untuk festival Aix-en-Provence edisi 2020 di Prancis, di mana ia menjabat sebagai Direktur Artistik. Namun, produksi ini mengikuti jejak segala sesuatu dalam seni pertunjukan selama tahun pandemi tersebut.

Namun ide tersebut tetap ada pada Audi, yang ingin membawa “Licht” ke Gudang Senjata, karena dia yakin ruangan tersebut dapat memberikan “lingkungan yang benar-benar sempurna untuk mendengarkan musik.”

Karena susunan speakernya, bentuk ruangan yang melingkar ditentukan, kata Schonebaum, yang merancang panggung baru untuk Gudang Senjata. Di dalam speaker ring, penonton dapat duduk, berdiri, berbaring atau berjalan-jalan di atas karpet hitam yang dikelilingi lampu yang menciptakan ilusi seolah-olah dinding dan langit-langit menghilang ke dalam ruang yang gelap. Stockhausen pernah menampilkan musiknya dalam kegelapan total untuk menghilangkan gangguan, tapi “orang menjadi paranoid,” kata Basvier, jadi dia mulai menampilkan gambar bulan dalam penampilannya.

Hasilnya, kata Basvier, adalah “suara yang besar dan imersif” yang mengungkapkan musik Stockhausen apa adanya: perluasan ide-ide sederhana yang luar biasa imajinatif. Stockhausen dikenang sebagai orang yang ramah dan lucu. Audi menggambarkannya sebagai orang yang bersinar dan musiknya sering disalahpahami. (Lichte sering kali tidak semodern karya rekan-rekannya di Sekolah Darmstadt seperti Pierre Boulez atau Luigi Nono.)

“Orang bilang itu terlalu intelektual atau vulgar,” kata O’Dea. “tidak seperti itu.”

READ  Co-creator 'Cobra Kai' membahas spin-off dari 'The Karate Kid' - Batas Waktu

Itu atletis, spiritual, fisik, pribadi. Schoenebaum juga menyambut baik generasi pendengar yang tumbuh dengan musik elektronik populer yang terinspirasi oleh Stockhausen.

Selamat datang juga merupakan suasana terakhir dari lagu “Inside Light”, kata Audi. Ia menambahkan: “Musik memiliki semacam dimensi keagungan dan kegelisahan, namun tidak membuat Anda cemas, karena di dalamnya selalu mengandung kebalikannya.” “Ini menawarkan dialog yang membangkitkan semangat dengan kecemasan, yang menurut saya sangat menarik dan teatrikal. Saya mendapati diri saya membayangkan sebuah cerita, karena pikiran Anda dapat berkelana dengan musik ini.”

Penonton hanya perlu terbuka terhadapnya. “Orang-orang yang akan berada di sini, yang dapat mendengarkan musik ini dengan udara dan ruang yang dibutuhkan, orang-orang tersebut akan sangat beruntung,” kata Basvier.