Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pasar Brasil tersandung pada hari penuh pertama Lula menjabat

BRASILIA (Reuters) – Pasar Brasil memberikan penilaian keras pada hari penuh pertama Presiden Luiz Inacio Lula da Silva yang berhaluan kiri pada Senin setelah dia berjanji untuk memprioritaskan masalah sosial dan memerintahkan perpanjangan pembebasan pajak bahan bakar atas pelanggaran anggaran.

Keputusan Lula untuk memperpanjang pembebasan pajak bahan bakar, yang akan menghilangkan pendapatan fiskal per tahun sebesar 52,9 miliar reais ($9,9 miliar), merupakan teguran keras kepada Menteri Keuangan Fernando Haddad, seorang loyalis Partai Buruh (PT) yang mengatakan demikian. Itu tidak akan diperpanjang.

Haddad, berusaha menghilangkan kekhawatiran pasar bahwa dia mungkin tidak mempertahankan disiplin fiskal, menjabat pada hari Senin berjanji untuk mengendalikan pengeluaran. “Kami di sini bukan untuk berpetualang,” katanya.

Pasar tampak tidak yakin.

Mata uang riil kehilangan 1,5% nilainya terhadap dolar dalam perdagangan sore, sementara indeks pasar saham Sao Paulo melemah. (.BVSP) Itu berakhir turun 3,06%. Saham di perusahaan minyak negara Petrobras (PETR4.SA) Turun sekitar 6,45%.

Dalam pidato pelantikannya di Brasilia pada hari Minggu, Lula berjanji bahwa mengatasi kelaparan dan kemiskinan akan menjadi “ciri” dari kepresidenannya yang ketiga setelah dua periode sebelumnya menjalankan negara dari tahun 2003 hingga 2010.

Analis keuangan mengatakan bahwa awal kepresidenan ketiga Lula sejalan dengan janji kampanyenya, dan terlihat mirip dengan kebijakan Partai Buruh sebelumnya yang menyebabkan resesi yang dalam.

Lula mengalahkan Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro pada bulan Oktober, menempatkan negara terbesar di Amerika Selatan itu kembali ke jalur kiri.

Pada hari Senin, Lula menginstruksikan para menteri untuk membalikkan langkah-langkah privatisasi perusahaan negara yang diambil oleh pemerintahan sebelumnya, termasuk studi untuk menjual Petrobras, kantor pos, dan EBC lembaga penyiaran negara.

READ  Jerman dan Polandia mencari penyebab kematian ikan massal di Sungai Oder

Pada hari Minggu, dia menandatangani dekrit yang memperpanjang pembebasan bahan bakar dari pajak federal, tindakan yang disahkan oleh pendahulunya yang bertujuan untuk menurunkan biaya mereka menjelang pemilihan, tetapi akan menghilangkan Departemen Keuangan sebesar 52,9 miliar riyal ($9,9 miliar). tahun pendapatan keuangan.

Sebuah keputusan yang diterbitkan dalam Lembaran Negara Resmi pada hari Senin menunjukkan bahwa pembebasan pajak bahan bakar federal akan berlangsung selama satu tahun untuk solar dan biodiesel dan dua bulan untuk bensin dan etanol.

Gabriel Araujo Gracia, seorang analis dari Guide Investimentos, mengatakan rencana Lula untuk meningkatkan belanja sosial, memperluas peran bank pemerintah dan menghapus batas belanja yang diatur dalam konstitusi, sudah ada sejak hari-hari terburuk pemerintahan PT.

“Kebijakan itu mengingatkan kita pada pemerintahan Dilma Rousseff, bukan pemerintahan Lula,” kata Gracia, mengacu pada penerus pilihan Lula yang digulingkan saat menjabat. Kebijakannya menyebabkan resesi terburuk di Brasil sejak 1929.

Lula, yang mengangkat jutaan orang Brasil keluar dari kemiskinan selama dua masa jabatan pertamanya, mengkritik Bolsonaro karena mengizinkan kelaparan kembali ke Brasil, dan menangis dalam pidatonya kepada para pendukung pada hari Minggu ketika dia menggambarkan bagaimana kemiskinan meningkat lagi.

Allies mengatakan kata ganti sosial baru Lula adalah hasil dari 580 hari di penjara, Reuters melaporkan pada hari Minggu.

Lula mengantarkan masa jabatan presiden ketiganya setelah membujuk Kongres untuk mengesahkan paket belanja sosial satu tahun tambahan sebesar 170 miliar riyal, sejalan dengan janji kampanyenya.

“Paket tersebut ternyata lebih besar dari yang diharapkan, dengan implikasi potensial bagi keberlanjutan utang publik,” kata Banco BTG Pactual dalam sebuah catatan penelitian.

Lula menghabiskan hari pertamanya rapat kantor dengan lebih dari selusin kepala negara yang menghadiri pelantikannya.

READ  China menetapkan awal Oktober untuk Kongres yang dilihat sebagai penobatan Xi

Pertemuan dimulai dengan Raja Spanyol, dan dilanjutkan dengan presiden Amerika Selatan, di antaranya adalah pemimpin sayap kiri dari Argentina, Cile, dan Bolivia, serta perwakilan dari Kuba dan Venezuela, serta Wakil Presiden China Wang Qishan.

Di Twitter, Lula mengatakan dia telah menerima pesan dari pemimpin China Xi Jinping yang mengungkapkan keinginannya untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara.

“China adalah mitra dagang terbesar kami, dan kami dapat memperluas hubungan antara kedua negara kami,” tambah Lula.

Presiden baru juga dijadwalkan hadir pada malam kematian bintang sepak bola Brasil Pele, yang meninggal pada Kamis di usia 82 tahun setelah menderita kanker usus besar.

Kantor presiden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Lula akan menyampaikan salam dan memberikan penghormatan kepada Pele dan keluarganya pada Selasa pagi.

($1 = 5,3633 riyal)

(Laporan) Oleh Anthony Bodel, Marcela Ayres dan Gabriel Araujo; Diedit oleh Matthew Lewis dan Jonathan Otis

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.