April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Negara-negara NATO mengerahkan pesawat tempur mereka saat rudal Rusia jatuh ke Ukraina

Negara-negara NATO mengerahkan pesawat tempur mereka saat rudal Rusia jatuh ke Ukraina

Polandia mengirim jet tempur untuk melindungi wilayah udaranya pada hari Jumat, ketika Ukraina berada di bawah serangan rudal dan drone Rusia.

Angkatan Udara Polandia mengatakan dalam sebuah pernyataan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa pesawat-pesawat itu diluncurkan di tengah “aktivitas penerbangan jarak jauh yang intens” dan serangan rudal dari Rusia di wilayah Ukraina.

Beberapa hari sebelumnya, pada 24 Maret, sebuah rudal jelajah Rusia yang ditembakkan ke arah barat Ukraina memasuki wilayah udara Polandia, anggota NATO, kata militer di Warsawa.

“Semua tindakan yang diperlukan untuk memastikan keamanan wilayah udara Polandia telah diaktifkan, dan komando operasional Angkatan Udara Polandia terus memantau situasi,” kata situs X Angkatan Udara Polandia pada hari Jumat.

“Harap dicatat bahwa pesawat Polandia dan pasukan sekutu beroperasi di wilayah udara Polandia, yang dapat mengakibatkan peningkatan tingkat kebisingan, terutama di bagian tenggara negara tersebut.”

Minggu Berita Kementerian Pertahanan Rusia telah dihubungi untuk memberikan komentar melalui email.

Sebuah jet tempur F-16 mengambil bagian dalam latihan perlindungan udara NATO di dekat pangkalan udara di Lask, Polandia tengah, 12 Oktober 2022. Polandia mengirim jet tempur untuk melindungi wilayah udaranya pada hari Jumat dengan…


Radoslaw Jozwiak/AFP/Getty Images

Moskow melancarkan serangan rudal skala besar ke Ukraina dengan rudal dan drone pada Jumat dini hari.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan melalui Telegram bahwa Rusia meluncurkan 99 rudal dan drone, termasuk drone Shahed, rudal udara Kh-47M2 Kinzhal, rudal balistik Iskander-136, rudal pesawat berpemandu Kh-59, dan empat rudal jelajah Iskander. rudal jelajah 101/Kh-555.

READ  Inggris menghentikan negosiasi perdagangan dengan Kanada mengenai larangan hormon dalam daging sapi

Angkatan Udara mengatakan, “Musuh melancarkan serangan udara rudal yang kuat terhadap fasilitas sektor bahan bakar dan energi di Ukraina menggunakan berbagai jenis rudal dan drone penyerang,” seraya menambahkan bahwa sistem pertahanan udara menembak jatuh 84 drone. 99 senjata dilepaskan.

“Hormat dan pujian bagi semua yang membela Ukraina melawan terorisme Rusia. Terima kasih atas upaya tempur Anda. Terima kasih atas hasil ini!” Posting ditambahkan.

Operator jaringan listrik nasional Ukraina, Ukrainergo, mengatakan sasaran serangan Rusia adalah fasilitas infrastruktur energi negara tersebut.

Pembangkit listrik tenaga panas dan air di wilayah tengah dan barat Ukraina mengalami kerusakan, sementara pemadaman listrik dilaporkan terjadi di wilayah Dnipropetrovsk dan Kharkiv, kata pihak berwenang.

Menteri Energi Ukraina German Galoshenko mengatakan bahwa fasilitas energi di wilayah Dnipropetrovsk, Poltava dan Cherkasy menjadi sasaran.

“Fasilitas pembangkit listrik menjadi sasaran drone dan rudal,” katanya di Facebook.

Pada tanggal 24 Maret, Polandia mengatakan sebuah rudal Rusia melintasi wilayah udara Polandia di dekat desa timur Ocerdo, dekat perbatasan negara itu dengan Ukraina, tepat sebelum pukul 04.30 waktu setempat (23.30 ET pada tanggal 23 Maret), dan berada di jangkauan Angkatan Udara NATO selama 39 detik.

“Antara lain, penerbangan Polandia dan sekutu diaktifkan,” kata militer Polandia dalam sebuah pernyataan di situs X pada saat itu. Hal ini “dapat menyebabkan peningkatan tingkat kebisingan, terutama di bagian tenggara negara tersebut.”

Apakah Anda punya saran tentang berita internasional ini? Minggu Berita Haruskah itu menutupi? Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang perang Rusia-Ukraina? Beritahu kami di [email protected].