Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pasar Saham Hari Ini: Sebagian besar saham Asia menguat menjelang laporan inflasi AS

Pasar Saham Hari Ini: Sebagian besar saham Asia menguat menjelang laporan inflasi AS

TOKYO (Reuters) – Saham-saham Asia menguat pada hari Jumat karena para pedagang menunggu laporan penting mengenai inflasi yang dapat mempengaruhi langkah Federal Reserve selanjutnya mengenai suku bunga.

Indeks Nikkei 225 Jepang melonjak 0,9% pada awal perdagangan menjadi 39.711,93 poin. Di Australia, indeks S&P/ASX 200 naik 0,6% menjadi 7.803,50 poin. Kospi Korea Selatan naik hampir 0,3% menjadi 2,790.97. Hang Seng Hong Kong bertambah 0,8% menjadi 17.860,79, sedangkan Indeks Komposit Shanghai naik 1,0% menjadi 2.976,26.

Di Jepang, pemerintah melaporkan bahwa tingkat pengangguran tidak berubah dari bulan sebelumnya sebesar 2,6% di bulan Mei.

Di Wall Street, S&P 500 naik 0,1%. Indeks utama diperdagangkan mendekati level tertinggi sepanjang masa yang tercatat pada minggu lalu.

Nasdaq Composite naik 0,3% dan tetap berada tepat di bawah level tertinggi sepanjang masa. Dow Jones Industrial Average ditutup naik 0,1%.

Keuntungan yang dicapai oleh perusahaan ritel dan telekomunikasi membantu mengimbangi kerugian yang dialami oleh produsen barang konsumsi, saham keuangan, dan perusahaan lain di pasar. Saham Amazon.com naik 2,2%, dan saham Meta Platforms bertambah 1,3%.

Walgreens memperkuat aliansinya Saham Amazon turun 22,2%, mencatat penurunan terbesar dalam indeks Standard & Poor’s 500. Perusahaan mengumumkan hasil yang lebih rendah dari ekspektasi dan menurunkan ekspektasinya. Perusahaan mengatakan mungkin akan menutup ratusan toko lagi dalam tiga tahun ke depan.

Saham pembuat jeans Levi Strauss turun 15,4% setelah hasil pendapatan kuartal terbarunya lebih rendah dari ekspektasi analis, selain ekspektasi laba saat ini untuk tahun ini.

Saham pembuat rempah-rempah McCormick naik 4,3% dan merupakan salah satu keuntungan terbesar di pasar setelah melebihi ekspektasi laba para analis.

READ  Party City mengajukan kebangkrutan

Saham pembuat chip Micron Technology turun 7,1% setelah perkiraan terbarunya membuat investor kecewa.

Imbal hasil Treasury turun di pasar obligasi. Imbal hasil obligasi Treasury 10-tahun, yang mempengaruhi suku bunga hipotek dan pinjaman konsumen lainnya, turun menjadi 4,28% dari 4,33% pada akhir Rabu. Imbal hasil obligasi Treasury dua tahun turun menjadi 4,71% dari 4,75%.

Pasar saham lesu minggu ini menjelang laporan inflasi berpengaruh pemerintah berikutnya pada hari Jumat. Indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi adalah ukuran inflasi pilihan The Fed.

Para ekonom memperkirakan laporan tersebut akan menunjukkan sedikit penurunan inflasi menjadi 2,6% di bulan Mei, setelah angka 2,7% di bulan April. Angka ini berada di bawah puncak CPI sebesar 7,1% pada pertengahan tahun 2022. Ukuran inflasi lainnya, termasuk CPI, juga telah turun secara signifikan selama dua tahun terakhir.

Pembaruan terkini terkait inflasi dapat mempengaruhi… Keputusan bank sentral Spekulasi semakin meningkat mengenai kapan harus mulai menurunkan suku bunga, yang masih berada pada level tertinggi dalam lebih dari dua puluh tahun terakhir, dan hal ini berdampak pada dunia. Wall Street memperkirakan bank sentral akan mulai memangkas suku bunga pada pertemuan bulan September.

Pembaruan dari pemerintah mengatakan Ekspansi perekonomian Amerika Pada tingkat tahunan 1,4% dari Januari hingga Maret. Angka ini sedikit revisi terhadap perkiraan sebelumnya sebesar 1,3%. Ini mewakili pertumbuhan kuartalan paling lambat sejak musim semi 2022.

Laporan tersebut juga mendukung data dalam laporan ekonomi sebelumnya yang menunjukkan bahwa konsumen berada di bawah tekanan akibat inflasi yang terus-menerus dan suku bunga yang tinggi. Menurut laporan tersebut, belanja konsumen, yang telah mendorong pertumbuhan ekonomi, hanya tumbuh sebesar 1,5%, turun dari perkiraan awal sebesar 2%.

READ  Dow Jones berjangka mengarah ke pembalikan pasar 'cepat' karena bank-bank Rusia menjadi sasaran di tengah invasi Ukraina

Temuan utama dari laporan ini adalah bahwa “perekonomian tetap tangguh pada kuartal pertama, namun pertumbuhan permintaan di sektor swasta tertahan, didorong oleh lebih banyak kehati-hatian konsumen,” Gregory Daco, kepala ekonom di EY, mengatakan dalam sebuah catatan.

Perlambatan dalam belanja konsumen dapat membantu mengurangi inflasi lebih lanjut, namun perlambatan yang parah dapat memberikan pukulan yang lebih menyakitkan terhadap perekonomian. The Fed sedang mencoba mengatur waktu untuk mengendalikan inflasi ke target 2% tanpa terlalu memperlambat perekonomian hingga jatuh ke dalam resesi.

S&P 500 berada di jalur untuk meraih keuntungan minggu keempat berturut-turut. Dengan hanya satu hari perdagangan tersisa bulan ini, indeks naik sekitar 4% di bulan Juni dan sekitar 15% sepanjang tahun ini.

Indeks Standard & Poor’s 500 naik 4,97 poin menjadi 5.482,87 poin. Indeks Dow Jones bertambah 36,26 poin menjadi 39.164,06 poin. Indeks Nasdaq menguat 53,53 poin menjadi ditutup pada 17.858,68 poin.

Dalam perdagangan energi, harga standar minyak mentah AS naik 44 sen menjadi $82,17 per barel. Minyak mentah Brent, standar internasional, bertambah 39 sen menjadi $86,78 per barel.

Pada perdagangan mata uang, dolar AS menguat menjadi 160,96 yen Jepang dari 160,72 yen. Harga euro mencapai $1,0695, turun dari $1,0709.

___

Penulis Bisnis AP Damian J. Troise dan Alex Vega berkontribusi.