Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Misi hari Senin dimulai dengan peluncuran Double-Headed Cape

Misi hari Senin dimulai dengan peluncuran Double-Headed Cape

Ringkasan peluncuran: Gulir ke bawah untuk meninjau liputan langsung lepas landas roket SpaceX Falcon 9 pada hari Senin, 6 Mei dari Cape Canaveral dalam misi Starlink 6-57.

Ini adalah peluncuran ganda hari ini di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral – dimulai dengan lepas landas SpaceX Falcon 9 pada sore hari!

Selamat datang di liputan langsung Tim Luar Angkasa FLORIDA TODAY tentang misi SpaceX Starlink 6-57 hari ini dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

SpaceX sekarang menargetkan pukul 14:14 EDT — hampir dua jam lebih lambat dari jadwal semula — untuk mengirim Falcon 9 dari Launch Complex 40. Skuadron Cuaca ke-45 Angkatan Luar Angkasa memperkirakan 90% kemungkinan cuaca baik.

Falcon 9 akan menyebarkan konstelasi satelit internet Starlink, yang ditempatkan di dalam fasia di atas roket setinggi 230 kaki. Diperkirakan tidak ada ledakan sonik di Florida Tengah. Setelah melonjak ke langit sepanjang lintasan tenggara, pendorong tahap pertama roket akan mendarat di kapal drone SpaceX di laut 8 1/2 menit setelah lepas landas.

Kemudian malam ini, NASA dan United Launch Alliance menargetkan pukul 22:34 untuk mengirim astronot Sonny Williams dan Butch Wilmore ke luar angkasa dengan menggunakan roket Atlas V dan kapsul Starliner Boeing. Pesawat luar angkasa ini akan memulai misi berawak pertamanya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Tanjung Canaveral: Apakah ada peluncuran hari ini? Jadwal peluncuran roket SpaceX, NASA, dan ULA mendatang di Florida

Pembaruan 14:22: Tahap pertama roket Falcon 9 baru saja mendarat di kapal drone SpaceX, “Baca Saja Petunjuknya” di Samudera Atlantik, menyelesaikan misinya yang ke-15.

Pembaruan 14:14: SpaceX baru saja meluncurkan roket Falcon 9 yang membawa 23 satelit Starlink dari Launch Complex 40 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

Pembaruan 14:10: Webcast peluncuran SpaceX yang dihosting di X (sebelumnya Twitter) kini diposting di atas, tepat di bawah jam hitung mundur.

READ  NASA akan memindahkan roket bulannya dari landasan peluncuran untuk perbaikan

Pengangkatan dijadwalkan dalam empat menit dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

Diperbarui pada jam 2 siang: Empat belas menit sebelum lepas landas, hitungan mundur peluncuran SpaceX tampaknya berjalan sesuai rencana.

Diperbarui pada 13:50: SpaceX melaporkan bahwa tahap pertama roket Falcon 9 sedang bersiap untuk mencatat penerbangan ke-15.

Booster ini sebelumnya telah meluncurkan misi CRS-24, Eutelsat HOTBIRD 13F, OneWeb 1, SES-18, SES-19, dan 10 Starlink.

Setelah fase pemisahan, booster akan mendarat di kapal drone “Just Read the Instruksi” SpaceX di Samudra Atlantik.

Diperbarui pada 13:40: Pejabat SpaceX baru saja mengumumkan bahwa pengisian bahan bakar roket Falcon 9 sedang berlangsung di Launch Complex 40.

Artinya hitungan mundur Starlink sore ini telah berakhir untuk lepas landas pada pukul 14:14 tanpa penundaan, jika tidak, peluncuran harus ditunda.

Pembaruan 13:34: Dari tweet SpaceX: “Dalam waktu kurang dari satu jam lagi, semua sistem sudah siap dan cuaca di Florida tampak bagus untuk peluncuran @Starlink hari ini.”

Diperbarui pada 13:20: Kami menerbitkan daftar ini sebelum SpaceX memundurkan target waktu peluncurannya hari ini. Jadi, bagi mereka yang melewatkan acaranya lebih dari dua jam yang lalu, berikut beberapa acara hitung mundur besar yang akan datang:

  • 38 menit: Direktur peluncuran SpaceX memeriksa “peluncuran” pemuatan propelan.
  • 35 menit: Pemuatan roket minyak tanah dan tahap pertama oksigen cair dimulai.
  • 16 menit: Tahap kedua pemuatan oksigen cair dimulai.
  • 7 menit: Falcon 9 memulai pendinginan mesin sebelum diluncurkan.
  • 1 menit: Komputer komando penerbangan memulai pemeriksaan pra-peluncuran terakhir; Tekanan tangki bahan bakar dimulai hingga mencapai tekanan jelajah.
  • 45 detik: Direktur peluncuran SpaceX memeriksa waktu peluncuran.
  • 3 detik: Modul kontrol mesin mengontrol permulaan urutan pengapian mesin.
  • 0 detik: Daun-daun.
READ  Hilangnya misterius seorang penjelajah bawah air di Antartika

Pembaruan 13.02: Lingkaran radar Layanan Cuaca Nasional dari stasiun di Bandara Internasional Melbourne Orlando tidak menunjukkan tutupan awan yang signifikan di Cape Canaveral atau Florida tengah-timur.

Pembaruan 12:34: Penundaan peluncuran SpaceX menunda misi Starlink 6-57 dalam waktu 8 jam 20 menit setelah peluncuran awak Boeing Starliner di ULA pada pukul 22:34.

Hitung mundur Starliner Atlas V dimulai sekitar pukul 11:15

“Selama beberapa jam ke depan, persiapan akhir untuk sistem oksigen cair dan hidrogen cair akan dilakukan, bersamaan dengan pengujian sistem panduan rudal, propulsi tahap pertama dan pengaturan hidrolik, inspeksi baterai internal, dan pengujian sistem pelacakan metrik GPS.” Itu digunakan untuk mengikuti rudal saat terbang ke bawah, serta untuk menguji sistem relai telemetri S-band.

Diperbarui pada 12:08: Lebih dari dua jam sebelum tanggal peluncuran target baru SpaceX, Layanan Cuaca Nasional melaporkan langit cerah, suhu 84 derajat Celcius dan angin selatan pada kecepatan 10 mph di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

Jarak pandang tercantum pada 10 mil. Indeks panas adalah 86. Prakiraan menunjukkan kemungkinan 20% hujan sebelum jam 2 siang

Pembaruan 11:37: SpaceX mengumumkan bahwa target waktu lepas landas sekarang adalah pukul 14:14

Tidak ada alasan yang diumumkan.

Pembaruan 11:15: Berikut ringkasan garis waktu hitung mundur Falcon 9 SpaceX yang akan datang. T dikurangi:

  • 38 menit: Direktur peluncuran SpaceX memeriksa “peluncuran” pemuatan propelan.
  • 35 menit: Pemuatan roket minyak tanah dan tahap pertama oksigen cair dimulai.
  • 16 menit: Tahap kedua pemuatan oksigen cair dimulai.
  • 7 menit: Falcon 9 memulai pendinginan mesin sebelum diluncurkan.
  • 1 menit: Komputer komando penerbangan memulai pemeriksaan pra-peluncuran terakhir; Tekanan tangki bahan bakar dimulai hingga mencapai tekanan jelajah.
  • 45 detik: Direktur peluncuran SpaceX memeriksa waktu peluncuran.
  • 3 detik: Modul kontrol mesin mengontrol permulaan urutan pengapian mesin.
  • 0 detik: Daun-daun.
READ  Ilmuwan menanam tanaman di tanah bulan - untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia

Diperbarui pada 10:50: Pejabat Manajemen Darurat Brevard County telah mengaktifkan tim dukungan peluncuran badan tersebut menjelang peluncuran Falcon 9 SpaceX yang akan datang.

Pembaruan 10:26: Meskipun SpaceX belum mengumumkan misi ini, peringatan navigasi FAA dan Badan Intelijen Geospasial Nasional menunjukkan bahwa jendela peluncuran Starlink lainnya akan dibuka Selasa pagi.

Jendela ini akan terbuka kurang dari 24 jam setelah lepas landas hari ini. Keterangan lebih lanjut:

  • sebuah tugas: Roket SpaceX Falcon 9 akan meluncurkan konstelasi satelit internet Starlink dari Kennedy Space Center NASA.
  • Jendela peluncuran: 11:08 hingga 16:39
  • lokasi: Lembar 39A.
  • sebuah jalan: tenggara.
  • Ledakan sonik lokal: TIDAK.
  • Pendaratan booster: Kapal drone di Samudera Atlantik.
  • Liputan langsung: Dimulai 90 menit sebelum lepas landas di floridatoday.com/space.

Pembaruan 10:03: Detail dari ramalan Skuadron Cuaca ke-45, yang memperkirakan 90% kemungkinan cuaca “peluncuran”:

“Meskipun cuaca secara keseluruhan tampak mendukung untuk peluncuran awal dan cadangan (Selasa), ada risiko kecil terbentuknya awan kumulonimbus seiring dengan munculnya angin laut sore hari,” kata perkiraan tersebut.

“Akibatnya, satu-satunya kekhawatiran bagi kedua periode peluncuran tersebut adalah basis awan kumulus,” kata perkiraan tersebut.

Sinar matahari dan awan putih rendah menggembung mendominasi langit di situs pers Kennedy Space Center NASA.

Untuk berita terkini dan jadwal peluncuran dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral dan Pusat Antariksa Kennedy NASA, kunjungi floridatoday.com/space.

Rick Neil Dia adalah koresponden luar angkasa Florida Today. Hubungi Neal di [email protected]. Twitter/X: @Rick Neal1

Ruang angkasa penting bagi kami, itulah sebabnya kami berupaya menyediakan cakupan industri dan operasi peluncuran tertinggi di Florida. Jurnalisme seperti itu membutuhkan waktu dan sumber daya. Tolong dukung dia dengan berlangganan di sini.