Februari 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Perselisihan mengenai Kelereng Parthenon menggagalkan pembicaraan antara Sunak dari Inggris dan Mitsotakis dari Yunani  Berita politik

Perselisihan mengenai Kelereng Parthenon menggagalkan pembicaraan antara Sunak dari Inggris dan Mitsotakis dari Yunani Berita politik

Perdana Menteri Yunani menyatakan “kekecewaannya” karena Sunak membatalkan pertemuan mereka, dengan mengatakan bahwa dia menghindari pembicaraan mengenai sengketa marmer tersebut.

Percikan diplomatik muncul setelah Perdana Menteri Inggris tiba-tiba membatalkan pertemuan dengan Perdana Menteri Yunani yang dijadwalkan untuk membahas artefak yang telah lama disengketakan.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dijadwalkan bertemu pada hari Senin dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis yang sedang berkunjung, yang bermaksud untuk meningkatkan profil Kelereng Elgin, koleksi patung Yunani berusia 2.500 tahun yang Athena ingin agar Inggris dipulihkan.

Yunani menyatakan bahwa marmer, yang diambil diplomat Inggris Lord Elgin dari Parthenon pada awal abad kesembilan belas, telah dicuri, namun dibantah oleh Inggris.

Masalah ini telah menjadi sumber perselisihan antara kedua negara selama beberapa dekade.

Dalam sebuah pernyataan, Mitsotakis menyatakan “kekecewaannya” atas pembatalan pertemuan mereka pada menit-menit terakhir oleh Perdana Menteri Inggris, dan menuduhnya menghindari masalah tersebut.

Posisi Yunani dalam masalah jalur Parthenon sudah diketahui dengan baik. “Saya berharap saya mempunyai kesempatan untuk mendiskusikannya dengan mitra saya dari Inggris.”

Ia menambahkan, “Mereka yang percaya pada kebenaran dan kebenaran pendiriannya tidak pernah takut menghadapi argumen.”

Mitsukis dilaporkan menolak tawaran Inggris untuk bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Oliver Dowden.

Menanggapi pernyataan Mitsotakis, juru bicara Downing Street mengatakan: “Hubungan antara Inggris dan Yunani sangat penting,” mengutip kerja sama dalam NATO dan “menangani tantangan bersama seperti imigrasi ilegal” dan perang di Ukraina dan Timur Tengah.

“Wakil Perdana Menteri bersedia bertemu dengan Perdana Menteri Yunani untuk membahas masalah penting ini,” tambah juru bicara tersebut, tanpa menyebutkan masalah marmer.

Contoh Patung Parthenon, terkadang disebut di Inggris sebagai Kelereng Elgin, dipajang di British Museum di London, Inggris [File: Toby Melville/Reuters]

Perselisihan yang sudah berlangsung puluhan tahun

Patung-patung tersebut diambil dari Parthenon di Acropolis di Yunani pada awal abad ke-19 oleh diplomat Inggris Thomas Bruce, Earl of Elgin.

READ  Angela Merkel memecah keheningannya di Ukraina, menyebut perang Rusia 'barbar'

Inggris bersikeras bahwa mereka memperoleh Alkitab secara legal.

Menurut kantor berita Yunani ANA, mengutip sumber-sumber di pemerintahan Yunani, Perdana Menteri Inggris tampaknya kecewa dengan pernyataan yang dibuat oleh mitranya dari Yunani kepada BBC pada hari Minggu.

Dalam komentarnya, Mitsotakis mengibaratkan koleksi di British Museum seperti Mona Lisa yang dipotong setengahnya.

Sebuah sumber dari Partai Konservatif yang berkuasa di Inggris mengatakan kepada radio pada hari Senin bahwa “menjadi mustahil bagi pertemuan ini untuk dilaksanakan setelah adanya komentar mengenai Elgin Marbles sebelumnya.”

Pemerintah Inggris selalu mengesampingkan penyerahan kepemilikan patung marmer, yang mencakup sekitar setengah dari dekorasi sepanjang 160 meter yang menghiasi Parthenon.

Namun, Athena baru-baru ini mendorong kesepakatan yang akan mengembalikan patung-patung itu dengan semacam perjanjian pinjaman.

Financial Times melaporkan pekan lalu bahwa pemimpin oposisi Inggris Keir Starmer tidak akan menghalangi kesepakatan pinjaman yang “dapat diterima bersama” untuk membeli patung tersebut. Pertemuan antara Mitsotakis dan Starmer pada hari Senin berjalan sesuai rencana.

Namun juru bicara Sunak mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintah Inggris “tidak memiliki rencana untuk mengubah pendekatan kami, dan kami yakin hal itu akan terjadi.” [British] Museum adalah tempat” untuk marmer.