Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gempa Nepal menewaskan sedikitnya 69 orang

Gempa Nepal menewaskan sedikitnya 69 orang

Cahaya menerangi jalan di antara gugusan bangunan tempat tinggal di Kathmandu, Nepal pada 8 November 2022. REUTERS/Navish Chitrakar/File Foto Memperoleh hak lisensi

KATHMANDU (Reuters) – Sedikitnya 69 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka di Nepal pada Jumat ketika gempa bumi kuat melanda distrik Jajarkot barat, dan para saksi mata mengatakan rumah-rumah di daerah itu runtuh dan bangunan-bangunan hingga New Delhi, India. batu.

Pusat Seismologi Nasional Nepal mengatakan gempa tersebut berkekuatan 6,4 skala Richter, namun Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ) kemudian menurunkan skalanya menjadi 5,7 dan Survei Geologi AS memperkirakan berkekuatan 5,6 skala Richter.

Pejabat setempat mengatakan tidak mungkin menjalin kontak di daerah dekat pusat gempa di Jajarkot, wilayah pegunungan dengan populasi 190.000 jiwa dan desa-desa yang tersebar di perbukitan terpencil.

Harish Chandra Sharma, seorang pejabat distrik di Jajarkot, mengatakan sedikitnya 34 orang tewas di distriknya, sementara pejabat polisi Namraj Bhattarai mengatakan setidaknya 35 orang dilaporkan di distrik Rukum Barat yang berdekatan.

“Tim penyelamat dan pencarian harus membuka jalan yang diblokir oleh tanah longsor kering akibat gempa untuk mencapai daerah yang terkena dampak,” kata Bhattarai.

Pihak berwenang belum bisa menjangkau kawasan Ramidanda, tempat pusat gempa berada.

Perdana Menteri Pushpa Kamal Dahal mengungkapkan kesedihan mendalam atas hilangnya nyawa dan harta benda dalam gempa bumi tersebut dan memerintahkan badan keamanan untuk segera memulai operasi penyelamatan dan bantuan, dalam sebuah postingan di situs media sosial.

Suresh Sonar, seorang pejabat di distrik Jajarkot, mengatakan kepada Reuters melalui telepon bahwa sedikitnya 20 orang dibawa ke rumah sakit karena luka-luka.

“Saya sendiri terbuka,” katanya kepada Reuters, “Kami mengumpulkan rinciannya, namun karena cuaca dingin dan malam hari, sulit mendapatkan informasi dari daerah terpencil.”

READ  Invasi Rusia ke Ukraina untuk meningkatkan tekanan pada pasokan chip Amerika

Pusat Seismologi Nasional di Nepal mengatakan gempa terjadi pada pukul 23:47 (1802 GMT) di wilayah Jajarkot, provinsi Karnali. Jajarkot terletak sekitar 500 kilometer sebelah barat ibu kota, Kathmandu.

Rekaman yang dipublikasikan oleh media lokal menunjukkan fasad rumah bertingkat yang bobrok, dengan perabotan besar berserakan.

Warga mengatakan getarannya terasa di daerah sekitar dan hingga Kathmandu.

“Rumah-rumah roboh. Orang-orang berhamburan keluar rumah. Saya berada di tengah kerumunan warga yang ketakutan. Kami berusaha mencari rincian kerusakan yang terjadi,” kata pejabat polisi Santosh Roka kepada Reuters melalui telepon.

Saksi Reuters mengatakan gempa mengguncang gedung-gedung hingga New Delhi, sekitar 600 km jauhnya. Video di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, menunjukkan orang-orang berlarian ke jalan sementara beberapa bangunan dievakuasi.

Pada tahun 2015, sekitar 9.000 orang tewas dalam dua gempa bumi yang melanda Nepal. Seluruh kota, kuil berusia berabad-abad, dan situs bersejarah lainnya hancur menjadi puing-puing, dengan lebih dari satu juta rumah hancur, dengan kerugian perekonomian sebesar $6 miliar.

(Laporan oleh Aditya Kalra, Gopal Sharma, Shivam Patel, Jnaneshwar Rajan dan Jahnavi Nedumulu – Persiapan oleh Mohammed untuk Buletin Bahasa Arab – Persiapan oleh Mohammed untuk Buletin Bahasa Arab) Penyuntingan oleh Chris Reese, Jonathan Oatis, Cynthia Osterman, David Gregorio dan Sandra Maler

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru