Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pengadilan Brasil memberikan perlindungan kebangkrutan kepada pengecer Americana

SAO PAULO (Reuters) – Pengadilan Rio de Janeiro pada Kamis menerima pengecer Brasil Americana. (AMER3.SA) Itu mengajukan perlindungan kebangkrutan, beberapa hari setelah perusahaan mengungkapkan hampir $4 miliar perbedaan akuntansi yang memicu perselisihan hukum dengan kreditur dan investor.

Americana, sebuah perusahaan berusia 93 tahun dengan toko di seluruh Brasil dan unit e-commerce besar, mengatakan dalam pengajuan sekuritas bahwa mereka akan merestrukturisasi utang sekitar 43 miliar reais ($8,2 miliar).

Saham perusahaan turun sekitar 42,5% menjadi 1,00 real setelah berita pengajuan, memperpanjang penurunan year-to-date menjadi sekitar 90%.

Perusahaan, yang didukung oleh trio miliarder yang mendirikan 3G Capital, mengatakan langkah itu dilakukan “terlepas dari upaya dan tindakan yang diambil oleh manajemen dalam beberapa hari terakhir bersama dengan penasihat keuangan dan hukumnya untuk melindungi perusahaan dari dampak” akuntansi. skandal.

Investor telah mengantisipasi keputusan tersebut, dengan beberapa melihatnya sebagai hal yang tak terhindarkan, terutama setelah perjanjian Pakta BTG (BPAC3.SA) Pada hari Rabu ia memperoleh keputusan pengadilan untuk membatalkan sebagian dari perlindungan kreditur perusahaan.

Americana juga menghadapi tujuh investigasi berbeda yang diluncurkan oleh Financial Conduct Authority (CVM), regulator sekuritas, serta proses arbitrase yang mencari kompensasi sebesar OMR 500 juta untuk perusahaan dan trio yang mendirikan 3G Capital.

Dalam dokumen yang diajukan ke pengadilan, firma hukum Basilio Advogados dan Salomao Kaiuca Abrahao mengaitkan urgensi pengajuan kebangkrutan dengan keputusan kreditur untuk menyita aset perusahaan.

Pengecer juga mengutip penurunan peringkat utang oleh lembaga pemeringkat, yang mencegah perpanjangan pinjaman baru. S&P, Moody’s, dan Fitch menurunkan peringkat Americana setelah skandal akuntansi.

Sebelumnya, Americana mengatakan posisi kasnya saat ini hanya 800 juta riyal, turun dari 7,8 miliar yang dilaporkan sebelumnya.

READ  Twitter akan melarang akun yang tertaut ke media sosial pesaing seperti Mastodon

Sebagian besar posisi kas Americanas yang diungkapkan sebelumnya terkait dengan pembayaran piutang atau kreditur di muka, kata Lucas Pogetti, mitra di perusahaan konsultan merger dan akuisisi RGS Partners.

“Secara alami, ketika bank menyadari situasi sebenarnya dari perusahaan, mereka mulai mengadopsi sikap yang lebih agresif untuk melindungi diri mereka sendiri, sehingga membatasi akses ke sumber daya,” kata Boghetti.

Dalam pengajuannya, Americana meminta fintechnya, Ame, untuk dikecualikan dari perlindungan kebangkrutan, sebagaimana diatur oleh bank sentral, dan izin untuk meningkatkan modalnya.

Toko Americana ada di mana-mana di mal Brasil. Unit e-commerce, yang diperdagangkan sebagai perusahaan terpisah sebelum restrukturisasi baru-baru ini, adalah salah satu pengecer online terbaik di negara ini.

Kepala Eksekutif Sergio Real mengundurkan diri minggu lalu, setelah kurang dari dua minggu bertugas, mengutip penemuan “perbedaan akuntansi” sebesar 20 miliar real.

Nyata, mantan kepala cabang Brasil Banco Santander (SANB3.SA)Dia mengaitkan perbedaan tersebut dengan perbedaan akuntansi untuk biaya keuangan pinjaman bank dan hutang dengan pemasok.

CFO Andre Coffer, yang juga baru saja bergabung dengan Americana, juga keluar dari perusahaan, termasuk miliarder Brasil Jorge Paulo Lehmann, Carlos Alberto Secubira, dan Marcel Telles sebagai pemegang saham referensi.

Americanas mengatakan pemegang saham referensi bermaksud untuk mempertahankan likuiditas perusahaan pada tingkat yang memungkinkan “operasi yang baik” dari toko, saluran digital, dan entitas lainnya.

($1 = 5,2226 riyal)

Pelaporan tambahan oleh Gabriel Araujo, Tatiana Pautzer, dan Peter Frontini di São Paulo dan Carolina Polis di Mexico City; Diedit oleh Rosalba O’Brien dan Bradley Perrett

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.