Mei 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Nikita Mazepin dari Haas menghadapi larangan berkompetisi di Grand Prix Inggris

Nikita Mazepin dari Haas menghadapi larangan berkompetisi di Grand Prix Inggris

Diumumkan pada hari Rabu bahwa pembalap Rusia berlisensi, seperti pembalap Haas Nikita Mazepin, tidak akan diizinkan untuk bersaing di Grand Prix Inggris.

David Richards, Ketua Motorsport UK, dan badan pengatur organisasi tersebut mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa pesaing berlisensi Rusia dan Belarusia tidak akan disetujui untuk berpartisipasi dalam acara motorsport Inggris, yang dapat mencegah pembalap Haas Mazepin dari balapan di Silverstone pada 3 Juli.

Pengumuman itu muncul setelah FIA memutuskan pada hari Selasa untuk mengizinkan pembalap dari Rusia dan Belarusia untuk melanjutkan balapan di bawah bendera netral, yang memungkinkan Mazepin untuk tetap berada di Formula 1 dengan Haas.

Namun, ada kemungkinan Mazepin masih bisa berlaga di GP Inggris jika bisa mendapatkan lisensi dari negara lain.

“Seluruh komunitas motorsport Inggris mengutuk permusuhan Rusia dan Belarusia di Ukraina dan menyatakan solidaritas dan dukungannya terhadap semua yang terkena dampak konflik yang sedang berlangsung,” Richards berkata.

“Kami berdiri bersatu dengan orang-orang Ukraina dan komunitas motorsport setelah invasi dan tindakan yang tidak dapat diterima yang terjadi. Ini adalah waktu bagi komunitas motorsport internasional untuk bertindak dan menunjukkan dukungan kepada rakyat Ukraina dan rekan-rekan kami di Negara Otomotif Federal Ukraina (FAU).

Pada hari Selasa, Dewan Motorsport Dunia (WMSC) mengkonfirmasi bahwa tidak ada kompetisi FIA internasional yang akan diadakan di Rusia dan Belarus hingga pemberitahuan lebih lanjut, meskipun F1 mengumumkan pekan lalu bahwa Grand Prix Rusia tahun ini akan dibatalkan.

Presiden FIA Mohamed Ben Sulayem mengatakan keputusan WMSC “sejalan dengan rekomendasi yang dibuat baru-baru ini oleh Komite Olimpiade Internasional”.

“Seperti yang Anda ketahui, FIA mengamati perkembangan di Ukraina dengan kesedihan dan keterkejutan, dan saya berharap solusi cepat dan damai untuk situasi saat ini akan ditemukan. Kami mengutuk invasi Rusia ke Ukraina, dan kami memikirkan semua itu. yang menderita karenanya,” kata Ben Sulayem.

READ  Ben Rothwell dibebaskan dari UFC, tidak lagi menghadapi Alexander Gustafson pada bulan Mei

“Saya ingin mengonfirmasi bahwa FIA, bersama dengan promotor kami, bertindak proaktif dalam masalah ini minggu lalu dan komunikasi telah dilakukan di Formula Satu, Formula 2, WTCR, dan International Drifting Cup.”

Keputusan WMSC menambahkan bahwa tidak ada tim nasional Rusia atau Belarusia yang diizinkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi internasional, dan bahwa “simbol, warna, dan bendera Rusia/Belarusia (seragam, peralatan, dan kendaraan) tidak boleh ditampilkan”.

Sebagai tanggapan, Motorsport UK mengatakan: “Tidak ada tim Rusia/Belarusia berlisensi yang telah disetujui untuk memasuki kompetisi motorsport Inggris, tidak ada pesaing dan pejabat Rusia/Belarusia berlisensi yang telah disetujui untuk berpartisipasi dalam acara olahraga motor Inggris, dan tidak ada simbol nasional Rusia/Belarusia. , warna dan bendera (pada seragam, peralatan, dan kendaraan) ditampilkan di acara yang diizinkan dalam olahraga motor di Inggris Raya”

Pernyataan itu menambahkan bahwa keputusan Motorsport UK diambil melalui konsultasi penuh dengan pemerintah Inggris dan badan manajemen olahraga nasional.