Mei 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Moody's Afirmasi Peringkat Kredit Indonesia di Luar Suram: Bagaimana?

Moody's Afirmasi Peringkat Kredit Indonesia di Luar Suram: Bagaimana?

Ringkasan

April Lembaga pemeringkat Moody's mengafirmasi peringkat utang negara Republik Indonesia pada Baa2, satu tingkat di atas peringkat investasi (investment grade), dengan prospek stabil pada angka 16. Moody's menilai hal ini konsisten dengan penilaiannya bahwa pemulihan ekonomi Indonesia tinggi dan berkelanjutan. Pertumbuhan ekonomi.

Pencapaian ini didukung oleh sehatnya kebijakan moneter bank sentral dan kebijakan fiskal pemerintah. Berbagai inovasi instrumen kebijakan moneter, termasuk instrumen utang baru berdenominasi rupee jangka pendek yang ditujukan untuk menarik aliran masuk portofolio ke obligasi jangka pendek, dinilai berhasil memperkuat ketahanan eksternal. Keberhasilan ini tercermin dalam metrik seperti saldo transaksi berjalan dan kecukupan cadangan devisa.

Gubernur Bank Indonesia Perry Vargeo mencatat bahwa janji Moody's mencerminkan keyakinan yang kuat dari para pemangku kepentingan internasional terhadap stabilitas ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dan prospek ekonomi jangka menengah yang positif. “Ke depan, Bank Indonesia akan terus memantau perkembangan perekonomian dan keuangan global dan domestik, merumuskan dan melaksanakan langkah-langkah kebijakan yang diperlukan untuk menjamin stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” tegasnya.

READ  Usaha Kripto Tertimbang Akuntansi dengan Keluarga Kaya di Indonesia - Sumber