November 26, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

NESOS menyediakan sistem desktop GUI 8-bit, dan 8 file kecil, yang luar biasa

NESOS menyediakan sistem desktop GUI 8-bit, dan 8 file kecil, yang luar biasa

Perbesar / Anda terbatas pada delapan file dan pengolah kata, tetapi Anda dapat meletakkannya di mana pun Anda inginkan di lingkungan desktop yang kaya (untuk 1985) NESOS.

Ketika saya memainkan Nintendo Entertainment System, saya dekat dengan perangkat. Inilah sebabnya mengapa Anda dapat menyingkirkan peretasan palsu yang hebat, seperti bermain Tenis Ke sepatu panas ke yang rusak Super Mario Bros. dunia. Keripik, memori, papan – semuanya dirancang untuk melayani papan kecil di dalam kartrid (ini dan Cegah game yang tidak sah). Tidak ada banyak ruang untuk hal lain di awal hingga pertengahan 80-an.

Namun, jika hampir tidak, ada cukup ruang untuk OS khusus yang dibuat pada tahun 2022. NESOS 1.0.0 Memperbarui Dari kotak tinta, sistem operasi 48K, yang menampilkan “dua aplikasi utama, pengolah kata, dan pengaturan,” menurut Inkbox. Aplikasi Pengaturan memberi Anda tujuh kursor, 53 warna latar belakang, dan kemampuan untuk menghapus delapan file yang dapat memuat maksimum 2K NVRAM (misalnya, memori internal yang tidak kehilangan data saat sistem kehilangan daya). Itu masing-masing 832 byte, atau sekitar satu memori layar penuh. Namun, Anda dapat menyeret delapan file tersebut ke mana pun yang Anda inginkan di desktop.

Pembuat NESOS merinci bagaimana dia membangunnya dan mengapa.

NESOS (diucapkan “nee-sohs” menurut penciptanya) sepenuhnya grafis. Kotak masuk menunjukkan bahwa sistem baris perintah sudah ada, keluarga dasarDan untuk NES dan pendahulunya di Jepang, Family Computer/Famicom. “Saya ingin NESOS terasa seperti sistem operasi nyata yang mungkin dibuat Nintendo di masa lalu untuk NES. Bagaimana tampilan dan rasanya?” Sang Pencipta berkata dalam Sekilas video nya.

Inkbox tidak asing dengan pemrograman NES, atau proyek kode unik yang menghasilkan karya seni yang hebat. Mereka sebelumnya membangun MMO berbasis buah dalam waktu kurang dari 40 jam (tampaknya tidak lagi aktif), a Super Mario Peretasan ROM Yang membentuk kembali permainan dengan gaya kisah Dinasti Ming Perjalanan ke Baratpengolah kata berbahasa Mandarin untuk Apple II, Awalnya Dibuat di Apple II.

Aplikasi Pengaturan di NESOS, yang juga berfungsi sebagai pengelola file.  Anda dapat memilih warna dan indikator khusus, termasuk Kirby.
Perbesar / Aplikasi Pengaturan di NESOS, yang juga berfungsi sebagai pengelola file. Anda dapat memilih warna dan indikator khusus, termasuk Kirby.

NES Inkbox memberikan dua grid 256 slot memori sprite untuk bekerja, satu untuk latar depan dan satu untuk latar belakang, meskipun sistem hanya dapat menampilkan 64 sprite pada satu waktu. Anda dapat menggabungkan sprite 8×8 ke dalam bentuk yang lebih besar, bagaimanapun, untuk sistem operasi dan antarmuka pengguna. Untuk input, keyboard dibundel dengan beberapa versi Family Basic, dan HVC-007. Kotak tinta telah mengimpor karakter yang digunakan dalam format Super Mario Bros., memberi keyboard beberapa pintasan tambahan, dan menjalankan aplikasi pengetikan kecil. Jika Anda menggunakan konsol NES standar, tekan A untuk menggilir karakter, klik B sebagai bilah spasi, dan tekan Pilih dengan salah satu tombol ini untuk membalikkannya.

Video Inkbox selanjutnya menjelaskan bagaimana semua ini bekerja di memori NES, termasuk memanipulasi PPU, memberikan kartrid NES default jenis penyimpanan yang sama dengan yang dimiliki game bertenaga baterai, dan memindahkan setiap file, byte byte. , diantara mereka.

Anda dapat mengunduh emulator ROM yang mudah dari NESOS di Kotak tinta atau di Peretasan ROM. Topi delapan piksel berbingkai dua hakkaday Untuk membimbing kita menuju keajaiban ini.

READ  Far Cry 6 menambahkan persimpangan Stranger Things dan Anda dapat memainkan game dunia terbuka besar ini secara gratis | Game | hiburan