September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Olivia Newton-John, penyanyi pop dan bintang 'Grace', meninggal pada usia 73 tahun

Olivia Newton-John, penyanyi pop dan bintang ‘Grace’, meninggal pada usia 73 tahun

Olivia Newton-John, yang menyanyikan beberapa hits terbesar tahun 70-an dan 80-an sambil membentuk kembali citranya sebagai gadis tetangga perawan menjadi vixen berpakaian spandeks — sebuah transformasi yang tercermin dalam miniatur oleh perannya sebagai salah satu yang paling populer musikal, Grease Di usianya – dia meninggal Senin di peternakan California Selatan. Dia berusia 73 tahun.

adalah kematian mengumumkan oleh suaminya John Easterling. Dia telah hidup dengan diagnosis kanker payudara sejak 1992 dan pada 2017 mengumumkan bahwa kanker telah kembali dan menyebar. Dia selama bertahun-tahun menjadi advokat terkemuka untuk penelitian kanker, mendirikan yayasan atas namanya untuk mendukungnya dan membuka Pusat Penelitian dan Kesehatan di Melbourne, Australia. Lahir dalam bahasa Inggris, dibesarkan di Australia.

Mrs. Newton-John mengumpulkan hits nomor satu, album chart-topping dan empat rekaman, masing-masing terjual lebih dari dua juta kopi. Lebih dari segalanya, dia dicintai, bahkan dicintai.

Pada fase awal karirnya, Ny. Newton-John mengejutkan pendengar dengan nada yang keras, lembut, hidup, dan hangat yang dipasangkan secara damai dengan jenis pingsan yang sering terjadi pada pertengahan tahun 1970-an. Lulus ke musik country.

Performanya di tangga lagu menggambarkan kekaburan itu. Ini mencatat tujuh Top 10 hits di tangga lagu negara Billboard, dua di antaranya mencapai nomor satu berturut-turut pada tahun 1974 dan 75. Pertama datang “I Jujur Mencintaimu,” sebuah komersial serius yang ditulis bersama oleh Peter Allen dan Jeff Barry, diikuti oleh “Have You Never Been Mellow”, sebuah bulu untuk lagu yang ditulis oleh produser dari beberapa album utamanya, John Farrar.

“I Honest Love You” juga memenangkan dua dari empat Grammy Awards penyanyi itu, sebuah rekor untuk tahun ini dan Penampilan Vokal Wanita Terbaik.

Kombinasi musik Mrs. Newton-John yang secara konsisten baik – tidak pernah menjadi favorit para kritikus – dan citra yang bersih dan lembut telah menyebabkan banyak penulis membandingkannya dengan pemula berambut pirang seperti Hari Doris Dan Sandra Di. “Tidak bersalah, saya tidak,” Ny. Newton-John Memberi tahu Rolling Stone pada tahun 1978. “Orang-orang sepertinya masih melihat saya sebagai gadis tetangga. Doris Day memiliki empat suami,” katanya, namun dia dipandang sebagai “perawan.”

READ  Elton John - Tanggal Rilis Spesial Konser Disney Plus

Entri film 1978 bertujuan untuk menempatkan citra penyanyi suci di belakangnya, dimulai dengan film Grease. Karakternya, Sandy, telah berubah dari halaman anyaman yang jatuh cinta dengan bocah nakal John Travolta, Danny, menjadi gadis nakal super-gum. “Grease” menjadi salah satu musikal terlaris sepanjang masa, bahkan melampaui “The Sound of Music”. Soundtrack adalah album terlaris kedua tahun ini, hanya dilampaui oleh soundtrack untuk “Saturday Night Fever,” yang juga dibintangi oleh Mr. Travolta.

Soundtrack untuk “Grease” menelurkan dua lagu nomor satu, keduanya dinyanyikan oleh lawan mainnya, termasuk “You’re The One I Want” dan penyanyi “Summer Nights”. Sebuah balada yang dinyanyikan oleh Mrs. Newton-John sendiri, “Hopelessly Devoted to You,” mendapatkan satu-satunya nominasi Oscar film tersebut, untuk Lagu Asli Terbaik.

Menerapkan evolusi karakter “Grease” ke karir menyanyinya, Ms. Newton-John merilis album berikutnya, “Totally Hot” dan menampilkan dirinya di sampul kulit bahu-ke-kaki. Album, dirilis pada akhir 1978, meraih platinum, menghasilkan lagu berorientasi rock “A Little More Love” dengan frasa “Where Did My Innocence Go?”

Album ini menampilkan nyanyian Mrs. Newton-John agak lebih kuat. Meskipun penjualannya menurun saat tahun 1970-an berubah menjadi tahun 1980-an, di awal dekade ia memulai periode kariernya yang paling layak secara komersial, yang berpuncak pada single “Physical,” yang menghabiskan 10 minggu di puncak Billboard. Kemudian, majalah itu menyatakannya sebagai hit terbesar tahun 80-an.

Olivia Newton-John lahir pada 26 September 1948 di Cambridge, Inggris, anak bungsu dari tiga bersaudara Brinley dan Irene (lahir) Newton John. Ibunya adalah putri seorang fisikawan pemenang Hadiah Nobel Max Lahir. Ayahnya yang lahir di Welsh adalah seorang perwira intelijen MI5 selama Perang Dunia II dan kemudian bekerja sebagai kepala sekolah di Cambridgeshire Boys’ High School.

Ketika Ny. Newton-John berusia enam tahun, keluarganya beremigrasi ke Melbourne, Australia, tempat ayahnya bekerja sebagai profesor dan direktur universitas. Pada usia 14 tahun, ia membentuk grup pertamanya, Sol Four, dengan tiga gadis dari sekolah tersebut. Kecantikan dan kepercayaan dirinya segera mendapatkan penampilan solonya di radio lokal dan acara TV dengan nama “Lovely Livvy”. dengan cepat!! Show “Dia bertemu penyanyi Pat Carroll, dengan siapa dia akan berduet, serta produser terakhirnya, Mr. Farrar, yang kemudian akan menikahi Mrs. Carroll.

READ  Apakah Johnny Gargano di Chicago malam ini untuk pintu terlarang?

Mrs Newton-John memenangkan kontes bakat televisi lokal, hadiah yang perjalanan ke Inggris. Sementara di sana, dia merekam single pertamanya, “Til You Say You Say You Be Mine”, yang dirilis oleh Decca Records pada tahun 1966.

Setelah Mrs Carroll pindah ke London, dia dan Mrs Newton-John membentuk duo Pat dan Olivia, yang melakukan tur Eropa. Ketika visa Mrs. Carroll berakhir, memaksanya untuk kembali ke Australia, Mrs. Newton-John tetap tinggal di London untuk bekerja sendiri.

Pada tahun 1970, dia diminta untuk bergabung dengan grup yang diproduksi secara kasar bernama Toomorrow, yang dibentuk oleh produser Amerika Don Kirchner mencoba untuk meniru kesuksesan sebelumnya dengan Monkees. Setelah tekadnya yang besar, grup tersebut membintangi film fiksi ilmiah yang ia tulis untuk mereka dan merekam soundtracknya. Kedua proyek tersebut adalah tank.

“Itu mengerikan, dan saya sangat buruk dalam hal itu,” katanya kemudian kepada New York Times.

Album solo debutnya, If Not For You, dirilis pada tahun 1971, berjudul sebagai cover lagu Bob Dylan.

Setelah beberapa kegagalan di Amerika Serikat, Ny. Newton-John merilis album “Let Me Be There” (1973), yang membawa kemenangan Grammy untuk Penampilan Vokal Wanita Terbaik.

Dua perubahan besar dalam musik pop memicu karirnya dalam dekade itu: munculnya “soft rock” sebagai respons terhadap genre yang lebih sulit pada akhir 1960-an, dan popularitas – beberapa orang mungkin mengatakan – musik country, juga dicontohkan oleh musik country seperti itu. berperan sebagai John Denver dan Ann Murray. .

Tren terakhir menjadi masalah pada tahun 1974, setelah Ny. Newton-John dinobatkan sebagai Vokalis Wanita Tahun Ini oleh Asosiasi Musik Country atas bintang yang lebih tradisional seperti Loretta Lynn dan Dolly Parton. Protes menyebabkan pembentukan asosiasi transnasional seniman negara. Namun, setelah Ny. Newton-John merekam albumnya Don’t Stop Believing in Nashville pada tahun 1976, gesekan itu mereda.

Fase kedua karirnya, yang dimulai dengan “Grease”, bertemu dengan kesuksesan lebih lanjut dengan duet dengan Andy Gibb berjudul “I Can’t Help It”, diikuti dengan upaya untuk memperluas karir aktingnya dengan musikal “Xanadu, 1980″. ” dengan Gene Kelly. Sementara film tersendat, soundtrack berubah platinum ganda, membual lagu-lagu seperti “Magic” (yang memegang #1 di Billboard selama empat minggu) dan single utama, direkam dengan Electric Light Orchestra.

READ  Abu ikon 'Star Trek' Nichelle Nichols meluncur ke luar angkasa, putra Kyle menggambarkan misi Enterprise sebagai 'kehormatan besar'

Pertunjukan Broadway campy berdasarkan film dibuka pada tahun 2007 untuk beberapa keberhasilan.

“Physical” Mrs. Newton-John juga memproduksi album video pertama yang masuk pasar, dengan klip untuk semua trek album. “Physical Olivia” memenangkan Grammy Award pada tahun 1982 untuk Video of the Year.

Dia dipasangkan lagi dengan Mr Travolta dalam film 1983 ‘Two of a Kind’, dalam upaya untuk meniru keberhasilan ‘Grease’. Tapi film ini kecewa bahkan setelah soundtracknya terbukti populer, terutama lagu “Twist of Fate.”

Lady Newton-John diangkat sebagai Officer of the Order of the British Empire pada tahun 1979.

Pada pertengahan 1980-an, profesinya dingin. Selama beberapa tahun, dia berhenti bekerja untuk merawat putrinya, Chloe Rose, yang saat itu tinggal bersama suaminya, aktor Matt Latanzi. Mereka bertemu di lokasi syuting “Xanadu” dan menikah pada tahun 1984; Mereka berpisah pada tahun 1995. Dia menikah dengan Mr. Easterling, pendiri Amazon Herb, pada tahun 2008.

Selain suaminya, dia meninggalkan putrinya Chloe Rose Latanzi. saudara perempuannya, Sarah Newton-John; dan adiknya Toby.

Setelah mengetahui bahwa dia menderita kanker payudara pada tahun 1992, Ny. Newton-John menjadi pendukung kuat untuk penelitian penyakit tersebut. Dana Yayasan Olivia Newton-John didedikasikan untuk meneliti obat berbasis tanaman untuk kanker, dan membuka kunci kanker Fasilitas Penelitian dan Kesehatan Di bawah namanya di Rumah Sakit Austin di luar Melbourne.

Terlepas dari perawatannya sendiri, dia terus merilis album dan tur tetapi gagal membuat kemajuan di tangga lagu. Dia terus berakting di film dan televisi.

Pada Mei 2017, dia mengungkapkan bahwa kankernya telah kembali dan telah menyebar ke punggung bawahnya. Dia menerbitkan memoarnya, “Jangan Berhenti Percaya” pada tahun 2018.

Sampai akhirnya, Ny. Newton-John sangat percaya pada pendekatan ramahnya terhadap musik. “Saya kesal ketika orang berpikir karena itu komersial, itu hal yang buruk,” katanya kepada Rolling Stone. “Itu justru sebaliknya. Jika orang menyukainya, itulah yang seharusnya terjadi.”