November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sony PlayStation 5 Pro Targetting Late 2023-2024 Launch, Pricing at Around $600-$700 Premium 8K Gaming Segment

Pengontrol PS5 Sony yang diperbarui hadir dengan 6nm AMD Oberon Plus SOC, memberikan suhu yang lebih rendah dan mengkonsumsi lebih sedikit daya

Sony baru-baru ini membuat pembaruan yang bagus untuk konsol PS5-nya dengan varian baru yang dikenal sebagai CFI-1202 yang menawarkan input suhu dan daya yang lebih rendah. Konsol baru ini lebih ringan, berjalan lebih dingin, dan menggunakan lebih sedikit daya, semua berkat SOC AMD Obreon Plus yang diperbarui yang mendukung node proses TSMC 6nm.

Varian konsol PS5 “CFI-1202” Sony menghadirkan teknologi SOC AMD Oberon Plus 6nm: ukuran die yang lebih kecil, daya yang lebih rendah, dan pengoperasian pendingin

di menangis baru-baru ini Video tersebut diposting oleh Austin Evans, Techtuber memperhatikan bahwa pengontrol Sony PS5 dikirimkan dalam varian baru yang lebih ringan, lebih dingin, dan lebih hemat daya. Varian PS5 baru ini diberi nama “CFI-1202” dan sekarang kita dapat mengetahui mengapa varian ini lebih baik daripada varian PS5 asli Sony (CFI-1000/CFI-1001).

outlet teknologi, AngistronomiDalam eksklusivitasnya, ditegaskan bahwa Sony PS5 (CFI-1202) hadir dengan SOC AMD Oberon yang disempurnakan yang dikenal sebagai Oberon Plus yang menggunakan proses TSMC N6 (6nm). TSMC telah membuatnya sehingga node proses 7nm (N7) mereka adalah aturan desain yang kompatibel dengan node EUV (N6) 6nm. Hal ini memungkinkan mitra TSMC untuk dengan mudah memigrasi chip 7nm yang ada ke node 6nm tanpa mengalami komplikasi besar. Node pemrosesan N6 memberikan peningkatan 18,8% dalam kepadatan transistor dan menurunkan konsumsi daya, yang pada gilirannya menurunkan suhu.

AMD 6nm Oberon Plus SOC untuk konsol PS5 Sony yang diperbarui 15% lebih kecil dari 7nm Oberon SOC (Kredit gambar: Angstronomics)

Inilah sebabnya mengapa konsol Sony PS5 baru lebih ringan dan memiliki pendingin yang lebih kecil dibandingkan dengan berbagai varian pemutaran. Tapi bukan itu saja, kita juga bisa melihat tangkapan layar dari chip SOC AMD Oberon Plus baru yang duduk di sebelah SOC Oberon 7nm. Ukuran die baru adalah sekitar 260 mm 2 yang merupakan pengurangan 15% dalam ukuran die dibandingkan dengan operon SOC 7 nm (~ 300 mm 2). Keuntungan lain dari pindah ke 6nm adalah jumlah chip yang dapat diproduksi pada satu chip. Outlet tersebut melaporkan bahwa setiap chip SOC Oberon Plus dapat menghasilkan sekitar 20% lebih banyak chip dengan biaya yang sama.

READ  Kesepakatan LG OLED Black Friday terbaik tahun 2022: Kesepakatan Awal LG OLED Smart, 4K dan 8K dibagikan oleh Deal Stripe

Artinya, tanpa mempengaruhi biayanya, Sony dapat menawarkan lebih banyak chip Oberon Plus untuk digunakan di PS5 dan itu dapat mengurangi kekurangan pasar yang dihadapi konsol saat ini sejak diluncurkan. Dilaporkan juga bahwa TSMC akan menghapus SOC Oberon 7nm secara bertahap di masa mendatang dan akan beralih sepenuhnya ke SOC Oberon Plus 6nm yang menghasilkan 50% lebih banyak chip per chip. Microsoft juga diharapkan menggunakan node proses 6nm untuk Arden SOC yang diperbarui di masa mendatang untuk konsol Xbox Series X-nya.

sumber berita: Angistronomi

Produk yang disebutkan dalam posting ini