Desember 9, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pengukur inflasi utama mencapai dua digit untuk Februari

Pengukur inflasi utama mencapai dua digit untuk Februari

Indeks Harga Produsen AS, yang melacak biaya rata-rata produsen AS untuk barang dan jasa mereka dari waktu ke waktu, naik 10% untuk periode 12 bulan yang berakhir pada Februari, tidak disesuaikan dengan fluktuasi musiman, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja.

Laju kenaikan harga itu sedikit lebih cepat dari yang diperkirakan para ekonom.

Selama periode satu bulan, harga produsen naik 0,8% di Februari, disesuaikan dengan musim, sedikit di bawah ekspektasi dan di bawah level Januari.

Di mana harga naik?

Sebagian besar kenaikan harga di bulan Februari disebabkan oleh kenaikan biaya energi. Harga minyak global naik pada akhir Februari dengan invasi Rusia ke Ukraina. Sejak awal tahun, harga minyak AS telah meningkat sekitar 30%.

Hampir 40% dari kenaikan harga Februari untuk produk jadi adalah Karena ke Kenaikan harga gas, Sebagai contoh. kehabisan tenaga, Mobil dan truk Produk susu juga menjadi lebih mahal.

Harga produk yang dijual ke perusahaan lain, seperti suku cadang, juga naik – sebagian besar karena biaya energi.

Dengan demikian, abstraksi biaya energi melukiskan gambaran inflasi harga produsen yang lebih terkendali.

Tanpa energi, makanan dan jasa komersial, indeks harga produsen naik 0,2% pada Februari – terutama lebih rendah dari Januari dan terendah sejak November 2020 – dan 6,6% selama periode 12 bulan, juga turun dari awal tahun.

Namun, krisis harga energi tidak akan hilang dalam waktu dekat, karena situasi geopolitik belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda.

Ini berarti bahwa biaya energi akan naik untuk periode yang lebih lama, yang akan menyebabkan harga pangan lebih tinggi.

“Konflik di Ukraina diperkirakan akan mempengaruhi harga pangan secara global selama musim semi, dengan Rusia dan Ukraina menyumbang 14% dari produksi gandum dan 30% dari ekspor global,” kata Kurt Rankin, seorang ekonom di Dewan Nasional Palestina.

READ  Musk mengatakan dewan Twitter hampir tidak memiliki stok. Berikut perbandingannya dengan Tesla.

Sementara itu, Amerika masih berurusan dengan masalah rantai pasokan.

“Ketidakseimbangan penawaran dan permintaan ini akan terus memberikan tekanan pada harga pangan bagi produsen, dan oleh karena itu rumah tangga Amerika, dalam beberapa bulan mendatang,” kata Rankin.