November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Penjelasan G20: Semua yang perlu Anda ketahui tentang KTT penting minggu ini | G20

Apa yang terjadi?

Pada hari Selasa, para pemimpin Kelompok 20 negara – ekonomi utama dunia – akan berkumpul di Bali, Indonesia untuk pertemuan puncak tahunan yang dibayangi oleh kehadiran Rusia selama perang di Ukraina. Terlepas dari pengunduran diri Presiden Vladimir Putin, menteri luar negeri veterannya, Sergei Lavrov, akan mewakili Rusia.

Kelompok Dua Puluh – terdiri dari 19 negara ditambah Uni Eropa – menyumbang hampir dua pertiga dari populasi dunia, 85% dari output ekonomi dunia dan 75% dari perdagangan dunia.

Pada 2022, ada 20 anggota dalam grup: Argentina, Australia, Brasil, Kanada, CinaPrancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Korea Selatan, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris Raya, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Apa isu-isu utama?

Selain pidato utama oleh para pemimpin dunia, serangkaian pembicaraan bilateral akan diadakan dengan latar belakang ketegangan global yang melibatkan Invasi Ukraina Dan dunia berikutnya Dampak ekonomiThe krisis iklimDan Program nuklir Korea Utara mendidihDan Ambisi global China yang berkembang.

Ini adalah pertemuan kelompok pemimpin terbesar sejak awal pandemi coronavirus, dan Indonesia – sebagai negara tuan rumah – telah menetapkan agenda yang berfokus pada pemulihan ekonomi dari pandemi, langkah-langkah kesehatan global, dan energi berkelanjutan.

Apa pertemuan utama yang harus diperhatikan?

Meskipun ini bukan pertemuan G20 yang ketat, Joe Biden dan mitranya dari Tiongkok Xi JinpingDi Bali pada hari Senin sore Untuk pertemuan tatap muka pertama mereka sebagai pemimpin. Biden – Yang Kini Memiliki Lebih Banyak Modal Politik Setelah hasil pemilihan paruh waktu AS – Dia mengatakan dia akan berusaha untuk menetapkan garis merah dalam hubungan AS-China yang akan memungkinkan persaingan dan koeksistensi. Hal ini juga diharapkan untuk memperingatkan invasi Taiwan, upaya untuk membatasi navigasi di Laut Cina Selatan.

READ  Pejuang sukarelawan Ukraina menggunakan tank yang disebut "Kelinci" melawan pasukan Rusia

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan Biden akan “cukup langsung dan langsung” dengan Xi dan mengharapkan hal yang sama sebagai balasannya. Para pejabat mengatakan akan mendorong China untuk mengendalikan sekutunya Korea Utara setelah serangkaian rekor uji coba rudal yang telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Pyongyang akan segera melakukan uji coba nuklir ketujuh.

Shi mungkin sedang tidak ingin membantu. Dia memasuki pertemuan yang didukung oleh perolehan masa jabatan ketiga yang bersejarah baru-baru ini, mengukuhkannya sebagai pemimpin Tiongkok paling kuat selama beberapa generasi.

Siapa yang akan pergi juga?

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak Dia juga pergi ke Bali, di mana dia menghadapi ujian diplomatik besar pertamanya. Dia diharapkan untuk fokus pada invasi Rusia ke Ukraina secara langsung dan menekankan dukungan Kyiv. “Kami akan memanggil rezim Putin dan mengungkapkan penghinaannya terhadap jenis kerja sama internasional dan penghormatan terhadap kedaulatan yang diwakili oleh forum-forum seperti G20,” kata Sunak dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, diundang untuk berbicara hampir di KTT.

Biden dan Sunak .will Pertemuan tatap muka untuk pertama kalinya Di G20 pada hari Rabu ketika diplomat AS meningkatkan tekanan untuk menyetujui kesepakatan tentang Irlandia Utara Protokol untuk Peringatan 25 Tahun Perjanjian Jumat Agung tahun depan. Biden telah mengindikasikan dia akan mengunjungi Irlandia Utara untuk merayakan ulang tahun, dan telah lama ingin melindungi perjanjian tersebut.

Perdana Menteri Inggris juga dijadwalkan mengadakan pertemuan empat mata dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Pemimpin dunia lainnya yang akan hadir antara lain Presiden Indonesia Joko Widodo, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Presiden Korea Selatan Yun Suk-yul, Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Perancis Presiden Emmanuel Macron dari selatan. Presiden Afrika Cyril Ramaphosa, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

READ  Dan Yergin mengatakan Asia akan menjadi "pasar virtual" untuk minyak Rusia

Presiden Brasil yang akan keluar Jair Bolsonaro tidak akan hadir.

Uni Eropa akan diwakili oleh Ursula von der Leyen dan Charles Michel.

Apakah kita akan mendapatkan foto grup yang memalukan tahun ini?

Tidak, ada kemauan Bukankah itu seharusnya menjadi “foto keluarga” resmi para pemimpin dunia? Saat itu mereka bertemu karena kekesalan yang meluas dengan kehadiran Rusia di puncak.