Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pemegang rekor dunia maraton Kelvin Kiptum dan pelatihnya tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Kenya

Pemegang rekor dunia maraton Kelvin Kiptum dan pelatihnya tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Kenya

Michael Reeves/Getty Images

Kelvin Kiptum merayakannya setelah memenangkan divisi pro putra Chicago Marathon 2023, mencetak rekor dunia waktu maraton 2:00.35 di Grant Park pada 8 Oktober 2023 di Chicago, Illinois.


Nairobi
CNN

Pemegang rekor dunia saat ini dalam maraton Kelvin Kiptum Polisi Kenya mengonfirmasi bahwa pelatihnya, Jervis Hakizimana, tewas dalam kecelakaan lalu lintas pada Minggu malam di luar kota Eldoret di Rift Valley.

Atlet Kenya berusia 24 tahun, yang mengendarai Toyota Premio, dan pelatihnya tewas di tempat kejadian, kata Kepala Polisi Kabupaten Elgeo Marquette Peter Mulenge kepada CNN.

Mulling menambahkan, penumpang ketiga lolos dengan luka serius.

“Dia kehilangan kendali, keluar dari jalan raya, memasuki selokan sejauh 60 meter dan bertabrakan dengan pohon besar,” kata Mulling. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 11 ​​malam waktu setempat.

Rekor dunia maraton Kiptom dengan waktu 2:00:35 yang dibuat di Chicago Marathon pada Oktober tahun lalu telah diratifikasi hanya beberapa hari sebelumnya oleh IAAF. Dia hanya beralih ke lari maraton dari lomba jarak pendek setahun sebelum mencatat rekor kecepatan ini.

Dia meningkatkan waktu terbaik pribadinya sebanyak 50 detik untuk memecahkan rekor 2:01:09 yang dibuat oleh rekannya dari Kenya Eliud Kipchoge, yang secara luas dianggap sebagai pelari maraton terhebat sepanjang masa. Kiptum secara luas diyakini sebagai penerus Kipchoge, dan calon pesaing untuk lari maraton sub-dua jam.

Hakizimana, 36, merupakan mantan atlet profesional asal Rwanda yang mengikuti berbagai lomba lari 5.000 meter hingga setengah maraton.

John Walton/AP

Kelvin Kiptum merayakan kemenangannya pada perlombaan elite putra pada TCS London Marathon pada Minggu, 23 April 2023.

Tokoh-tokoh atletik dan lari jarak jauh dari seluruh dunia memberikan penghormatan dan menyatakan penyesalan mereka atas kehilangan atlet tersebut dalam performa terbaiknya.

READ  Twitter bereaksi terhadap Adriano Moraes Lutut Demetrious Johnson KO

Presiden IAAF Sebastian Coe mengatakan Kiptom adalah “seorang atlet luar biasa yang meninggalkan warisan luar biasa, dan kami akan sangat merindukannya.”

“Kami terkejut dan sangat sedih mengetahui kehilangan Kelvin Kiptom dan pelatihnya Jervis Hakizimana,” kata Ko. “Atas nama seluruh atletik dunia, kami menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga, sahabat, kolega, dan bangsa Kenya,” tambahnya.

“Baru pada awal pekan ini di Chicago, tempat Kelvin mencetak rekor dunia maratonnya yang luar biasa, saya dapat secara resmi mengautentikasi waktu bersejarahnya,” tambah Ko.

Bob Verbeek, manajer Kiptum, menggambarkan atlet tersebut sebagai “teman tercinta”.

“Atas nama seluruh kolega dan teman kami di Golazo (Grup Manajemen), kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, teman, dan seluruh keluarga atletik mereka,” kata Verbeek dalam sebuah pernyataan.

Pesan belasungkawa pun mengalir di akun Instagram resmi Kiptom usai kabar meninggalnya.

Penyelenggara London Marathon A pesan Di X. “Kami terkejut dan sangat sedih. Pendapat semua orang tentang TCS London Marathon bersama keluarga dan teman Kelvin dan Gervais.

Kekalahan Kiptum akan terasa di Chicago, tempat Kiptum membuat sejarah pada tahun 2023, kata Cary Pinkowski, direktur eksekutif balap Bank of America Chicago Marathon.

“Kelvin adalah atlet generasi pertama yang berada di garis depan karirnya,” kata Binkowski. “Meskipun dia akan dipuji atas penampilannya yang memecahkan rekor, saya akan mengingatnya sebagai talenta luar biasa dan bahkan orang yang lebih menakjubkan.”

“Kami beruntung bisa menyaksikan kehebatannya di jalanan Chicago,” tambahnya. “Olahraga lari maraton mengalami kerugian yang sangat besar.”

Michael Reeves/Getty Images

Kiptum difoto di Chicago Marathon 2023 di Grant Park pada 8 Oktober 2023.

Atlet Kenya pun mengungkapkan kesedihannya. Peraih medali emas Olimpiade ganda David RudishaDia, yang selamat dari kecelakaan pesawat pada tahun 2022, menggambarkan kematian Kiptom sebagai “kerugian yang sangat besar.” “Saya turut berbela sungkawa kepada keluarga, teman-teman, persaudaraan olahraga dan Kenya secara umum,” tulis Rudisha di X.

READ  Katie Taylor mengalahkan Amanda Serrano dalam pertandingan tinju wanita berkepala dua pertamanya di Madison Square Garden

“Saya terkejut mendengar tentang kecelakaan tragis yang merenggut nyawa Kevin Kiptom dan pelatihnya hari ini,” kata Bernard Lagat, pelari jarak menengah dan lima kali atlet Olimpiade. “Pergi terlalu cepat. Pahlawan RIP.”

“Dengan cara ini, seorang bintang yang sedang naik daun telah meninggal dunia,” kata mantan juara dunia pelari maraton Australia Robert de Castella. Ini menyoroti betapa pentingnya kehidupan, dan betapa rentannya kita semua.

Mantan Perdana Menteri Kenya juga termasuk di antara mereka yang menyampaikan belasungkawa. Raila Odinga, di X, menggambarkan kematian tersebut sebagai “berita yang menghancurkan” dan memuji Kiptom sebagai ikon atletik Kenya. “Bangsa kita berduka atas kehilangan seorang pahlawan sejati.”

Menteri Olahraga Kenya Ababu Namwamba juga menyampaikan belasungkawanya pada X: “Kenya telah kehilangan permata istimewa. “Aku kehilangan kata-kata.”