Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

NASA, misi SpaceX: Astronot kembali dari Stasiun Luar Angkasa Internasional

NASA, misi SpaceX: Astronot kembali dari Stasiun Luar Angkasa Internasional

Mendaftar untuk buletin Teori Keajaiban CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan luar biasa, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Empat astronot diperkirakan akan menaiki kapsul SpaceX Crew Dragon dan pulang dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pada hari Jumat, mengakhiri masa tinggal mereka selama hampir enam bulan di laboratorium yang mengorbit.

Para astronot – Jill Lindgren, Bob Hines, dan Jessica Watkins dari NASA, serta astronot Italia Samantha Cristoforetti dengan European Space Agency atau ESA – berbagi pelukan selamat tinggal dengan astronot lain di stasiun luar angkasa dan diikat ke pesawat ruang angkasa mereka sekitar pukul 10 pagi. Waktu bagian timur.

Pesawat ruang angkasa Crew Dragon meninggalkan pelabuhan doknya di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada siang hari EST, dan akan membakar mesinnya beberapa kali untuk mengurangi ketinggiannya secara bertahap. Diperkirakan akan turun salju di Florida pada Jumat sore.

Para kru awalnya dijadwalkan untuk meninggalkan stasiun luar angkasa pada Rabu malam, tetapi kru Bumi membatalkan upaya ini karena cuaca buruk. Badai juga merusak upaya kedua untuk kembali Kamis pagi.

Pada Kamis sore, NASA memantau potensi masalah cuaca di lokasi penyiram kru yang ditunjuk, mencatat bahwa front dingin melewati Florida, menurut pernyataan itu. Pejabat cuaca yakin bahwa cuaca hari Jumat akan lebih baik karena sistem tekanan tinggi pindah ke daerah tersebut.

Penundaan cuaca biasa terjadi karena peluncuran pesawat ruang angkasa atau kembali dari stasiun ruang angkasa, terutama karena badai yang tidak terduga menghantam lokasi peluncuran di lepas pantai Florida.

Biasanya pesawat luar angkasa Crew Dragon yang akan membawa pulang para astronot Tujuh zona pendaratan potensial Di lepas pantai Pensacola, Tampa, Tallahassee, Panama City, Cape Canaveral, Daytona dan Jacksonville.

NASA dan SpaceX menargetkan Jacksonville pada hari Jumat.

Misi ini, yang disebut Crew-4, menjadi preseden bersejarah, karena Watkins menjadi wanita kulit hitam pertama yang bergabung dengan kru stasiun luar angkasa untuk masa tinggal yang lebih lama.

Selama mereka tinggal, para astronot melakukan eksperimen ilmiah, termasuk penelitian tentang cara menanam sayuran di luar angkasa tanpa tanah dan mempelajari efek penerbangan luar angkasa pada tubuh manusia.

Eksperimen ini dirancang untuk membantu para astronot memahami bagaimana mereka suatu hari nanti dapat menanam makanan mereka sendiri dan bagaimana tubuh mereka dapat berinteraksi dalam misi yang lebih jauh ke luar angkasa, seperti misi bulan Artemis yang direncanakan NASA, kata Watkins dalam jumpa pers pekan lalu.

“Sangat menyenangkan bisa berjalan ke unit Columbus dan mencium daun tanaman dan pertumbuhan tanaman,” kata Watkins kepada wartawan.

Cristoforetti, yang menjalani misi sebelumnya ke stasiun luar angkasa pada 2014-2015, adalah satu-satunya wanita di korps astronot Badan Antariksa Eropa, dan dia sendiri membuat sejarah dalam misi ini. Bulan lalu, dia mengambil posisi komandan stasiun luar angkasa, menjadi wanita Eropa pertama yang melakukannya.

Cristoforetti juga melakukan perjalanan luar angkasa pada bulan Juli untuk publikasinya satelit kecil Dan pekerjaannya adalah memasang lengan robot baru di permukaan luar stasiun luar angkasa.

READ  Tes yang mengecewakan mengembalikan Megarocket NASA ke garasi