Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pendarat Ispace Jepang lepas landas ke bulan dengan kapal penjelajah Emirat

Pendarat Ispace Jepang lepas landas ke bulan dengan kapal penjelajah Emirat

Sebagai peninggalan dari Lunar X Prize, itu juga memiliki sebuah plakat bertuliskan nama orang-orang yang memberikan dukungan crowdfunding dan disk musik dengan lagu yang dibawakan oleh band rock Jepang Sakanaction.

Pendarat perusahaan Jepang bukan satu-satunya penumpang pada penerbangan hari Minggu. Muatan sekunder pada Falcon 9 adalah misi kecil NASA, Lunar Flashlight, yang bertujuan memasuki orbit elips mengelilingi bulan dan menggunakan laser infra merah untuk menjelajahi kawah yang dalam dan gelap di wilayah kutub bulan.

Seperti banyak misi bulan baru-baru ini, M1 melakukan perjalanan hemat energi ke bulan dan tidak akan mendarat, di kawah Atlas di belahan utara bulan, hingga akhir April. Rute hemat bahan bakar memungkinkan misi mengemas lebih banyak muatan dan membawa lebih sedikit bahan bakar.

Sebagai bagian dari misi Artemis I, pesawat ruang angkasa Orion NASA melakukan perjalanan ke dan kemudian mengorbit bulan. Itu kembali ke Bumi pada hari Minggu, dengan itu tercebur ke Samudra Pasifik.

Sebuah misi kecil yang didanai NASA bernama CAPSTONE baru-baru ini tiba untuk menjelajahi orbit tempat NASA berencana membangun pangkalan bulan tempat astronot akan berhenti dalam perjalanan ke bulan.

Dan meski belum tiba, bulan akan menerima pengunjung baru ketiga bulan depan. Danuri, wahana antariksa Korea SelatanMereka diluncurkan pada Agustus dan dijadwalkan memasuki orbit bulan pada 16 Desember. Pesawat ruang angkasa itu akan membantu mengembangkan teknologi untuk misi Korea di masa depan, dan juga membawa instrumen ilmiah untuk mempelajari komposisi kimia dan medan magnet bulan.

Program NASA disebut Layanan Muatan Bulan Komersial, atau CLPSDia sangat menantikan untuk mengirim eksperimen ke permukaan bulan. Dua misi pertama, dari Intuitive Machines of Houston dan Astrobotic Technology of Pittsburgh, rencananya akan diluncurkan tahun depan setelah penundaan yang signifikan. Pendarat Mesin Intuitif, yang dapat diluncurkan pada awal Maret, dapat mengalahkan Ispace untuk sampai ke bulan karena menggunakan lintasan enam hari yang cepat.

READ  Apa desain terbaik untuk urinoir bebas percikan? Fisika punya jawabannya sekarang

Karena bukan perusahaan AS, Ispace tidak bisa berpartisipasi langsung dalam program NASA. Namun, dia adalah bagian dari tim yang dipimpin oleh Draper Technologies di Cambridge, Massachusetts, yang memenangkan misi CLPS dari NASA. Misi ini dijadwalkan diluncurkan pada tahun 2025.