April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Paus Fransiskus Mengunjungi Indonesia pada Bulan September: Menteri

Paus Fransiskus Mengunjungi Indonesia pada Bulan September: Menteri

Dengan kondisi kesehatan Paus berusia 87 tahun yang kritis, Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia pada bulan September, kata Menteri Agama Indonesia.

Presiden Joko Widodo yang akan habis masa jabatannya telah mengundang Paus untuk mengunjungi Indonesia, yang memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, pada Juni 2022 sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan toleransi beragama.

“Setelah dua tahun penantian, akhirnya Paus Fransiskus datang ke Indonesia. Saya yakin ini akan menjadi kado istimewa bagi umat Katolik,” kata Menteri Agama Yakut Solil Kumas dalam acara di Jawa Tengah, Sabtu.

Berdasarkan surat yang dikirimkan Vatikan kepada pemerintah Indonesia, Paus Fransiskus akan berada di Indonesia pada 3 September 2024, demikian bunyi laman kementerian.

“Ini akan menjadi suatu kehormatan bagi Indonesia.”

Iklan – Gulir untuk melanjutkan

Menurut Pew Research Center, Indonesia memiliki 242 juta penduduk Muslim dan sekitar 29 juta penduduk Kristen – 8,5 juta di antaranya beragama Katolik.

Paus Fransiskus diperkirakan akan mengunjungi Papua Nugini pada bulan Agustus, kata Menteri Luar Negeri negara tersebut Justin Tkatchenko pada bulan Januari.

Sumber Vatikan mengatakan Paus berencana melakukan kunjungan ke Timor Timur pada bulan yang sama.

Iklan – Gulir untuk melanjutkan

Sejak dipilih oleh para kardinal pada tahun 2013, Paus Fransiskus telah melakukan 44 perjalanan ke luar negeri.

Vatikan mengatakan bahwa dia akan mengunjungi Belgia akhir tahun ini, dan Paus akan mengunjungi tanah airnya, Argentina.

Pertanyaan tentang kesehatannya muncul kembali setelah pembatalan prosesi besar Jumat Agung pada menit-menit terakhir.

Iklan – Gulir untuk melanjutkan

Dalam pernyataan singkatnya pada hari Jumat, Vatikan mengatakan “untuk melindungi kesehatannya menjelang misa besok dan Misa Minggu Paskah, Paus Fransiskus akan mengikuti Jalan Salib dari kediamannya Santa Marta ke Colosseum malam ini.”

READ  Kerry membuka fasilitas pencicipan di Karawang, Indonesia

dsa-ebe/tym