Agustus 13, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pertemuan ECB menit terakhir untuk mempertimbangkan kondisi pasar

Pertemuan ECB menit terakhir untuk mempertimbangkan kondisi pasar

Itu Bank Sentral Eropa Pertemuan kebijakan moneter yang tidak terjadwal diumumkan pada hari Rabu, pada saat imbal hasil obligasi untuk banyak pemerintah di seluruh zona euro melonjak.

“Mereka akan mengadakan pertemuan khusus untuk membahas kondisi pasar saat ini,” kata juru bicara bank sentral kepada CNBC.

Biaya pinjaman bagi banyak pemerintah telah meningkat tajam dalam beberapa hari terakhir. Faktanya, ukuran yang dikenal sebagai Barometer Ketakutan di Eropa – perbedaan antara imbal hasil obligasi Italia dan Jerman yang banyak diamati investor – telah melebar paling lebar sejak awal 2020 pada hari Rabu sebelumnya.

kembali pada Obligasi pemerintah Italia selama 10 tahun Itu juga melewati tanda 4% awal pekan ini.

Pergerakan di pasar obligasi, yang menyoroti ketegangan di antara investor, telah dikaitkan dengan kekhawatiran bahwa bank sentral akan memperketat kebijakan moneter lebih agresif dari yang diperkirakan sebelumnya.

Sementara itu, Bank Sentral Eropa pekan lalu gagal memberikan perincian tentang kemungkinan langkah-langkah untuk mendukung negara-negara zona euro yang berhutang banyak, menambah kekhawatiran di antara komunitas investasi.

Namun, setelah pengumuman Rabu, imbal hasil obligasi turun dan euro naik terhadap dolar Dolar Amerika. Itu euro Itu naik 0,7% pada $ 1,04 sebelum pasar dibuka di Eropa.

Saham bank Italia juga naik setelah pengumuman tersebut. Intesa San Paulo Dan Banco Bpm Keduanya naik 5% di awal jam perdagangan Eropa.

Reaksi pasar sejauh ini menunjukkan bahwa beberapa pelaku pasar mengharapkan Bank Sentral Eropa untuk mengatasi kekhawatiran tentang fragmentasi keuangan dan sudah memberikan kejelasan tentang tindakan apa yang mungkin diambil untuk mendukung negara-negara yang berhutang banyak.

Keputusan Bank Sentral Eropa untuk bertemu pada hari Rabu juga datang hanya beberapa jam sebelum keputusan suku bunga oleh AS Federal Reserve. Ekspektasi pasar adalah untuk kenaikan suku bunga sebesar 75 basis poinpeningkatan terbesar sejak 1994.

READ  Penutupan Kereta Api Pasifik Kanada mengancam rantai pasokan baru

Eskalasikan saat dibutuhkan?

Pengumuman Rabu datang setelah pidato oleh anggota bank sentral yang ditujukan untuk mengatasi beberapa volatilitas pasar baru-baru ini mengenai fragmentasi keuangan.

“Komitmen kami untuk Euro adalah alat anti-fragmentasi kami. Komitmen ini tidak ada batasnya. Rekam jejak kami dalam melakukan intervensi saat dibutuhkan mendukung komitmen ini.”

Salah satu momen paling menentukan dalam sejarah ECB terjadi pada 2012 ketika mantan Presiden Mario Draghi mengatakan bank sentral akan melakukan “apa pun yang diperlukan” untuk melindungi mata uang tunggal. Banyak juga yang melihat Bank Sentral Eropa mengalami kemajuan besar dan cepat setelah pandemi virus corona.

Fragmentasi keuangan adalah risiko bagi zona euro. Meskipun 19 anggota Zona Euro memiliki kemampuan keuangan yang berbeda, mereka berbagi mata uang yang sama. Dengan demikian, ketidakstabilan di satu negara dapat menyebar ke ibukota euro lainnya.

“Kami akan menanggapi keadaan darurat baru dengan alat yang ada dan berpotensi baru. Alat ini mungkin terlihat berbeda lagi, dengan keadaan, durasi, dan perlindungan yang berbeda untuk tetap kokoh dalam mandat kami. Tetapi tidak ada keraguan bahwa, jika perlu, kami dapat dan akan melakukannya. merancang dan menerapkan alat baru untuk mengamankan transmisi kebijakan moneter dan kemudian mandat utama kami untuk stabilitas harga, ”kata Schnabel pada hari Selasa.