Februari 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mitra Utama Polandia Indonesia: Muliani

Mitra Utama Polandia Indonesia: Muliani

Menteri Keuangan Indonesia Sri Muliani Indravati mengatakan Polandia merupakan mitra yang sangat penting bagi Indonesia.

Indravati juga memuji Polandia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat baik dan tingkat pengangguran yang rendah sebesar 2,9 persen, seraya menambahkan bahwa Polandia memainkan peran penting dalam lanskap ekonomi Uni Eropa.

“Sekarang Polandia masuk ke Uni Eropa sebagai kekuatan yang dinamis, ekonomi terbesar keenam dengan pertumbuhan signifikan dan tingkat pengangguran rendah sebesar 2,9 persen,” ujarnya pada acara Hari Nasional Republik Polandia di Jakarta, Jumat.

Menkeu juga mencatat perdagangan bilateral antara Indonesia dan Polandia pada tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 60,7 persen pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021.

Menurut Indravati, investasi Polandia di Indonesia meningkat sebanyak 324 proyek sejak 2019.

Kami telah berinvestasi di 106 proyek pada tahun 2023 saja. Jumlahnya dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya. Lebih lanjut beliau mencatat bahwa investasi tersebut difokuskan pada sektor-sektor seperti transportasi, khususnya perkeretaapian dan industri maritim, serta sektor-sektor seperti pertambangan, industri pertahanan, pendidikan dan pariwisata.

Selain itu, kedua negara juga terus menjajaki lebih banyak peluang kerja sama, seperti di bidang transisi energi yang dinilai penting untuk mengatasi permasalahan iklim.—ANTARA.

READ  Telkom & Indosat di Indonesia meningkatkan infrastruktur internet