Juli 23, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Moskow berjanji untuk menanggapi aksesi Swedia ke NATO

Moskow berjanji untuk menanggapi aksesi Swedia ke NATO

Kementerian Luar Negeri Rusia mengumumkan bahwa Rusia akan mengambil tindakan terhadap Swedia setelah bergabung dengan Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO). Dia berkata Rabu.

Swedia pada Senin berhasil melewati rintangan terakhir untuk menjadi anggota ke-32 aliansi militer pimpinan AS, setelah Hongaria, negara terakhir yang bertahan dalam perundingan aksesi, meratifikasi keanggotaan negara Eropa utara tersebut.

Stockholm mengabaikan ketidakberpihakan militer selama bertahun-tahun ketika negara itu mengajukan keanggotaan NATO bersama Finlandia setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina.

“Kami akan memantau dengan cermat apa yang dilakukan Swedia dalam blok militer agresif tersebut, dan bagaimana Swedia menerapkan keanggotaannya dalam praktik,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada konferensi pers mingguan.

Dia mengatakan pembalasan “militer dan teknis” yang dilakukan Moskow akan bergantung pada jenis senjata dan unit NATO yang dikerahkan Swedia, serta jenis pelatihan dan strategi yang diadopsi sebagai anggota aliansi militer.

Berdasarkan hal ini, kami akan mengembangkan kebijakan respons, serta langkah-langkah militer dan teknis untuk menghentikan ancaman terhadap keamanan nasional Rusia, tambah Zakharova.

Pernyataannya senada dengan Kedutaan Besar Rusia di Stockholm, yang untuk berhati-hati Sebelumnya pada hari Selasa, dia mengatakan tanggapan Moskow tergantung pada keadaan dan skala aksesi Swedia ke NATO, termasuk kemungkinan penempatan unit NATO, serangan dan sistem persenjataannya.

Tahun lalu, duta besar Rusia untuk Stockholm mengatakan bahwa anggota baru NATO akan menjadi “target sah tindakan pembalasan Rusia.”

READ  Dua nelayan Tiongkok tenggelam saat dikejar oleh Penjaga Pantai Taiwan