Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pekerja UAW-Ford meratifikasi kontrak baru

Pekerja UAW-Ford meratifikasi kontrak baru

  • Anggota United Auto Workers di Ford Motor Company telah meratifikasi kontrak kerja baru.
  • Mayoritas pabrik Ford sangat menyetujui kesepakatan tersebut, yang, seperti GM dan Stellantis, mencakup kenaikan gaji minimal 25%.
  • Ratifikasi kontrak tersebut terjadi beberapa minggu setelah produsen mobil dan serikat pekerja mencapai kesepakatan tentatif, mengakhiri hampir enam minggu pemogokan yang ditargetkan oleh UAW.

Anggota piket serikat pekerja United Auto Workers di luar pabrik perakitan Michigan di Wayne, Michigan, pada 26 September 2023.

Matius Penetas | AFP | Gambar Getty

DETROIT — Anggota serikat pekerja di Ford Motor Co. menyetujui perjanjian tentatif pada hari Jumat, mengakhiri negosiasi kontrak yang kontroversial antara United Auto Workers dan produsen mobil Detroit.

Pekerja UAW-Ford adalah produsen mobil Detroit terakhir yang meratifikasi perjanjian mereka setelah pekerja GM menyetujui perjanjian tersebut pada hari Kamis dan pekerja Stellantis mendukung perjanjian mereka, menurut pemungutan suara awal. Diterbitkan hari Jumat Oleh serikat pekerja.

Menurut Lacak suara Anda di UAW, Kesepakatan Ford ini sebagian besar masih belum terselesaikan dan didukung oleh 68,2% dari sekitar 35.000 pekerja otomotif Ford yang memberikan suaranya. Masih ada beberapa fasilitas kecil yang tersisa untuk menyelesaikan pemungutan suara, namun jumlah staf di lokasi tersebut tidak cukup untuk mencapai margin pemungutan suara lebih dari 12.600 suara.

Cabang UAW lokal yang mewakili setiap pabrik Ford memberikan suara mendukung perjanjian tersebut kecuali untuk fasilitas suku cadang kecil di Florida dan pabrik truk besar Ford di Kentucky, pada Jumat sore. Pabrik yang mendorong ratifikasi kesepakatan tersebut adalah Pabrik Truk Dearborn di Michigan, di mana hampir 2.700 anggota memberikan suara 78,7% mendukung kesepakatan tersebut, menurut pelacak suara serikat pekerja.

READ  Bed Bath & Beyond exec Gustavo Arnal ID berfungsi sebagai persimpangan lalu lintas 'Gedung Jenga' di Kota New York: Sumber

Ford dan UAW tidak segera membalas permintaan komentar.

Ratifikasi kontrak tersebut terjadi beberapa minggu setelah produsen mobil dan serikat pekerja mencapai kesepakatan tentatif, mengakhiri hampir enam minggu pemogokan yang ditargetkan oleh UAW. Pemogokan tersebut, yang dimulai pada tanggal 15 September, mencakup penghentian pekerjaan yang ditargetkan yang memperluas pabrik demi pabrik sebagai cara untuk meningkatkan tekanan pada produsen mobil.

Hasil awal di Stellantis menunjukkan 68,4% dukungan di antara pekerja per jam yang memilih. Di General Motors, pemungutan suara mendapat persetujuan 54,7%.

Hasil pemungutan suara GM hampir tercapai, hal ini sebagian disebabkan oleh demografi tenaga kerja perusahaan. Produsen mobil ini memiliki jumlah pekerja tradisional terbesar berdasarkan persentase dibandingkan dengan pesaing lintas kotanya. Para pekerja ini menyatakan ketidaksetujuan mereka terhadap kenaikan upah yang diberikan kepada mereka berdasarkan kesepakatan, dibandingkan dengan kenaikan upah yang ditawarkan kepada pekerja baru. Mereka juga tidak puas dengan iuran pensiun dan tunjangan hari tua.

Namun, perjanjian tersebut merupakan sebuah rekor bagi serikat pekerja, yang menjadi lebih konfrontatif dan strategis selama perundingan dibandingkan dalam sejarah baru-baru ini, janji Presiden UAW Sean Fine, yang mulai memimpin serikat pekerja pada bulan Maret.

Hal ini mencakup kenaikan upah minimal 25%, pengembalian penyesuaian biaya hidup, dan perbaikan ekonomi lainnya. Serikat pekerja mengatakan perbaikan dalam kesepakatan tersebut bernilai lebih dari empat kali lipat keuntungan dari kontrak tahun 2019 dan memberikan kenaikan upah dasar yang lebih besar daripada yang diterima pekerja dalam 22 tahun terakhir.

Bagi serikat pekerja dan Fine, kesepakatan dan keuntungan ekonomi terkait membantu upaya untuk meningkatkan jumlah serikat pekerja dengan memasukkan pekerjaan di masa depan seperti pabrik baterai dan pengorganisasian di perusahaan mobil non-serikat lainnya yang beroperasi di Amerika Serikat.

READ  Saham IBM menikmati hari terbaiknya dalam dua tahun karena perkiraan melonjak

Bagi perusahaan dan juga investor, kontrak mewakili perkiraan kenaikan maksimum biaya tenaga kerja.

Kesepakatan UAW, jika diratifikasi oleh anggotanya, akan menambah biaya sebesar $850 hingga $900 per kendaraan yang dirakit, kata Chief Financial Officer Ford John Lawler bulan lalu. Dia mengatakan Ford akan berupaya untuk “menciptakan produktivitas, efisiensi dan pengurangan biaya di seluruh perusahaan” untuk mengimbangi biaya tambahan dan memenuhi tujuan profitabilitas yang diumumkan sebelumnya.