Mei 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pembaruan langsung: perang Rusia di Ukraina

Pembaruan langsung: perang Rusia di Ukraina

Pemimpin oposisi Belarusia meminta Amerika Serikat untuk memberlakukan sanksi terhadap pemerintah Belarusia serupa dengan yang dikenakan di Moskow.

Dalam pertemuan dengan Departemen Luar Negeri AS dan anggota Kongres minggu ini, Svyatlana Tsykhanoskaya mengatakan dia telah membahas penguatan sanksi di masa depan dan menutup celah yang ada.

Ia juga mengatakan telah memberikan bukti kepada pemerintah AS tentang keterlibatan pemimpin kuat Belarusia Alexander Lukashenko dalam perang Rusia di Ukraina.

Berbicara kepada wartawan pada hari Jumat, Tsikhanoskaya mengatakan sanksi “harus sama kekuatannya” dengan sanksi terhadap Rusia “tetapi berbeda dalam struktur”, dan harus menargetkan bank negara dan perusahaan milik negara.

Pemimpin oposisi mengatakan dia telah berbicara dengan para pejabat di Washington, DC, tentang cara untuk “membuat sanksi lebih efektif, menutup celah yang tersisa, membekukan aset Lukashenka, dan memblokir uang yang dia (Dana Moneter Internasional) berikan kepadanya.”

Tsykhanoskaya mengatakan dia menyarankan menggunakan sanksi sekunder untuk mengisi celah itu.

“Kami melihat bagaimana Rusia menggunakan Belarusia untuk mengatasi sanksinya,” katanya, mengutip contoh penyaliban.

Dia mengatakan sanksi mempengaruhi rezim Lukashenko, mengutip apa yang dia gambarkan sebagai surat dari menteri luar negeri yang meminta pemulihan hubungan yang dikirim dalam beberapa pekan terakhir.

“Saya berharap Lukashenka tidak akan berhasil menipu negara-negara demokratis lagi, seperti yang telah dia lakukan berkali-kali sebelumnya,” katanya.

Tsikhnoskaya bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman – pertemuan yang sebagian dihadiri oleh Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken – serta Jim O’Brien, kepala Kantor Koordinasi Sanksi Departemen Luar Negeri AS.

Tsikhanoskaya mengatakan kepada wartawan bahwa dia memberikan O’Brien “dokumen yang berisi bukti keterlibatan Lukashenka dalam perang melawan Ukraina, serta daftar perusahaan dan negara yang membantu menghindari sanksi.”

READ  Brasil: Hujan lebat dan tanah longsor menewaskan puluhan orang di kota pegunungan

Ini termasuk “bukti besar peluncuran rudal dari wilayah kami, pergerakan peralatan Rusia di wilayah Belarusia,” katanya.

Dan dia melanjutkan: “Ini adalah informasi internal tentang beberapa perintah internal tentang penyebaran berbagai peralatan militer Rusia di wilayah kami.” Jadi orang telah mengumpulkan informasi ini selama perang. Mereka didokumentasikan dengan baik dan kami telah memberikan bukti ini kepada pemerintah.”

Tsykhanoskaya mengatakan dia tidak percaya militer Belarusia terlibat dalam peluncuran rudal ini, dan sebaliknya memberi Lukashenko tanah untuk digunakan Presiden Rusia Vladimir Putin sesuai keinginannya.

“Ini sudah menjadi perang dunia. Kami sangat takut dengan Perang Dunia III tetapi ini sudah berlangsung.” “Ini adalah perang antara demokrasi dan otoritarianisme.”