Oktober 3, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Abramovich menawarkan Chelsea FC untuk dijual saat tuntutan sanksi meningkat

Abramovich menawarkan Chelsea FC untuk dijual saat tuntutan sanksi meningkat

  • Abramovich menjual Chelsea FC setelah 19 tahun kepemilikan
  • Rossi mengatakan penjualan adalah kepentingan klub
  • Panggilan telah berkembang ke Inggris untuk menghukum Abramovich
  • Hasil bersih dari penjualan akan diberikan kepada para korban perang di Ukraina
  • Abramovich mengatakan dia tidak akan meminta pinjaman untuk dilunasi

LONDON (Reuters) – Pengusaha Rusia Roman Abramovich mengatakan pada Rabu bahwa dia akan menjual Klub Sepak Bola Chelsea 19 tahun setelah dia membelinya, menempatkan tim di jalan menuju kejayaan olahraga, dan berjanji untuk menyumbangkan uang dari penjualan itu untuk membantu para korban serangan. Perang di Ukraina.

Di tengah meningkatnya seruan untuk sanksi terhadap Abramovich menyusul invasi Rusia ke tetangganya, maestro logam itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penjualan itu untuk kepentingan juara Eropa dan dunia.

“Dalam situasi saat ini, saya telah mengambil keputusan untuk menjual klub, karena saya yakin ini demi kepentingan klub, para penggemar dan staf serta sponsor dan mitra klub,” katanya.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Abramovich mengatakan dia tidak akan meminta pinjaman yang dia buat ke klub Liga Premier – berjumlah 1,5 miliar pound ($ 2,0 miliar) – untuk dilunasi kepadanya dan penjualan tidak akan dipercepat.

Dia meminta pembantunya untuk mendirikan yayasan amal yang akan menerima semua hasil bersih dari penjualan.

“Yayasan itu akan bermanfaat bagi semua korban perang di Ukraina,” kata Abramovich dalam sebuah pernyataan.

Ini termasuk menyediakan dana yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan mendesak para korban, serta mendukung pekerjaan pemulihan jangka panjang.

Pengusaha Swiss Hansjoerg Weiss mengatakan kepada sebuah surat kabar bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk membeli Chelsea dari Abramovich, yang mengatakan pada akhir pekan dia akan mundur dari mengelola klub tetapi tidak menunjukkan rencana untuk mengubah kepemilikan.

READ  Serena Williams, yang pernah melakukan pukulan jarak jauh 50-1, adalah salah satu favorit di AS Terbuka

Blake seperti dikutip dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Rabu. Baca lebih banyak

Aula Piala

Abramovich membeli West London FC pada tahun 2003 seharga £140 juta, dan investasinya memberikan kontribusi signifikan terhadap era paling sukses dalam sejarah klub saat mereka memenangkan lima gelar Liga Premier, lima Piala FA dan Liga Champions dua kali.

Pembeliannya atas klub membantu mengubah lanskap sepak bola Inggris dengan Chelsea mematahkan cengkeraman Manchester United, Arsenal dan Liverpool.

Mereka mengalahkan Palmeiras dari Brasil bulan lalu untuk menjadi juara Piala Dunia Antarklub FIFA pertama mereka, setelah mengalahkan Manchester City untuk menjadi juara Eropa musim lalu.

Sebuah ‘momen seismik’, presenter BBC dan mantan striker Inggris Gary Lineker menggambarkan iklan tersebut sebelum meliput pertandingan putaran kelima Piala FA Chelsea di Luton Town.

Roman Abramovich, pemilik Chelsea FC, berjalan di depan Pengadilan Tinggi di London pada 16 November 2011. REUTERS/Susan Plunkett/File Photo

Suporter Chelsea di Kenilworth Road meneriakkan pemain Rusia itu sebelum kick-off.

Pria berusia 55 tahun, yang memegang kewarganegaraan ganda Israel dan Portugis, menjadi salah satu pengusaha paling kuat di Rusia dengan mendapatkan kekayaan besar setelah pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991. Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya mencapai $ 13,3 miliar.

Sejak invasi Moskow ke Ukraina, Inggris telah memberlakukan sanksi terhadap 12 anggota elit Rusia dan Belarusia, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin, dan setidaknya 12 bank dan perusahaan.

Pemimpin Partai Buruh oposisi Inggris Keir Starmer bertanya kepada Perdana Menteri Boris Johnson pada hari Rabu mengapa tidak ada sanksi terhadap pemilik Chelsea Football Club. Johnson, berbicara di Parlemen, mengatakan dia tidak bisa membahas secara spesifik kasus-kasus tertentu.

Tetapi Menteri Luar Negeri Liz Truss memperingatkan bahwa dia telah menyusun “daftar target” untuk oligarki Rusia, dan mengatakan pemerintah akan menjatuhkan sanksi baru kepada mereka setiap beberapa minggu.

READ  Sixers vs. Heat: Jadwal pertandingan babak kedua kualifikasi telah dirilis

The Financial Times mengatakan pemerintah juga berencana untuk menyita properti milik oligarki Rusia. Baca lebih banyak

David Davis, seorang anggota parlemen veteran di Partai Konservatif yang berkuasa di Johnson, mengatakan penjualan itu harus dilarang sampai Abramovich dapat membuktikan sumber kekayaannya.

“Kita harus melakukan segalanya untuk mencegah dia menjual asetnya di Inggris,” kata Davis di Twitter.

Abramovich mengatakan keputusan untuk menjual sangat sulit.

“Saya berharap dapat mengunjungi Stamford Bridge untuk terakhir kalinya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Anda semua secara langsung,” katanya.

Abramovich berpaling dari kehidupan di London pada 2018 ketika pemerintah Inggris menunda perpanjangan visanya setelah percobaan pembunuhan terhadap seorang mantan agen ganda Rusia di Inggris, yang dituduhkan kepada Moskow.

“Merupakan hak istimewa seumur hidup untuk menjadi bagian dari Chelsea FC dan saya bangga dengan semua pencapaian bersama kami,” katanya.

“Klub Sepak Bola Chelsea dan para pendukungnya akan selalu ada di hati saya.”

(1 dolar = 0,7481 pound)

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan William Schaumberg) Pelaporan tambahan oleh Martin Hermann dan Kate Holton. Diedit oleh Kate Holton dan Ed Osmond

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.