Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Perbandingan antara Google Pixel Fold dan Samsung Galaxy Z Fold 4

Perbandingan antara Google Pixel Fold dan Samsung Galaxy Z Fold 4

Google mengambil satu halaman dari buku Samsung dan menjadikan dirinya ponsel yang dapat dilipat. Faktanya, Google Pixel Fold yang baru diumumkan, yang ditampilkan di Google I/O 2023 bersama Pixel 7A dan Pixel Tablet, terlihat seperti meminjam beberapa bagian dari Samsung Galaxy Z Fold 4. Lipatannya memiliki kesamaan. Agak luar biasa karena Google memilih cara filosofi desain tablet – terbuka – terbuka dan mulia harga awal $1.799,99. Namun, ketika Anda melihat lebih dekat, Anda akan melihat beberapa perbedaan mencolok.

Di sini, kami mengadu dua flagships yang dapat dilipat satu sama lain untuk membandingkan spesifikasi dan fiturnya di atas kertas. Sementara Samsung mengulang Galaxy Fold keempat, Google akan menjadi pemain pertama di dunia ponsel lipat saat Pixel Fold diluncurkan pada akhir Juni. Tapi bisakah Google benar-benar bersaing dengan produk generasi pertama?

Mari kita lihat bagaimana perilakunya, setidaknya di atas kertas, hingga kita memiliki kesempatan untuk meninjau Pixel Fold baru secara lengkap.

Google Pixel Fold vs. Samsung Galaxy Z Fold 4: Permainan inci dan rasio aspek

Celah antara Pixel Fold yang tertutup hampir tidak terlihat.
Foto oleh Dan Seifert/The Verge

Hampir seolah-olah Galaxy Z Fold 4 memiliki celah paha yang paling tidak diinginkan.
Foto oleh Allison Johnson/The Verge

Beberapa hal terbesar yang membedakan ponsel Android ini adalah ukuran dan proporsinya. Galaxy Z Fold 4 awalnya cukup tinggi dan ramping, dan berubah menjadi perangkat yang hampir berbentuk persegi. Di sisi lain, Pixel Fold memiliki layar luar yang lebih kecil dan lebih lebar — yang memberikan nuansa ponsel standar sebelum Anda membukanya. Namun, begitu dibuka, Pixel memiliki posisi yang lebih lebar dan jongkok.

READ  Ponsel Google Pixel 6 tidak dapat kembali dari Android 13 ke Android 12

Tampilan internal mereka adalah layar OLED 7,6 inci, tetapi perbedaan rasa dan ukurannya tergantung pada proporsi tersebut. Rasio aspek Pixel Fold 6:5 memberikan layar luar 5,8 inci yang lebih besar, sedangkan rasio aspek Galaxy Z Fold 21,6:18 menghasilkan layar sampul 6,2 inci yang lebih tinggi. Ukurannya sekitar setengah inci lebih besar, tetapi Pixel Fold terlihat lebih berguna di luar, seperti ponsel biasa.

Bezel berhari-hari, ya, tapi selain dari sudut aneh itu, tampilan eksternal Pixel Fold terlihat cukup tradisional.
Foto oleh Dan Seifert/The Verge

Seperti yang dikatakan David Pearce kita sendiri dalam sebuah file Episode terakhir dari virgacast“Ketika Anda menutup Galaxy Fold, itu pada dasarnya berubah menjadi remote control TV – sepanjang 11 kaki.”
Foto oleh Allison Johnson/The Verge

Berada di departemen ukuran sejenak, Galaxy Z Fold 4 sedikit lebih ramping – tetapi tidak saat dilipat. Pixel Fold memiliki celah yang cukup sempit di antara kedua bagiannya yang terlipat, yang membantu, setidaknya di foto, terlihat cukup tampan (untuk Pixel).

Sekarang, untuk spesifikasi utama lainnya, dua faktor penentu terbesar bagi kebanyakan orang yang membeli ponsel baru adalah kamera dan masa pakai baterai. Sementara kinerja kamera adalah sesuatu yang di luar spesifikasi, tidak dapat disangkal bahwa Galaxy Z Fold 4 memiliki sensor utama yang jauh lebih besar – yang biasanya berarti kinerja cahaya rendah yang lebih baik. Namun dari segi daya tahan baterai, Pixel Fold memiliki kapasitas lebih besar yakni 4.821mAh. Tentu saja, jika pengoptimalan perangkat lunak tidak baik, fitur itu mungkin tidak sehebat kelihatannya.

Untuk fitur lainnya, kedua ponsel ini sangat berbeda di bagian prosesor; Galaxy menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1, sedangkan Pixel Fold menggunakan Tensor G2 milik Google (chip yang sama dengan generasi Pixel 7). Kontras lain yang mencolok antara keduanya adalah dukungan stylus Galaxy Z Fold 4, karena kompatibel dengan Samsung S-Pen Fold Edition (pembelian tambahan $50) sedangkan Pixel Fold hanya untuk jari Anda. Selain perbedaannya, ponsel ini memiliki banyak kesamaan dalam hal port, lokasi sensor sidik jari (baik di tombol power), tahan air, RAM, dan kapasitas penyimpanan mentah.

READ  Pembangun kota SteamWorld Build diumumkan untuk PS5, Xbox Series, PS4, Xbox One, Switch, dan PC

Berikut ulasan lebih dalam tentang semua spesifikasi kedua perangkat secara berdampingan:

apa yang kamu Menurutnya? Apakah Pixel Fold terlihat seperti upaya pertama yang menjanjikan dari Google? Apakah Anda ingin menurunkan harganya sebesar $1.800, atau apakah Anda lebih suka menjual Galaxy Z Fold 4? Ponsel lipat andalan Samsung telah mendapatkan bagian diskonnya, meskipun tidak ada kesepakatan yang lebih konsisten dan lebih dalam dari yang kami lihat pada generasi Pixel 7. Mungkin Pixel Fold akan mengikutinya. Beri tahu kami pendapat Anda di komentar.

Terkait: