April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pemilu Indonesia: Siapa Kandidat Presidennya?

Pemilu Indonesia: Siapa Kandidat Presidennya?

  • Oleh Francis Mao dan Kelly Ng
  • Di Singapura

keterangan gambar,

Kandidat dalam debat yang disiarkan televisi tahun lalu: (kiri-kanan) Kanchar Pranovo, Prabowo Subianto dan Anees Basvedan

Indonesia, negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, akan memberikan suara pada tanggal 14 Februari dalam pemilu keenam sejak bangkit dari kediktatoran militer pada tahun 1990an.

Persaingan tiga arah untuk jabatan puncak adalah antara Menteri Pertahanan saat ini, Prabowo Subianto, dan dua mantan gubernur, Anis Baswedan dan Kanchar Pranovo.

Salah satunya menggantikan Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi yang menjabat dua periode penuh.

Presiden Joko Widodo tetap sangat populer, namun warisannya telah ternoda oleh tuduhan bahwa ia mencoba mempertahankan pengaruh politik melalui putra sulungnya, yang mencalonkan diri bersama Bapak Prabowo, seorang komandan militer di bawah rezim Suharto.

Hal ini memicu kekhawatiran bahwa Indonesia berada dalam bahaya kembali ke masa lalu yang otoriter.

Hasil pemilu ini akan mempunyai konsekuensi di luar Indonesia, dimana pemenangnya harus menghadapi persaingan AS-Tiongkok yang semakin meningkat di kawasan Indo-Pasifik.

Prabowo Subianto, Aliansi Indonesia Maju

keterangan gambar,

Prabowo Subianto mencalonkan putra sulung perdana menteri yang akan keluar, Gibran Raqqa (kanan) sebagai pasangannya.

Calon presiden Indonesia berikutnya telah berusaha keras untuk melunakkan citranya yang kuat, namun bagi sebagian pemilih, ia dikaitkan dengan pelanggaran yang dilakukan pada masa kediktatoran Jenderal Suharto.

Pak Prabowo, 72 tahun, adalah seorang jenderal Angkatan Darat yang menikah dengan salah satu putri Jenderal Suharto. Dia berasal dari keluarga politik yang kaya, tetapi paruh pertama hidupnya dikhususkan untuk militer.

Selama menjadi pejabat penting di rezim Soeharto, ia dituduh memerintahkan unitnya untuk menculik dan menyiksa puluhan aktivis demokrasi.

Dia diberhentikan setelah skandal tersebut dan mengasingkan diri di Yordania pada tahun 2000an.

Namun ia kembali ke Indonesia beberapa tahun kemudian, membangun kekayaannya di berbagai bisnis sebelum terjun ke dunia politik.

Dia punya uang dan koneksi untuk mencalonkan diri sebagai presiden dua kali sebelumnya – kalah dari Presiden Widodo pada dua kesempatan tersebut.

Namun di masa lalu, Presiden Joko Widodo telah mengangkatnya ke dalam kabinetnya sebagai Menteri Pertahanan – dan kini ia adalah orang yang paling dekat dengan Prabowo untuk menduduki posisi puncak. Pasangannya adalah putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Rakha.

Meskipun Bapak Widodo tidak muncul di acara-acara kampanye Prabowo, ia diperkirakan diam-diam mendukung pasangan Prabowo-Kibron.

Kemungkinan kemenangan bagi Prabowo merupakan prospek yang menakutkan bagi para pejuang kemerdekaan. Mereka khawatir bahwa jenderal era Suharto yang memimpin pemerintahan Indonesia akan menyeret negara ini kembali ke zaman kegelapan.

Anees Baswedan, Koalisi Transisi untuk Persatuan (KPP)

keterangan gambar,

Anees Baswedan menggambarkan dirinya sebagai alternatif dari dua kandidat lainnya

Dari urutan terbawah jajak pendapat, Anies Baswedan yang mengkritisi rencana Jokowi memindahkan ibu kota dari Jakarta ke kota baru yang akan dibangun di Pulau Kalimantan, kini berada di pemilu kedua.

Mantan Gubernur Jakarta ini mendukung pembangunan kota-kota yang ada untuk meningkatkan pemerataan pertumbuhan dibandingkan menciptakan ibu kota baru dari awal.

Anis, 54 tahun, telah menggambarkan dirinya sebagai alternatif dari dua kandidat lainnya yang, jika terpilih, diperkirakan akan melanjutkan sebagian besar kebijakan Presiden Joko Widodo.

Dia berulang kali mengatakan demokrasi telah runtuh di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo dan berjanji untuk “teguh dalam menjauhkan negara ini dari praktik-praktik seperti feodalisme dan nepotisme”.

Anis dan pasangannya, Muhaimin Iskandar, akan mengikuti pemilu tahun ini di bawah bendera Koalisi Persatuan untuk Transisi Pro-Islam. Kisah perubahan mereka mendapat dukungan dari kelompok Islam konservatif di negara mayoritas Muslim terbesar di dunia.

Pasangan ini berjanji untuk menciptakan 15 juta lapangan kerja, memberikan kredit yang lebih mudah kepada calon pembeli rumah dan meningkatkan infrastruktur di kota-kota lapis kedua di Indonesia jika terpilih.

Lahir dari keluarga akademisi, Anis menghabiskan tahun-tahun awal hidupnya dengan mengajar ekonomi di Universitas Barradina sebelum terjun ke dunia politik pada tahun 2013. Ia diangkat menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan setelah kemenangan pertama Widodo, namun semakin vokal dalam kritiknya terhadap kebijakan pemerintah. Presiden. Setelah dicopot dalam perombakan kabinet.

Pada tahun 2017, ia memenangkan pemilihan gubernur Jakarta dalam referendum yang memecah belah yang mengungkap ketegangan agama dan etnis di ibu kota Indonesia. Masa jabatannya menunjukkan adanya dorongan untuk infrastruktur perkotaan di kota tersebut, namun beberapa orang merasa bahwa ia tidak berbuat cukup banyak untuk mengatasi masalah-masalah abadi seperti polusi udara dan kemacetan lalu lintas.

Kanjar Baranovo, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)

keterangan gambar,

Kanchar Pranovo dipandang sebagai pengganti Presiden Joko Widodo

Gubernur salah satu provinsi terbesar di Indonesia ini menampilkan dirinya sebagai orang yang sederhana.

Tidak ada dinasti politik atau kekayaan keluarga di balik kebangkitannya – hanya bakat untuk berhubungan dengan masyarakat dalam agenda populis: memenangkannya dua kali di Jawa Tengah.

Namun ia menghadapi peluang besar dalam pemilu nasional tanpa dukungan dari Presiden Joko Widodo yang sangat populer, yang telah didukung oleh PDI-P dalam dua pemilu terakhir.

Pada hari-hari awal kampanye, ia dipandang sebagai pengganti Presiden Joko Widodo dan para analis memperkirakan dia akan menjadi kandidat terdepan. Namun Presiden Widodo menjauhi kampanye partainya.

Kanchar harus bergantung pada daya tarik populis dan kampanye akar rumputnya – yang menjual kebijakan seperti membuka jutaan lapangan kerja, memperluas kesejahteraan sosial dan membuat universitas lebih mudah diakses.

Perjalanan kampanyenya terfokus pada daerah-daerah miskin di seluruh pulau-pulau di Indonesia – dimulai dari Papua di Timur Jauh dan menyebar ke seluruh nusantara, dengan tinggal di rumah-rumah penduduk desa yang sederhana.

Politisi berambut perak itu naik daun sebagai gubernur hingga ia memprotes partisipasi Israel dalam Piala Dunia U-20 FIFA di provinsinya. FIFA kemudian mengumumkan bahwa mereka menarik turnamen tersebut ke luar negeri sehingga memicu reaksi balik dari penggemar sepak bola terhadap Kanjar.

Mohamed Mahfud, mantan Menteri Pertahanan Indonesia, juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi.

READ  Dorongan Poppet untuk kebijakan yang lebih adil di tengah meningkatnya jumlah investor