April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pemilik Truth Social telah mencapai kesepakatan untuk go public, sehingga menggandakan perkiraan kekayaan bersih Donald Trump

Pemilik Truth Social telah mencapai kesepakatan untuk go public, sehingga menggandakan perkiraan kekayaan bersih Donald Trump

STEPHANIE REYNOLDS/AFP/Getty Images

Layar ponsel menampilkan aplikasi Truth Social di Washington, D.C., pada 21 Februari 2022.


New York
CNN

Trump Media & Technology Group, pemilik Truth Social, telah menyelesaikan kesepakatan IPO-nya, yang memberikan keuntungan besar kepada mantan Presiden Donald Trump yang melipatgandakan kekayaan bersihnya lebih dari dua kali lipat.

Setelah Trump Media mengumumkan akan memasuki pasar saham untuk pertama kalinya pada hari Selasa, Trump bergabung dengan 500 orang terkaya di dunia untuk pertama kalinya. Indeks Miliarder Bloomberg.

Bloomberg memperkirakan kekayaan bersih Trump meningkat sebesar $4 miliar pada hari Senin saja, sehingga memberinya kekayaan sebesar $6,5 miliar.

Penutupan merger antara Trump Media Inc. dan Digital World Acquisition Corp. mewakili rejeki nomplok bernilai miliaran dolar bagi Trump, yang merupakan ketua dan pemegang saham pengendali perusahaan baru tersebut.

Berita selesainya merger membuat saham Digital World melonjak 21%. Pembelian berlanjut pada Senin sore, membuat Dunia Digital naik 39% hari ini menjadi sekitar $51. Pada harga saat ini, saham Trump bernilai sekitar $4 miliar. Namun, terdapat pembatasan tertutup yang kemungkinan akan mencegah Trump menjual atau bahkan meminjam sejumlah nilai saham tersebut selama beberapa bulan.

Perusahaan mengatakan, perdagangan perusahaan baru dengan simbol saham “DJT” di Bursa Efek Nasdaq dijadwalkan akan dimulai pada hari Selasa.

Devin Nunes, CEO perusahaan gabungan tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa perusahaannya akan mengambil langkah untuk “mengambil kembali Internet dari sensor Big Tech.”

“Kami akan terus memenuhi komitmen kami kepada masyarakat Amerika untuk menjadi tempat yang aman bagi kebebasan berekspresi dan melawan pasukan penindas berekspresi yang terus bertambah,” kata Nunes.

READ  Apakah pasar saham buka pada Jumat Agung?

Saham Digital World Acquisition Corp (Doak), perusahaan cangkang yang sekarang memiliki Truth Social, naik lebih dari 20% pada hari Senin. Stoknya naik lebih dari 170% selama enam bulan terakhir.

Para ahli memperingatkan bahwa pasar menilai Trump Media terlalu tinggi mengingat fundamental perusahaan.

Menurut Trump Media, perusahaan ini hanya menghasilkan pendapatan $3,4 juta selama sembilan bulan pertama tahun lalu Kedua pengajuan. Perusahaan mencatat kerugian bersih sebesar $49 juta selama periode tersebut.

Di sisi lain, basis pengguna Truth Social menyusut – lebih besar dibandingkan X, perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Jumlah pengguna aktif bulanan Truth Social di AS pada iOS dan Android turun 39% dari tahun ke tahun, menurut data serupa yang dibagikan kepada CNN awal bulan ini.

Untuk mengantisipasi mergernya dengan Trump Media, perdagangan saham DWAC menunjukkan kegilaan yang sama seperti yang dijelaskan dalam Saham Tupperware menguat Juli lalu, atau saham meme AMC Entertainment dan GameStop saat puncak pandemi. Di Truth Social, terdapat lebih dari 8.000 anggota dalam grup obrolan bertajuk “Grup Pemegang Saham DWAC,” tempat pengguna mendiskusikan pemungutan suara pemegang saham. Untuk menyetujui penggabungan dan memposting meme dan pesan yang mendukung.

Berkontribusi: Elizabeth Buchwald dan Crystal Hoare dari CNN.

Cerita ini telah diperbarui dengan konteks tambahan.