November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Zelensky mendorong aplikasi "dipercepat" untuk keanggotaan Ukraina di NATO

Zelensky mendorong aplikasi “dipercepat” untuk keanggotaan Ukraina di NATO

Kyiv, Ukraina – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Jumat, sebagai tanggapan nyata terhadap langkah Rusia untuk secara ilegal mencaplok empat wilayah yang diduduki sebagian negara itu.

Pengamatan lebih simbolis daripada praktis: penerimaan cepat Ukraina ke dalam koalisi akan membutuhkan anggota untuk segera mengirim pasukan untuk melawan Rusia, di bawah komitmen pertahanan kolektif.

Ukraina telah lama mencari keanggotaan NATO, tetapi Zelensky mengakui pada bulan Maret bahwa Ukraina harus menerima untuk tidak diterima ke dalam aliansi militer Barat, meskipun menerima bantuan keamanan dari negara-negara yang menyetujuinya.

“Kami telah menuju NATO,” kata Zelensky dalam pernyataan Telegram. “Faktanya, kami telah menunjukkan kepatuhan terhadap standar Aliansi. Ini nyata untuk Ukraina – nyata di medan perang dan dalam semua aspek interaksi kami. Kami saling percaya, kami saling membantu, kami saling melindungi.”

Dalam praktiknya, peluang Ukraina bergabung dengan NATO berkurang selama invasi Rusia. Negara-negara anggota, termasuk Amerika Serikat, menarik garis yang jelas: mereka mempersenjatai Ukraina, tetapi tidak memiliki pasukan sendiri di lapangan karena takut akan perang dunia.

Hanya satu jam sebelum pengumuman Zelensky, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pencaplokan ilegal Moskow atas wilayah Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhya dan Kherson, yang sebagian diduduki oleh pasukan Rusia. Pada saat Putin berpidato, Zelensky sedang bertemu dengan Dewan Keamanan Nasionalnya. “Tidak akan ada negosiasi dengan Rusia selama Putin adalah presidennya,” kata Andrey Yermak, kepala staf Zelensky, melalui Telegram. “Kami bergerak maju. Menuju kemenangan.”

READ  Pasukan Rusia mengebom kota-kota besar dan Ukraina menyerukan sanksi yang lebih keras