Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Perang Antara Rusia dan Ukraina: Berita Terbaru – The New York Times

Perang Antara Rusia dan Ukraina: Berita Terbaru – The New York Times

Seorang jenderal penting Rusia yang ditahan menyusul pemberontakan yang dilakukan oleh taipan tentara bayaran Yevgeny Prigozhin telah dibebaskan, menurut para pejabat AS dan seseorang yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia.

Jenderal Sergei Surovikin, yang dipandang sebagai sekutu Prigozhin dan mendapat julukan “Jenderal Armageddon” karena taktik brutalnya di Suriah, menghilang dari pandangan publik pada bulan Juni setelah pemimpin tentara bayaran dan anggota Grup Wagnernya bergerak melawan Rusia. kepemimpinan militer.

Para pejabat Amerika mengatakan sang jenderal sudah mengetahui sebelumnya mengenai pemberontakan tersebut, dan beberapa jam setelah pemberontakan itu dimulai, pihak berwenang Rusia merilis sebuah video yang memperlihatkan Jenderal Surovikin, yang tampak tidak nyaman, menyerukan para pejuang Wagner untuk mundur.

Para pejabat AS mengatakan bahwa meskipun Jenderal Surovikin tampaknya telah dibebaskan dari tahanan resmi, masih belum jelas apakah masih ada pembatasan terhadap pergerakannya atau pembatasan lain yang diberlakukan oleh otoritas Rusia.

Juru bicara Kremlin Dmitry S. berkata: Peskov mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers pada hari Selasa bahwa dia tidak dapat berkomentar apakah Jenderal Surovikin sedang diselidiki.

Jenderal Surovikin dibebaskan beberapa hari setelah Prigozhin meninggal dalam kecelakaan pesawat akhir bulan lalu, kata orang yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia, yang berbicara tanpa menyebut nama, seperti pejabat Amerika, untuk membahas topik sensitif.

Sumber tersebut mengatakan bahwa sang jenderal masih mempertahankan pangkatnya hingga saat ini dan secara teknis masih berstatus perwira militer, namun ia tidak lagi memiliki prospek karier. Kantor berita negara Rusia melaporkan bulan lalu bahwa Jenderal Surovikin telah secara resmi dicopot dari jabatan komandan Angkatan Udara Rusia.

Pada hari Senin, Jenderal Surovikin muncul untuk pertama kalinya sejak pemberontakan bulan Juni dalam sebuah foto yang diposting di media sosial oleh outlet berita yang dikelola oleh tokoh berita Rusia Ksenia Sobchak. Jenderal tersebut digambarkan mengenakan pakaian sipil, mengenakan kacamata hitam, topi dan kemeja berkancing, berjalan di luar di samping istrinya di depan tembok yang ditutupi tanaman ivy. Lokasinya tidak langsung jelas dari foto.

READ  Hari Bumi: Apa yang terjadi di Palestina pada tahun 1976? | Berita perang Israel di Gaza

Sebuah postingan di saluran aplikasi perpesanan Telegram yang terhubung dengan Sobchak mengatakan: “Jenderal Sergei Surovikin telah keluar: dalam keadaan hidup dan sehat, di rumah bersama keluarganya di Moskow.”

Beberapa jam setelah dimulainya Pemberontakan Wagner, pihak berwenang Rusia menerbitkan klip video Genrak Surovikin yang menyerukan para pejuang untuk mundur.kredit…Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia, melalui The Associated Press

Ditulis oleh Alexei A. Venediktov, yang memimpin stasiun radio liberal Echo of Moscow hingga Kremlin menutupnya tahun lalu, mengatakan pada Senin malam bahwa Jenderal Surovikin ada di rumah bersama keluarganya.

“Dia sedang cuti dan bertugas di Kementerian Pertahanan,” kata Venediktov di saluran Telegramnya.

Dari Oktober hingga Januari, Jenderal Surovikin adalah perwira tinggi Rusia yang bertanggung jawab atas operasi di Ukraina. Dia mengawasi penarikan pasukan Rusia dari Kherson dan peralihan ke strategi pertahanan, termasuk membangun tembok pertahanan ekstensif yang dikenal sebagai “Garis Surovykin” yang menahan pasukan Ukraina dalam serangan balik mereka.

Tuan Prigozhin mengenal Jenderal Surovikin karena para pejuang Wagner pernah bertugas di Suriah bersama pasukan Rusia ketika dia menjadi panglima tertinggi di sana. Pemimpin tentara bayaran itu memuji penunjukan sang jenderal tahun lalu, menggambarkannya sebagai sosok legendaris dan komandan paling cakap di tentara Rusia.

Namun pada bulan Januari, Kremlin mengesampingkan Jenderal Surovikin dan menunjuk Kepala Staf Umum, Jenderal Valery V. Gerasimov, komandan yang mengawasi pasukan di Ukraina. Perubahan tersebut menandai awal hilangnya kekuasaan yang lebih luas bagi Prigozhin, yang segera berselisih dengan Jenderal Gerasimov dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei K. Shoigu, di mana pasukan Wagner menderita kerugian besar saat mencoba merebut kota Bakhmut di Ukraina.

READ  Laporan: Long-Covid membuat 2-4 juta orang Amerika keluar dari angkatan kerja

Ketegangan ini akhirnya mendorong Prigozhin melancarkan pemberontakan jangka pendek, yang menurutnya bertujuan untuk menggulingkan dua kepala pertahanan Rusia, bukan menggulingkan Presiden Vladimir Putin.

Ketika spekulasi mengenai keberadaan Jenderal Surovikin meningkat pada bulan Juli, seorang anggota parlemen senior yang mengepalai komite pertahanan parlemen Rusia mengatakan kepada seorang wartawan bahwa jenderal tersebut sedang “beristirahat.”

Tuan Prigozhin terbunuh pada tanggal 23 Agustus, ketika sebuah pesawat pribadi yang membawa dia dan para pemimpin Wagner lainnya dari Moskow ke St. Petersburg jatuh di wilayah Tver, Rusia. Para pejabat AS mengatakan mereka mencurigai ledakan di dalam pesawat yang menyebabkan kecelakaan itu.

Kremlin menggambarkan anggapan Barat bahwa Putin terlibat dalam acara tersebut sebagai “kebohongan mutlak”.

Valeria Safronova Berkontribusi pada laporan.