Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pejabat: Hamas tidak memiliki 40 sandera yang memenuhi persyaratan untuk kemungkinan pertukaran dengan Israel

Pejabat: Hamas tidak memiliki 40 sandera yang memenuhi persyaratan untuk kemungkinan pertukaran dengan Israel

Seorang pejabat senior Hamas mengatakan pada hari Rabu bahwa Hamas tidak memiliki 40 sandera yang hidup di Gaza yang memenuhi kriteria pertukaran berdasarkan usulan perjanjian gencatan senjata dengan Israel yang sedang dinegosiasikan.

Seorang pejabat senior Israel mengatakan bahwa Israel menyampaikan klaim Hamas, dan seorang pejabat senior Hamas mengatakan bahwa gerakan tersebut memberi tahu para mediator yang memfasilitasi negosiasi. Pejabat Israel dan pejabat Hamas meminta agar identitas mereka tidak diungkapkan karena sensitifnya negosiasi.

Konfirmasi ini menimbulkan kekhawatiran bahwa lebih banyak sandera yang akan terbunuh daripada yang diperkirakan sebelumnya, dan terjadi pada saat pembicaraan antara Hamas dan Israel terhenti di tengah ketidaksepakatan mengenai jangka waktu gencatan senjata, kembalinya warga Palestina yang terlantar ke Gaza utara, dan masalah lainnya.

Para perunding internasional mengusulkan gencatan senjata awal selama enam minggu di mana Hamas akan membebaskan kelompok pertama yang terdiri dari 40 sandera – termasuk wanita, orang lanjut usia, sandera yang sakit, dan lima tentara wanita Israel – dengan imbalan pembebasan ratusan warga Palestina yang juga ditahan di penjara-penjara Israel. . Seperti tuntutan lainnya.

Para pejabat Israel yakin masih ada sekitar 130 sandera yang tersisa di Gaza, dan petugas intelijen Israel menyimpulkan bahwa setidaknya 30 di antara mereka telah tewas dalam penawanan.

Belum jelas apakah Israel kini akan menuntut agar para pemuda dan tentara tersebut dimasukkan ke dalam 40 tahanan pertama yang akan dibebaskan. Diperkirakan para sandera ini harus menunggu tahap kesepakatan selanjutnya.

Perkembangan ini terjadi beberapa hari setelah tentara Israel mengumumkan bahwa mereka telah menemukan mayat seorang sandera Israel yang diculik, seperti sekitar 240 orang lainnya, dalam serangan pimpinan Hamas pada 7 Oktober.

READ  Kelompok produsen minyak dalam fokus jelang sanksi Rusia

Pemerintah Israel dan Hamas mengadakan gencatan senjata singkat di Gaza pada bulan November untuk memungkinkan pembebasan sekitar 100 sandera yang ditangkap selama serangan dengan imbalan pembebasan tahanan Palestina yang ditahan di Israel, sehingga memberikan kelonggaran dari kampanye pemboman yang menghancurkan.