Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Microsoft Q2 2024: Game mengambil alih Windows

Microsoft Q2 2024: Game mengambil alih Windows

Microsoft Baru saja diposting Hasil keuangan kuartal kedua tahun 2024. Pembuat perangkat lunak ini menghasilkan pendapatan $62 miliar dan laba bersih $21,9 miliar selama kuartal kedua. Pendapatan naik 18 persen, dan laba bersih naik 33 persen.

Ini adalah kuartal pertama Microsoft melaporkan pendapatan sebagai perusahaan senilai $3 triliun dan juga pertama kalinya perusahaan melaporkan pendapatan tambahan dari akuisisi Activision Blizzard. Pendapatan tambahan dari game ini menjadikan bisnis Microsoft terbesar ketiga pada kuartal tersebut, setelah Windows.

Pendapatan Office dan cloud tetap menjadi yang tertinggi, menyumbang sekitar 60 persen dari total pendapatan Microsoft. Meskipun pendapatan OEM Windows meningkat, pendapatan perangkat keras dari penjualan Surface terus menurun selama kuartal tersebut.

Studio laptop permukaan 2.
Fotografi oleh Amelia Holowaty Kralis/The Verge

Microsoft memperingatkan bahwa pendapatan perangkat keras akan menurun dibandingkan kuartal ini, dan turun sebesar 9 persen. CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan pada kuartal terakhir bahwa “volume unit pasar PC kira-kira berada pada tingkat sebelum pandemi,” jadi mungkin saja Surface belum pulih juga. Meskipun Microsoft meluncurkan Surface Laptop Studio 2 baru, Surface Laptop Go 3, dan bahkan Surface Go 4 akhir tahun lalu. Pendapatan perangkat keras Microsoft juga mencakup HoloLens dan aksesori PC, dan pendapatan telah menurun selama lebih dari 12 bulan hingga saat ini.

Namun kinerja Windows lebih baik. Pendapatan OEM, harga yang dibayarkan oleh pembuat komputer kepada Microsoft untuk memasang Windows pada laptop dan PC, naik 11 persen pada kuartal tersebut. Pendapatan OEM Windows mengalami penurunan sepanjang tahun fiskal 2023 Microsoft, namun hal ini menunjukkan pertumbuhan selama dua kuartal berturut-turut dibandingkan dengan penurunan pendapatan perangkat keras selama lima kuartal berturut-turut.

READ  Temukan Lebih dari Sepuluh Aplikasi Android di Google Play Store Drop Bank Malware

Konsol Xbox Seri S/X.
Fotografi oleh Tom Warren/The Verge

Berbicara tentang perangkat keras, semua mata tertuju pada Microsoft Gaming untuk mengetahui pendapatan terbaru perusahaan. Microsoft sekarang melaporkan pendapatan Activision Blizzard sebagai bagian dari unit gamenya, sehingga meningkatkan pendapatan keseluruhan dalam konten Xbox.

Pendapatan konten dan layanan Xbox, termasuk Xbox Game Pass, meningkat sebesar 61 persen. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh pendapatan Activision Blizzard, jadi sulit untuk segera memahami bagaimana nasib Xbox tanpa tambahan besar ini.

Microsoft mengatakan dampak bersih dari akuisisi Activision Blizzard hanya menghasilkan pendapatan sebesar $2 miliar, namun biaya integrasi, biaya transaksi, dan biaya pendapatan lainnya berjumlah $930 juta. Dikombinasikan dengan biaya operasional lainnya ($1,59 miliar), hal ini menghasilkan kerugian operasional sebesar $440 juta.

Kita memerlukan lebih banyak panduan dari Microsoft mengenai seperti apa pendapatan Activision Blizzard pada kuartal berikutnya, terutama karena Microsoft terus mengintegrasikan perusahaan tersebut ke dalam divisi Microsoft Gaming yang lebih luas. Saat akuisisi Activision Blizzard sedang diselesaikan, Microsoft memberhentikan 1.900 pekerja di divisi gamenya awal bulan ini, yang sebagian besar berdampak pada karyawan Activision Blizzard. Microsoft juga telah merombak manajemen Xbox-nya dalam beberapa bulan terakhir dan bahkan menunjuk presiden Blizzard baru awal pekan ini.

Xbox juga naik 3 persen, setelah kuartal liburan penting. Microsoft menjalankan sejumlah promosi untuk Xbox Series Pendapatan game Microsoft secara keseluruhan meningkat 49 persen, terutama dibantu oleh pendapatan Activision Blizzard.

Ini merupakan kuartal penting bagi gaming di Microsoft karena kini menjadi bisnis terbesar ketiga perusahaan tersebut. Gaming menyumbang $7,11 miliar terhadap pendapatan pada kuartal ini, lebih dari $5,26 miliar dari Windows, namun tertinggal dari $13,47 miliar dari layanan kantor dan cloud, serta $23,95 miliar dari produk server dan cloud.

READ  Seorang pemain Counter-Strike 2 tertegun ketika sebuah pisau entah bagaimana terbakar

Sekali lagi, tidak ada nomor baru untuk pelanggan Xbox Game Pass. Microsoft mengatakan Xbox Game Pass meningkat menjadi 25 juta pelanggan pada Januari 2022, tetapi kami belum mendapatkan pembaruan selama dua tahun. Hal itu diungkapkan Nadella dalam laporan pendapatan kuartal terakhirnya medan bintang Bantu kembangkan Xbox Game Pass. “Saat peluncuran, kami mencetak rekor penambahan langganan Game Pass terbanyak dalam satu hari,” katanya.

Penjualan Microsoft Office tetap kuat di cloud.
Gambar: Microsoft

Divisi Microsoft Office kembali menunjukkan kinerja yang baik, dengan total produktivitas dan pendapatan operasi bisnis meningkat 13 persen dari tahun ke tahun. Hal ini terutama didorong oleh Office 365, yang pertumbuhan kursi bisnisnya meningkat sebesar 9 persen.

Pelanggan Microsoft 365 Consumer kini berjumlah 78,4 juta, hampir 16 persen dibandingkan tahun lalu. Microsoft meluncurkan langganan Microsoft 365 Basic senilai $1,99 per bulan tahun lalu, yang terus meningkatkan jumlah pelanggan secara keseluruhan.

Pendapatan produk perkantoran komersial dan layanan cloud juga tumbuh 15 persen dari tahun ke tahun berkat pertumbuhan pendapatan Office 365 Komersial sebesar 17 persen. Ini berarti bahwa Microsoft mengakhiri kuartal ini dengan lebih dari 400 juta kursi komersial berbayar untuk Office 365, sebuah tanda yang jelas bahwa perusahaan tersebut terus mengalihkan bisnisnya ke versi Office yang didukung cloud.

Microsoft juga telah menjual Copilot untuk Microsoft 365 dalam beberapa bulan terakhir, namun perusahaan belum merinci bagaimana penjualan add-on AI berdampak pada pendapatannya. “Kami telah beralih dari pembicaraan tentang AI ke penerapan AI dalam skala besar,” kata CEO Microsoft Satya Nadella dalam rilis pendapatan perusahaan. “Dengan memasukkan AI ke dalam setiap lapisan teknologi kami, kami memenangkan pelanggan baru dan membantu mewujudkan manfaat baru dan peningkatan produktivitas di setiap sektor.”

READ  Regulator Inggris memperpanjang batas waktu investigasi

Dampak terbesar dari ambisi AI Microsoft akan datang dari investasi sisi server dengan Azure OpenAI. “Azure dan layanan cloud lainnya meningkat 30 persen dari tahun ke tahun…dan tingkat pertumbuhan tersebut mencakup kontribusi enam poin dari layanan AI kami,” James Ambrose, direktur hubungan investor Microsoft, mengatakan melalui telepon dengan Azure dan layanan cloud lainnya. . tepi.

Bisnis cloud cerdas Microsoft secara keseluruhan menghasilkan pendapatan sebesar $25,9 miliar pada kuartal tersebut, meningkat sebesar 20 persen dari tahun ke tahun. Sebagian besar pendapatan ini didorong oleh Azure.

Microsoft kini akan mengadakan rapat pendapatan pada pukul 17.30 ET/15.30 PT. Kami akan memperbarui artikel ini dengan panduan Microsoft untuk kuartal mendatang dan komentar apa pun pada kuartal tersebut.