Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mitra pekerja World Central Kitchen yang terbunuh di Gaza angkat bicara: 'Kami membutuhkan kebenaran tentang apa yang terjadi'

Mitra pekerja World Central Kitchen yang terbunuh di Gaza angkat bicara: 'Kami membutuhkan kebenaran tentang apa yang terjadi'

Mitra salah satu dari tujuh pekerja bantuan World Central Kitchen yang tewas dalam serangan udara Israel di Gaza minggu ini menuntut jawaban atas serangan mematikan tersebut.

“Kami memerlukan jawaban,” kata Sandy Locklear, rekan Jacob Flickinger, yang berkewarganegaraan ganda AS-Kanada, kepada ABC News pada hari Kamis, dalam wawancara televisi pertamanya sejak serangan itu. “Kami membutuhkan kebenaran atas apa yang terjadi karena situasi ini sangat tidak jelas.”

“Tolong, Tuan Biden, beri tahu kami kebenaran tentang apa yang terjadi,” dia bertanya tentang Presiden Joe Biden saat berbicara dengan koresponden ABC News Phil LeBeouf.

Flickinger, 33, dan enam pekerja bantuan WCK lainnya tewas Senin malam ketika IDF mengebom konvoi tiga kendaraan mereka, termasuk dua mobil lapis baja, setelah meninggalkan gudang Deir al-Balah di Gaza tengah, tempat para pekerja bantuan bermarkas. Ini membantu menurunkan lebih dari 100 ton bantuan kemanusiaan yang dibawa ke Gaza melalui jalur laut, menurut pernyataan awal pekan ini dari WCK.

Ketika ditanya oleh LeBeouf apa yang akan dia katakan kepada para pemimpin dunia, Leclerc menyerukan perdamaian.

Flickinger “selalu berusaha untuk membawa lebih banyak perdamaian ke dunia ini,” kata Locklear, dan kebutuhan untuk membantu orang-orang “ada jauh di dalam dirinya.”

“Saya pikir kita perlu membawa lebih banyak perdamaian ke dunia ini,” katanya.

Locklear mengatakan Flickinger, seorang veteran Angkatan Darat Kanada dan ayah dari seorang anak laki-laki, meneleponnya setiap hari untuk mengucapkan selamat malam. Pada hari penyerangan, dia tidak menerima telepon darinya. Sebaliknya, salah satu rekannya meneleponnya untuk memberi tahu bahwa dia telah dibunuh, katanya.

READ  Australia dan Filipina membahas patroli bersama di Laut Cina Selatan

“Saya sangat terpukul dengan berita ini,” kata Leclerc yang emosional. “Itu adalah bagian dari diriku.”

Locklear mengatakan Flickinger adalah “ayah yang penuh kasih kepada putranya” dan dia tidak tahu bagaimana menjelaskan kepada putranya bahwa ayahnya kini telah tiada.

“Situasi ini sangat membuat saya sedih, namun pada saat yang sama, Jacob selalu menjadi seorang pejuang, dan dia selalu berjuang untuk membawa lebih banyak perdamaian ke dunia ini, jadi inilah yang akan saya jelaskan kepadanya,” katanya. “Dan kami akan mengingat setiap hari dalam hidup kami… Kami akan selalu mengingat betapa beraninya dia, dan itulah yang akan saya sampaikan kepada anak saya.”

Selain Flickinger, pekerja bantuan WCK yang tewas dalam serangan itu diidentifikasi sebagai Saif al-Din Issam Ayyad Abu Taha, 25, warga Palestina; Damian Sobol, 35, dari Polandia; Lalzaoumi “Zomi” Frankcom, 43, dari Australia.

Tiga anggota tim keamanan WCK juga tewas: John Chapman, 57; James (Jim) Henderson, 33; dan James Kirby, 47, dari Inggris.

Dengan menganalisis landmark daratan di Gaza dan citra satelit, tim verifikasi visual ABC News mampu mengidentifikasi tiga kendaraan WCK, termasuk dua kendaraan lapis baja, yang tersebar di lokasi berbeda dengan jarak sekitar 1,5 mil, yang menunjukkan bahwa kendaraan tersebut terkena serangan rudal. memukul. Setidaknya tiga serangan terpisah.

Pembunuhan pekerja kemanusiaan memicu kecaman internasional. Presiden Joe Biden mengatakan dia “marah” dengan serangan itu, yang oleh para pejabat Israel digambarkan sebagai “kesalahan besar”.

READ  Presiden Ukraina Zelensky mengunjungi Argentina dalam upaya untuk mendapatkan dukungan dari negara-negara berkembang

Dalam percakapan telepon pada hari Kamis antara Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Biden menekankan bahwa serangan terhadap pekerja kemanusiaan dan situasi kemanusiaan secara keseluruhan tidak dapat diterima, menurut pembacaan percakapan yang dirilis oleh Gedung Putih.

Netanyahu mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa “Israel sangat menyesali insiden tragis tersebut” dan bahwa tentara Israel akan melakukan “penyelidikan yang cepat dan transparan” dengan hasilnya dipublikasikan.

WCK, sebuah organisasi bantuan asing yang didirikan oleh Chef José Andres, menyerukan penyelidikan independen dan internasional atas serangan udara tersebut. Organisasi tersebut menggambarkan insiden tersebut sebagai “serangan militer yang mencakup beberapa serangan,” dan mengklaim bahwa kendaraan organisasi tersebut “menjadi sasaran.”

“Ketiga kendaraan tersebut membawa warga sipil, diidentifikasi sebagai kendaraan WCK, dan pergerakan mereka sepenuhnya konsisten dengan otoritas Israel, yang mengetahui rencana perjalanan, rute, dan misi kemanusiaan mereka,” kata WCK dalam sebuah pernyataan pada Kamis.

Salah satu penasihat senior Netanyahu mengatakan klaim bahwa serangan Israel disengaja adalah hal yang “konyol”.

“Hal terakhir yang kita inginkan di dunia ini adalah membahayakan nyawa warga sipil,” Ofir Falk, sang penasihat, mengatakan kepada ABC News pada hari Rabu.

WCK mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah meminta Israel untuk menyimpan semua materi – termasuk dokumen dan komunikasi – yang mungkin relevan dengan serangan tersebut.

WCK telah bekerja di Gaza selama berbulan-bulan dan mengatakan telah menyediakan lebih dari 33 juta makanan sejak awal konflik. Kelompok tersebut menghentikan operasinya di daerah tersebut setelah serangan tersebut. Pada hari Rabu mereka mengatakan bahwa mereka belum menentukan kapan mereka akan melanjutkan operasinya di Gaza.

READ  Saya seorang pramugari - inilah mengapa kami menyukai turbulensi

Menurut laporan Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu pada bulan Maret, kelaparan “akan segera terjadi” di Gaza utara, dengan seluruh penduduk Jalur Gaza menderita kerawanan pangan tingkat tinggi di tengah perang yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas.

Kevin Shalvey dari ABC News berkontribusi pada laporan ini.